Diperbaharui pada Senin, 1 Maret 2021 | 10:26

Jenis Asuransi Sesuai Kebutuhan, Jangan Salah Pilih

produk asuransi

Asuransi sudah seperti kebutuhan oleh masyarakat. Dengan Asuransi kita mendapatkan perlindungan atas risiko yang berkemungkinan terjadi.

Akan tetapi, perlindungan apa sajakah yang diberikan oleh asuransi? Apakah hanya perlindungan kecelakaan atau kehilangan harta benda? Ternyata Tidak.

Kenyataannya, pada saat ini banyak hal yang bisa dilindungi oleh asuransi. Berbagai perusahaan asuransi berlomba-lomba mengeluarkan jenis-jenis asuransi yang dapat melindungi hal-hal penting manusia.

Pembagian jenis asuransi ini dikelompokan berdasarkan fokus dan risiko yang ditanggung.

Ditambah, disediakannya perluasan asuransi oleh pihak asuransi yang dapat menambah proteksi pada si tertanggung.

Misalnya, saat membeli jenis asuransi mobil, Anda hanya mendapatkan proteksi terhadap kerusakan akibat kecelakaan dan kehilangan. Lalu bagaimana jika rusak karena bencana alam dan huru hara? Maka gunakan perluasan asuransi untuk menambah proteksinya.

Lalu apa sajakah jenis asuransi tersebut yang dijual di Indonesia? Dan, perlindungan apa sajakah yang ditawarkan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatanasuransi kesehatan via skope.ca

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang paling banyak dijumpai di masyarakat. Siapa yang bisa memprediksi penyakit apa yang akan menyerang?

Siapa yang tahu kapan kita akan sakit? Oleh karena itu, jenis asuransi kesehatan hadir memberikan proteksi akan kesehatan yang Anda miliki.

Asuransi kesehatan umumnya me-cover biaya rumah sakit ketika Anda sakit serta biaya obat-obatan, hal ini tergantung pada polis di awal. Ada dua jenis proteksi yang dapat dipilih yaitu proteksi dengan sistem kartu dan proteksi dengan sistem reimbursement. Apa bedanya?

  • Proteksi dengan sistem kartu. Misalnya, Saat berobat ke rumah sakit, tunjukan kartu asuransi yang diberikan oleh pihak asuransi sebagai tanda Anda diproteksi oleh perusahaan asuransi tersebut. Selanjutnya, rumah sakit akan memberikan tagihan berobat Anda ke perusahaan asuransi tersebut, berdasarkan identitas dan data diri yang terdapat pada kartu.
  • Proteksi dengan sistem reimbursement. Berbeda dengan proteksi dengan sistem kartu, proteksi dengan cara ini mengharuskan si tertanggung harus membayar terlebih dahulu segala biaya di rumah sakit. Kemudian, perusahaan asuransi akan menggantikan biaya tersebut saat si tertanggung melakukan klaim.

2. Asuransi Jiwa

Umur manusia merupakan rahasia Tuhan. Tidak ada yang tahu kapan kita akan meninggallkan dunia ini. Jika Anda meninggal, lalu siapa yang akan membiayai keluarga yang masih membutuhkan biaya dari Anda.

Oleh sebab itu, asuransi jiwa hadir untuk membantu hal tersebut. Asuransi jiwa akan memberikan klaim finansial terhadap ahli waris yang ditunjuk oleh si tertanggung jika si tertanggung meninggal.

Oleh karena itu, di awal perjanjian, si tertanggung memilih dulu ahli warisnya. Dalam jenis asuransi jiwa terdapat dua pililhan proteksi, yaitu Term Life dan Whole Life.

  • Asuransi Term Life, memberikan perlindungan kepada Anda dalam jangka waktu tertentu, mulai dari 1-5 tahun. Sayangnya, jika terjadi kematian, uang premi akan hangus begitu saja, namun nilai perlindungan dari jenis proteksi ini cukup besar.
  • Asuransi Whole Life, dari namanya saja, kita tahu bahwa jenis proteksi asuransi kesehatan ini akan melindungi Anda seumur hidup. Karena jangka waktunya yang panjang, nilai premi dari proteksi ini lebih besar. Akan tetapi, Anda jangan takut karena preminya bisa diklaim jika tidak terjadi kematian.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan untuk anak

Jenis asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang sudah berstatus sebagai orang tua. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa calon orang tua bisa mendaftarkan diri untuk ikut jenis asuransi ini.

Dengan Asuransi pendidikan pendidikan anak akan terjamin sebaik mungkin. Oleh karena itu jenis asuransi ini menjadi favorit.

Selain itu, biaya pendidikan yang kian hari kian meningkat karena dampak inflasi, membuat jenis asuransi ini menjadi solusi cerdas untuk menjamin pendidikan anak. Ditambah, dengan mengikuti asuransi pendidikan, Anda juga mendapatkan proteksi dari asuransi jiwa.

4. Asuransi Kendaraan

asuransi mobil
asuransi mobil via cloudfront.net

Asuransi kendaraan merupakan jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan terhadap kendaraan kesayangan di rumah. Baik itu mobil maupun motor.

Saat ini asuransi kendaraan dirasa sangat dibutuhkan karena kita tidak pernah tahu risiko apa saja yang berkemungkinan terjadi di jalan ketika mengendarainya.

Pada umumnya, proteksi dari asuransi kendaraan meliputi proteksi kecelakaan yang membuat mobil lecet dan proteksi jika terjadi kehilangan. Lebih dalam lagi, asuransi kendaraan terdapat dua pilihan proteksi yang disebut All Risk dan Total Lost Only (TLO).

5. Asuransi Kepemilikian Rumah dan Properti

Asuransi rumah dan kepimilikan properti

Asuransi kepemilikan rumah dan properti merupakan jenis asuransi yang akan memberi perlindungan terhadap rumah dan segala aset properti yang Anda miliki, seperti ruko, rukan, dan lain sebaginya.

Misalnya, terjadi kebakaran yang menghanguskan rumah Anda, maka jenis asuransi ini akan memberikan ganti rugi sesuai dengan perjanjian yang tertulis di polis.

Selain itu, jenis asuransi kepemilikan rumah dan properti juga memberikan proteksi terhadap barang-barang berharga di dalam rumah. Jadi, jika terjadi risiko kehilangan atau kecurian, jenis asuransi ini juga memberikan ganti rugi.

6. Asuransi Bisnis

Business insurance via KingPrice

Sama seperti asuransi pada umumnya, jenis asuransi ini akan memberikan proteksi terhadap kerusakan, kehilangn hingga kerugian. Bedanya, asuransi bisnis me-cover kerugian dalam jumlah besar dalam jumlah besar.

Manfaat asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi untuk jenis asuransi ini meliputi, perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis Anda, perlindungan investasi dan bisnis, perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan untuk seluruh karyawan.

7. Asuransi Perjalanan

asuransi travel
asuransikan perjalanan Anda via dailymagazine.net

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang akan melindungi Anda saat diperjalanan, mulai dari perjalanan pergi hingga kembali ke tempat asal.

Manfaat asuransi yang ditawarkan oleh jenis asuransi ini adalah, proteksi kecelakaan, biaya pengobatan, kematian hingga kehilangan terhadap barang-barang bawaan. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh, sebaiknya bekali diri dengan asuransi perjalanan.

8. Asuransi Haji

Asuransi haji disediakan khusus bagi jemaah haji yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Perlindungan dari jenis asuransi ini mencakup asuransi perjalanan pulang-pergi Arab Saudi, asuransi kesehatan dan jiwa selama proses ibadah haji dan asuransi kehilangan barang-barang bawaan.

Pada umumnya, biro perjalanan haji sudah memberikan jenis asuransi ini untuk para pelanggannya.

9. Asuransi Kelautan

Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang ada di bidang kelautan.  Umumnya, asuransi ini melindungi pengiriman barang via laut yang berupa kargo-kargo. Risiko yang ditanggung meliputi kerusakan kargo, kerusakan kapal, dan melukai penumpang

Pilih Jenis Asuransi yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Memiliki asuransi memang sangat penting dan menguntungkan. Hal ini karena kemungiknan akan terjadi risiko tidak dapat diprediksi oleh manusia.

Banyak manfaat dari asuransi yang dapat dinikmati kini maupun nanti. Oleh karena itu, segera miliki asuransi, pilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.