Diperbaharui pada Kamis, 27 Juli 2017 | 14:26

Advan G1 VS Wiko Harry, Duel Android RAM 3GB Bandrol Murah

Hape murah berspesifikasi tinggi semakin banyak tersedia di pasaran, mulai dari merek lokal sampai merek global.

Berbeda dengan tahun lalu, tren hape kian berkembang. Sebelumnya, pasar diramaikan dengan hape RAM 2GB yang dibandrol Rp1 jutaan. Dengan budget yang sama, saat ini Anda bisa membeli smartphone Android RAM 3GB yang performanya jauh lebih andal dan kencang.

Dengan budget Rp1 jutaan, terdapat dua kandidat hape Android RAM 3GB yang bisa Anda beli, yakni Advan G1 dan Wiko Harry. Kedua hape ini dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda, dilindungi garansi resmi dan dilengkapi fitur bersaing.

Nah, bagaimana komparasi kedua hape Android RAM 3GB tersebut? Simak ulasannya!

Desain

Punya desain sama-sama ringkas, hape Android RAM 3GB Advan G1 mengusung konsep unibody, sementara Wiko Harry tidak. Artinya, Advan G1 memiliki baterai tanam dengan slot SIM card dan microSD yang terletak di luar, sementara Wiko Harry mempunyai baterai removable dengan slot SIM card dan microSD yang bisa Anda temukan di bagian dalam.

Mengenai kegunaan, desain tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Advan G1 dengan desain unibody yang mainstream memberikan kesan mewah dan estetik, sedangkan Wiko Harry jauh lebih fleksibel karena Anda bisa mengganti baterai sesuka hati dan melakukan restart perangkat dengan lebih mudah.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada dukungan sensor sidik jari yang bisa ditemukan pada bagian belakang hape Advan G1, dimana Wiko Harry tidak memiliki fitur keamanan tersebut.

Layar

Selain memiliki bentuk yang sama-sama ringkas, kedua hape Android RAM 3GB ini memiliki layar yang sama-sama berukuran 5 inch. Berbicara kualitas, keduanya dirasa sebanding karena panel IPS yang digunakannya sudah didukung resolusi HD 1280 x 720 piksel.

Untuk hape Wiko Harry, ia sudah dijalankan OS Android terbaru dalam versi 7.0 Nougat. Di sini, Wiko melakukan kostumisasi user interface sehingga tampilannya lebih sederhana, ditambah adanya beberapa tambahan fitur seperti Smart Gesture dan Smart Action yang berisikan fungsi seperti  flip to mute, direct to call, flip to snooze dan double tap to wake dan sleep.

Sementara itu, pesaingnya Advan G1 hadir dengan tampilan yang dikostumisasi dari OS Android 6.0 Marshmallow, dengan interface yang sederhana dan memiliki tambahan fitur seperti MiraVision dan teknologi eyePRO untuk menyaring radiasi sinar biru.

Hardware 

Kedua hape Android RAM 3GB ini memiliki perbedaan pada OS yang digunakan, dimana Advan G1 masih memakai OS Android 6.0 Marsmallow, sementara Wiko Harry lebih unggul dengan OS terbaru Android 7.0 Nougat.

Soal kinerja perangkatnya, Advan G1 mengandalkan prosesor low-end dari MediaTek MT6735 Quad-Core 1GHz yang dipadukan GPU Mali T720MP2, serta ditambah dengan memori internal berkapasitas 32GB yang bisa ekspansi melalui slot microSD.

Sementara itu, Wiko Harry menggunakan prosesor generasi lebih anyar yakni MediaTek MT6737 Quad-Core 1,3 Ghz yang juga dipadukan dengan GPU Mali T720MP2, serta memori internal 32GB yang bisa diperluas lewat slot microSD.

Meskipun keduanya sama-sama menggunakan chipset low-end, namun penggunaan MediaTek MT6737 pada Wiko Harry sedikit lebih unggul karena chipset tersebut diklaim mampu memproses grafis tinggi dengan smooth, serta lebih hemat daya saat dipakai mengakses GPS ataupun Radio FM.

Kamera

Di sektor kamera, kedua hape Android RAM 3GB ini sama-sama menawarkan sensor 13 MP di bagian belakang. Sementara di bagian depannya, Advan G1 membawa sensor berukuran 8 MP, sedangkan Wiko Harry hanya memiliki kamera depan beresolusi 5 MP saja.

Sayangnya, resolusi 13 MP pada kedua hape ini memiliki perbedaan kualitas. Meskipun kamera belakang Wiko Harry sudah dilengkapi dengan fitur seperti HDR, mode manual dan LED flash, namun Advan G1 menggunakan lensa Largan dari Largan Precision yang juga dipakai oleh iPhone sehingga kualitas tangkapannya sedikit lebih baik ketimbang bidikan Wiko Harry.

Termasuk kamera depan, sensor 8 MP pada hape Advan G1 Pro sudah dilengkapi dengan LED flash untuk membantu pengambilan foto selfie di tempat minim cahaya, dimana fitur ini tidak bisa Anda temukan pada Wiko Harry.

Fitur Pendukung dan Baterai

Kedua hape Android RAM 3GB ini sama-sama dibekali slot dual SIM, konektivitas 4G LTE, serta dilengkapi dengan sensor Gyroscope sehingga bisa mendukung penggunaan VR headset. Namun, Wiko Harry tidak memiliki fitur audio mumpuni seperti Advan G1, dimana ia dilengkapi speaker dengan titanium accoustic dan smart amplifier.

Sementara di sektor daya, kedua hape ini sama-sama imbang karena memiliki kapasitas baterai yang tidak jauh berbeda. Wiko Harry hadir dengan baterai berkapasitas 2.500 mAh, sedangkan Advan G1 hadir dengan baterai 2.600 mAh.

Kesimpulan

Kedua hape Android RAM 3GB diatas hadir dengan layar berukuran ramping yang memiliki ukuran 5 inch beresolusi HD. Namun, keduanya memiliki masing-masing keunggulan, seperti Advan G1 dengan kelebihan di sektor kamera, desain dan keamanan berkat adanya sensor sidik jari, sedangkan Wiko Harry memiliki performa lebih menjanjikan karena ia dilengkapi chipset generasi terbaru dan dijalankan pada OS teranyar Android 7.0 Nougat.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Wiko Harry RAM 3GB ROM 16GB Rp 1.399.000 5 inch - 7 3 GB 16 GB - 13 MP 2500 mAh
Advan G1 RAM 3GB ROM 16GB Rp 1.250.000 5 inch MT8735P 6 3 GB 16 GB Mali-T720MP2 8 MP 2650 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:

Xiaomi Redmi 4X RAM 3GB vs Lenovo K6 Power, Duel Hape Baterai Jumbo

Adu Spesifikasi Oppo Neo 9 vs Vivo Y53, Pilih Mana?

Samsung J3 Pro vs J2 Prime, Duel Dua Hape Terjangkau

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts