13 Kamera Mirrorless untuk Video Terbaik di 2018

Oleh Wiro updated Senin, 27 Agu 2018 | 09:35

Mirrorless untuk videoimage via Fujifilm

Saat ini makin marak saja pembuatan konten video oleh semua lapisan masyarakat. Isi konten videonya pun bermacam-macam, mulai dari yang menghibur hingga bersifat serius. Berkembangnya konten video ini tidak terlepas dari tersedianya layanan berbasis video yang juga bermunculan, sebut saja seperti Youtube, Vimeo. Daily Motion serta masih ada beberapa lainnya.

Layanan-layanan ini memungkinkan kita tidak hanya menjadi penikmat saja tapi juga sebagai pembuat video. Namun, untuk membuat sebuah video tentu dibutuhkan perangkat khusus. Lalu perangkat apa yang harus disiapkan? Saat ini Anda bisa memanfaatkan hp untuk merekam video, karena teknologi yang disematkan sudah semakin canggih. Hanya saja proses merekam video melalui perangkat smartphone ini memiliki keterbatasan, seperti kestabilan gambar, sensor yang kecil dan kurang maksimal di pencahayaan rendah. 

Dan kamera mirrorless bisa menjadi opsi yang cukup baik. Ukurannya yang tipis dan kemampuannya yang tidak kalah dengan kamera DSLR bisa menjadi jawaban Anda yang ingin berkreasi dengan konten video.   

Tapi tidak semua kamera mirrorless dilengkapi fitur merekam video yang baik. Karena kamera mirrorless untuk video ini juga harus dilengkapi dengan fitur yang bisa mendukung proses perekaman, seperti ukuran sensor atau resolusi kamera. Tapi tidak perlu khawatir, sebab sejak tahun 2000-an produsen kamera telah memikirkan fitur video ini agar lebih banyak peminat.

Terbukti, setelah inovasi dilakukan dari sisi fitur video lewat peningkatan kualitas video di beberapa kamera termasuk untuk kamera mirrorless. Tak ketinggalan baik para pekerja foto komersil, pehobi foto ataupun produksi broadcasting, mereka semua ikut menggunakan fitur video pada kamera mirrorless guna merampungkan projek video.

Untuk memudahkan Anda memilih kamera yang bagus untuk video, berikut pilihan kamera mirrorless untuk video terbaik yang bisa di pilih :

1. Sony A 7R II

Yang menjadi keunggulan dari fitur kamera Sony A 7R II ini adalah pada kemampuan rekam yang telah diperbaharui dengan XAVS, dimana XAVS merupakan format video lanjut dari AVCHD, sehingga, kualitas video yang dihasilkan tentu lebih baik karena bit rate yang dimiliki lebih tinggi dan sangat pas untuk perekaman video dengan menggunakan 4K.

Rekomendasi pertama kamera mirrorless untuk video terbaik ini juga mendukung kecepatan rekam 60p/50p/30p/25p/24p/120p/100p, dan perlu Anda perhatikan bahwa ketika mengguanakan fitur video pada kamera untuk video ini, maka gunakan kartu memori dengan kecepatan yang tinggi pula, paling tidak class 10 minimal.

Selama menggunakan video capture dari kamera mirrorless Sony A 7R II, pengguna bisa memilih antara berbagai mode pemotretan manual dan otomatis. Penggunaan ISO Auto sangat membantu Anda saat merekam dalam kondisi dimana cahaya bervariasi dan dapat digunakan saat pengambilan manual (M).

Sony A7R II
Harga termurah

Rp 26,499,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 25 fps
Lens Mount Sony E-Mount

2. Fujifilm X-T2

Kamera mirrorless untuk video terbaik yang kedua datang dari Fujifilm X-T2. Sebagai pembaharu X-Pro2, kamera mirrorless X-T2 menciptakan perekaman video 4K dari sensor fullframe. Tetapi yang menarik adalah penambahan F-Log dimana Mode F-Log-nya bisa diarahkan untuk menghasilkan gambar yang flat rendah kontras yang akan memudahkan saat proses color grading.

F-Log hanya tersedia di atas output HDMI (yang memiliki fitur 4: 2: 2 chroma sub-sampling, sehingga memiliki lebih banyak informasi warna daripada sinyal 4: 2: 0 yang ditangkap secara internal). Logika Fujifilm nampaknya menganjurkan pengguna yang sudah mahir dan mengerti bagaimana menggunakan gamma log guna kualitas hasil terbaik ketika menggunakan perekam eksternal pada kamera mirrorless Fujifilm.

Namun, jika tidak ingin repot, simulasi pengambilan gambar dari kamera untuk video terbaik ini bisa diaplikasikan lewat beberapa fitur adjustment seperti melakukan pengaturan white balance, filckr hingga highlight dan shadow. Alasan lain mengapa kamera yang bagus untuk video ini menjadi kandidat adalah tersematnya tambahan soket untuk mic untuk menunjang prekaman video sebagai aksesoris kamera mirrorless dengan membawa lensa fujinon 18-55mm kit.

Fujifilm X-T2 Kit 18-55mm
Harga termurah

Rp 22,399,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 14, 8, 5 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount

3. Panasonic Lumix GH4


Ini adalah kamera untuk video unggulan dari Panasonic yang menampilkan 4K 60p / 50p dan perekaman video internal 4K 30p 4: 2: 2 10-bit, sensor 20,3 megapiksel baru tanpa filter low-pass, dan fungsi foto 6K yang bisa direalisasikan ketika telah melakukan upgrade piranti lunak kamera.

Sebagai kamera mirrorless untuk video terbaik, Panasonic Lumix GH5 juga menawarkan bukan hanya fitur video yang mumpuni tetapi juga perekaman gambar foto yang juga tak kalah baik dengan jajaran kamera mirrorless lain diantaranya adalah koneksi WiFi, Bluetooth, hingga kontrol autofokus dengan kecepatan sekitar 0,05 detik dan kemampuan deteksi di 225 titik focus.

Sementara untuk peredam getar, kamera mirrorless Panasonic Lumix GH5 masih mempertahankan 5 Axis Dual Image Stabilization untuk meredam guncangan ketika mengambil gambar foto ataupun video. Secara general, fitur dan handling yang dimiliki kamera untuk video ini sudah cukup baik dan representatif sebagai kandidat yang Kami rekomendasikan menjadi kamera mirrorless video terbaik yang bisa Anda pilih.

Panasonic Lumix DMC-GH4 Body
Harga termurah

Rp 11,499,900

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 50, 60 fps
Lens Mount Canon EF mount (Canon EF-S 15-85mm f / 3.5-5.6 IS USM)

4. Samsung NX1


Tidak seperti banyak kamera yang tampaknya menyertakan video untuk sekedar memberikan kelengkapoan fitur saja, Samsung NX1 memberikan fitur video dengan kualitas yang diprediksikan bisa dipergunakan di masa mendatang. Dan hal itu terjadi, dimana 3 tahun lalu kemunculan kamera yang bagus untuk foto dan video ini dengan kelengkapan fitur video 4K seperti menjadi ejekan bahwa Samsung terlampau percaya diri untuk memberikan fitur tersebut.

Tetapi pada kenyataannya, kini kemampuan fitur tersebut memang menjadi sarat utama ketika pengguna akan memilih kamera mirrorless. Meski Samsung NX1 merupakan lansiran tahun lampau, namun masih layak menjadi kamera mirrorles terbaik untuk video. Karena sensor penuh NX1 untuk video memiliki potensi menghadirkan video kelas terdepan ketika itu. 

Samsung Smart Camera NX1
Harga termurah

Rp 11,159,400

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 24, 25, 30, 50, 60 fps
Lens Mount Samsung NX

5. Canon EOS M5


Kamera mirrorless Canon terbaik ini merupakan deretan model mirrorless yang menggunakan lensa EF-M yang juga bisa menggunakan lensa EF dan EF-S jika menggunakan adaptor opsional. Untuk kemampuan kinerja bidik yang dimiliki mirrorless Canon ini dilengkapi sensor APS-C 24.2MP CMOS dengan Dual Pixel AF sangat memungkinkan autofocus lebih cepat dalam mode live view dan movie.

Penyematan 5 Axis Image Stabilizer merupakan kunci yang dimiliki Canon Eos M5 sebagai kamera mirrorless untuk video terbaik ketika merekam video dan foto. Sedangkan untuk navigasi dari M5 memiliki desain bergaya SLR dengan tiga tombol kontrol dan juga kontrol langsung untuk kompensasi pencahayaan.

Sayangnya, ada kekurangan yang dimiliki dari fitur video dari mirrorless Canon yakni untuk filckrs dan peningkatan pada fitur 4K. Tapi terlepas dari itu, kelengkapan fitur lain telah mewakili dan menutup kekurangan ketika mengambil gambar video dengan penambahan tata cahaya.

Canon EOS M5 Kit 15-45mm
Harga termurah

Rp 8,375,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 7, 9 fps
Lens Mount Canon EF-M

6. Olympus OM-D E-M5


Alasan memasukkan OM-D-E-M5 di jajaran kamera mirrorless untuk video terbaik adalah dari sederet kamera mirrorless Olympus maka jenis inilah yang cukup mewakili untuk Anda yang gemar melakukan videografi dengan kamera mirrorless dengan merk Olympus.

Olympus OM-D-E-M5 dapat menangkap video 1080 dari keluaran sensor 30p dan pada tahun kamera ini muncul, fitur tersbut merupakan sebuah proses yang disebut frame segmental progresif, yang berarti dapat diedit seolah-olah berukuran 30p. Namun perlu Anda ketahui bahwa pengguna tidak ada pilihan untuk merekam secara native dalam 24p atau pada tingkat frame yang merupakan kelipatan 25 untuk TV PAL atau SECAM.

Dua opsi kompresi pada kamera mirrorless terbaik untuk video terbaik telah disediakan 20Mbps kualitas baik yang membatasi klip individu menjadi sekitar 22 menit, atau opsi normal 17Mbps yang memungkinkan perekaman kamera sampai batas 29 menit. Klaim perbaikan pengolahan, ditambah sensor yang lebih baru telah mendorong kamera untuk menjanjikan output video yang kurang mumpuni dengan efek rana continuous yang berkurang secara substansial.

Ada juga kontrol atas volume rekaman suara, dengan tiga tingkat volume yang dapat dipilih. Ada juga fungsi wind-cut (tiga level dan off). Tidak ada soket mikrofon built-in tapi satu dapat ditambahkan dengan menggunakan unit SEMA-1 opsional yang slotnya ke port aksesori. E-M5 memiliki dua efek khusus di atas dan di atas Filter Seni terbaru. Efek 'Echo' One Shot Echo dan Multi Echo adalah efek kreatif yang meninggalkan 'echo' dari frame sebelumnya dalam video.

Olympus OM-D E-M5 Kit 12-50mm
Harga termurah

Rp 10,999,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Micro Four Thirds Mount

7. Nikon 1 J5


Sebenarnya kandidat kamera mirrorless untuk video terbaik untuk Nikon memiliki spesifikasi yang cukup timpang ketimbang mirrorless lain, meski begitu perekaman video 4K dan Full HD 60p cukuo bisa diandalkan dan bersaing dengan beberapa mirrorless untuk video terbaik di kelasnya.

Dengan pengambilan gambar sela waktu, kemudian sistem auto-focus hybrid lanjutan dengan 171 poin, serta Best Moment Capture dan Motion yang unik dan tersedia di menu, Nikon J5 juga menawarkan mode pemotretan yang lebih konvensional seperti Programmed Auto, Aperture and Shutter Priority, serta Metered Manual.

Tapi sayangnya, meski Nikon J5 menjadi salah satu rekomendasi untuk kamera mirrorless untuk video terbaik kemampuan frame rate yang dimiliki hanya 15fps. Alhasil, perekaman tidak bisa berjalan dengan baik layaknya beberapa mirrorless terbaik untuk video sebelumnya.

Nikon 1 J5 Kit 10-30mm + 30-110mm
Harga termurah

Rp 4,500,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 20, 60, 30, 10, 5 fps
Lens Mount Nikon 1 mount

8. Sony A6000

Ada beberapa alasan mengapa Sony A600 menjadi kandidat untuk mirrorless berfitur video terbaik, selain harga yang tak terlampau mahal, kualitas video yang dimiliki cukup lengkap yakni Full HD 1080p dengan kecepatan 60 dan 24 fps, kemudian layanan AF juga terbukti halus dan cukup cepat meskipun dalam modus video.

Sensor APS-C yang dikombinasikan dengan fitur Focus 4D yang dimiliki tentu membuktikan bahwa kamera Sony A 6000 ini memang mumpuni ketika melakukan pengambilan gambar video.

Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm
Harga termurah

Rp 5,990,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 60, 30, 24 fps
Lens Mount Sony E-Mount
 

9. Fujifilm XT10

Ini adalah model yang sangat layak untuk Anda pilih sebagai kamera yang bagus untuk video recording. Kinerja kualitas sensor APS-C X-Trans CMOS II yang dimiliki tentu tak perlu Anda ragukan lagi, dilengkapi jendela bidik realtime dan memiliki sensitivitas cahaya ketika merekam membuat kamera ini menjadi rekomendasi siapapun yang ingin fitur video dan foto dengan kualitas baik.

Fujifilm X-T10 kit XF 18-135mm
Harga termurah

Rp 16,943,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51400
Frame Rate 60 fps
Lens Mount -

10. Panasonic Lumix GX85

Inilah salah satu kamera tanpa cermin terbaik yang ada di pasaran dan mampu menghasilkan kualitas video 4K. Sebagai kamera mirrorless yang cocok untuk video recording tentu memiliki beberapa fitur unggulan, diantaranya adalah penstabil sensor 5-Axis guna hasil halus dalam perekaman video, kemudian foto berkualitas 16 megapiksel, dan low-pass filter. Dengan kamera ini, Anda juga bisa menikmati jendela bidik elektronik dan Wi-Fi.

Panasonic Lumix DMC-GX85 Kit 12-32 mm
Harga termurah

Rp 7,250,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30, 40, 10, 8, 6, 2 fps
Lens Mount Micro Four Thirds

11. Sony A 7R

sony a7r

Sony Alpha 7R mampu menghadirkan tampilan detail gambar yang sangat tinggi dan apik. Ditambah dengan kemampuannya berintegrasi dengan lensa Sony E-Mount full frame dan FF terbaru, perangkat keluaran Sony ini menjadi makin unggul dalam pengambilan gambar beresolusi tinggi. Ditambah dengan jangkauan sensitifitas cahaya hingga sebesar ISO 100-25,600, Alpha 7R tetap dapat diandalkan bahkan ketika dalam kondisi pengambilan gambar yang low-light atau minim cahaya.

Kemampuan Auto Focus yang ada pada Sony Alpha 7R pun tidak bisa diremehkan. Terdapat 25 AF points pada kamera ini yang sangat berguna dalam menghasilkan akurasi fokus pada proses pengambilan gambar. Tidak hanya itu, terdapat beberapa mode AF seperti Single-shot AF (AF-S), Continous AF (AF-C), Direct Manual Focus (DMF), dan Manual Focus pada kamera berseri Alpha 7R ini.

Sony Alpha 7R
Harga termurah

Rp 34,990,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Sony E (NEX)

12. Olympus OM-D E-M10

Lewat Olympus OM-D E-M10, kamera mirrorless yang bagus untuk video recording kembali hadir dengan harga yang bersahabat, Meski masih mengadopsi 3 Axis untuk peredam getar namun untuk melakukan perekaman video kualitas Full HD 1080p telah disiapkan sehingga menghasilkan gambar foto atau video dengan lebih baik. Uniknya, 12 filter bisa diaplikasikan dalam perekaman video seperti ketika dalam modus foto.

Olympus OM-D E-M10 Kit 14-42mm
Harga termurah

Rp 6,950,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 3200 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Micro Four Thirds
 

13. Olympus PEN F

Sebagai pelengkap kamera mirrorless untuk video recording terakhir adalah PEN F series, Tak mau kalah dengan beberapa tipe sebelumnya, 5 Axis image stabilizer telah dimiliki oleh kamera ini, alhasil perekaman video ataupun foto bisa lebih halus.

Meski resolusi masih 1080p namun kombinasi sensor Live MOS dan prosesor yang dimiliki mampu memberikan kualitas lebih baik untuk perekaman video, meski agak sedikit lebih mahal namun kamera ini diposisikan di kelas menengah.

Olympus PEN-F Kit 17mm
Harga termurah

Rp 16,999,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate -
Lens Mount Micro Four Thirds

Kesimpulan

Itulah daftar kamera mirrorless untuk video yang mewakili dari masing-masing produsen dengan kemampuan perekaman terbaik. Beberapa diantaranya memang kamera mirrorless terbaik lansiran lama, karena tidak banyak produk terbaru yang dirilis, terutama dengan pengembangan fitur video yang diutamakan. Selamat memilih dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Komentar