Diperbaharui pada Selasa, 4 Juli 2017 | 09:30

4 Kamera Mirrorless Canon Terbaik, Foto dan Video Berkualitas

Oleh Wiro

Meski bukan menjadi andalan, Canon tetap memiliki punggawa kamera mirrorless terbaik, M series diperkenalkan dengan mengadaptasi beberapa fitur DSLR.

Sebagai produsen kamera yang telah berhasil merebut pasar di Indonesia ternyata Canon tak ingin serakah dengan manisnya kamera interchangeable lens. M series merupakan satu-satunya kamera mirrorless dari Canon yang merangsek pasar di Indonesia. Karena hanya satu, maka M series ini muncul beberapa tipe dan berikut adalah beberapa kamera mirrorless unggulan, dan salah satunya adalah kamera mirrorless Canon terbaik.

1. Canon EOS M3

Setelah pada bulan Juli 2012 Canon melansir M series pertamanya maka dilanjutkan dengan kamera yang memiliki keseriusan dari sisi performa serta kemampuan fitur yang ada yaitu kehadiran Canon M3 pada Februari 2015. Penerus M series ini berusaha memadukan kualitas gambar dan tingkat kontrol DSLR pada M3 dengan dukungan sensor CMOS APS-C 24,2 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC 6.

Selain menawarkan format perekaman video HD, Canon M3 disertai lensa kit 15-45mm juga memberikan performa AF cepat berkat Hybrid CMOS AF III dengan kemampuan fokus di 49 titik. Alhasil, meskipun bukan menjadi kamera mirrorless Canon terbaik, M3 telah mengisi tumpuan untuk menghadirkan kamera dnegan kualitas yang lebih baik di tahun 2015 lalu.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Canon EF-M
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Canon EOS M10

Perubahan desain jelas terlihat ketika mirrorless Canon M10 ini muncul di tahun yang sama 2015, menjelang akhir tahun Canon mencoba untuk memberikan yang terbaik untuk penyuka kamera mirrorless dan itu merupakan cara Canon untuk tetap hadir meskipun lagi-lagi kamera ini bukan menjadi unggulan.

Tapi jangan kuatir, meskipun bukan menjadi kamera mirrorless terbaik dari Canon namun fitur yang dimiliki cukup mumpuni, Canon EOS M10 menawarkan sensor CMOS APS-C 18MP, LCD layar sentuh 3 "1.04M serta LCD Wi-Fi terintegrasi dengan rekaman video NFC dan 1080/ 30p. Tak hanya itu, setelah dilihat lebih jauh ternyata kamera mirrorless Canon M10 ini menyediakan built- Di flash, hanya saja kamera ini tidak dilengkapi jendela bidik.

Dan untuk menutupi kekurangan itu, M10 memberikan kekuatan kinerja kamera dengan sistem Hybrid CMOS II AF-nya menjadi 49 poin sekaligus melebarkan rentang ISO dari 125 ekspansi ke 25600. 

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate -
Lens Mount Canon EF-M
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Canon EOS M5

Tak disangka jika ini menjadi kamera mirrorless Canon terbaik dibandingkan dengan M series terbaik lainnya seperti M10, M3 dan M6, selain harganya yang juga relatif lebih mahal dibanding mirrorless yang terbaru M6, namun fitur serta harga yang ditawarkan lebih mahal M5. Harga kamera mirrorless Canon M5 ini dijual seharga Rp 10.845.000,-.

Dari sisi desain tak terlalu terlihat mewah, namun ada yang menarik dari kamera mirrorles Canon ini yakni handling yang menyerupai DSLR Canon adalah salah satu daya tarik yang dimiliki sehingga nyaman ketika menggunakan kamera ini, kemudian tersedia pula aksesoris untuk jendela bidik elektronik seperti viewfinder ketika menggunakan DSLR, serta yang terkini adalah konektivitas nirkabel yang juga bisa dioperasikan melalui ponsel pintar Anda.

Kamera mirrorless Canon terbaik ini merupakan deretan model mirrorless yang menggunakan lensa EF-M yang juga bisa menggunakan lensa EF dan EF-S melalui jika menggunakan adaptor opsional. Untuk kemampuan kinerja bidik yang dimiliki mirrorless Canon ini dilengkapi sensor APS-C 24.2MP CMOS dengan Dual Pixel AF sangat memungkinkan autofocus lebih cepat dalam mode live view dan movie.

Penyematan 5 Axis Image Stabilizer merupakan kunci yang dimiliki kamera Canon M5 ketika merekam video dan foto, sedangkan untuk navigasi dari M5 memiliki desain bergaya SLR dengan tiga tombol kontrol dan juga kontrol langsung untuk kompensasi pencahayaan.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 7, 9 fps
Lens Mount Canon EF-M
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Canon EOS M6

Harapan Canon M6 menjadi kamera mirrorless Canon terbaik ternyata pupus sudah, jika M5 memiliki 5 Axis Image Stbilizer, maka untuk M6 justru turun menjadi 4 Axix Image Stabilizer. Alhasil, meskipun menggunakan lensa EF-M dengan dukungan untuk EF dan EF-S melalui adaptor opsional kemudian dilengkapi sensor APS-C 24.2MP CMOS dan Dual Pixel AF perusahaan, tetap saja M6 bukan menjadi kamera mirrorless Canon terbaik.

Sementara untuk beberapa fitur seperti autofocus cepat dalam mode live view dan movie, kemudian gaya rangefinder grip yang mirip DSLR, dan kemampuan WiFi, NFC dan Bluetooth bisa Anda nikmati. Sayangnya, untuk menikmati viewfinder elektronik pada kamera yang dijual dengan harga Rp 9.990.000,- Anda harus membeli karena tak tersedia dalam paket pembelian yang hanya memberikan kit lensa 15-45mm.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 26 fps
Lens Mount EF-M
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Canon M5 karena memiliki kelengkapan fitur serta beberapa aksesoris yang tidak dimiliki oleh M series lain, selain itu, fitur peredam getar untuk video dan resolusi foto juga cukup baik untuk di dapuk sebagai kamera mirrorles Canon terbaik layaknya beberapa brand lain yang juga memiliki kamera mirrorles dengan fitur dan kemampuan bidik yang cukup lengkap.

Dengan hadirnya M sries ini, Canon yang telah memiliki pasar kamera tersendiri tak ingin ikut membombardir produk dengan melansir jenis mirrorless baru dalam jumlah banyak, hal ini tentu menjadi bukti bahwa Canon tetap memiliki prestis dimana tak ingin merebut pangsa pasar kamera mirrorless tetapi tetap ikuti tren dengan menghadirkan produk berupa kamera mirrorless dengan mengadopsi fitur kamera DSLR Canon guna menciptakan kemampuan yang layak untuk bersaing dengan beberapa kelas kamera mirrorless lain. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel :
Kamera Mirrorless Canon EOS M6 Dirilis, Harganya? 
Rumor: Bocoran Spesifikasi Kamera Mirrorless Canon EOS M10 
Intip 6 Kamera Film Sinema Canon, EOS C200 dan EOS C200B Paling Anyar 
Like us!

Komentar