Diperbaharui pada Jumat, 28 Januari 2022 | 15:43

6 Drone Murah Lengkap Plus Remote dan Kamera Full HD

Popularitas drone terus meningkat dan semakin digemari masyarakat. Perangkat pesawat tanpa awak ini menjadi mainan baru yang mengasyikkan.

Cara mengendalikan drone memang menggunakan remote control atau bisa juga dikontrol melalui tablet atau smartphone melalui aplikasi tertentu.  Pengendali remote control ini memungkinkan drone dioperasikan dari jarak jauh.

Tidak hanya terbang, namun drone untuk pemula kini banyak dibekali kamera untuk mengambil gambar atau merekam video dari posisi ketinggian yang tidak mungkin bisa dilakukan secara manual. Bahkan teknologinya juga terus berkembang dengan beragam fitur canggih.

Drone sendiri memiliki banyak jenis dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan kemampuan dan fitur yang dimiliki.

Namun, jika Anda adalah seorang pemula  yang ingin mencoba mengendalikan drone kamera melalui remote control, mungkin bisa memilih versi standar.

Pasalnya, drone tersebut hanya digunakan untuk berlatih sebelum benar-benar mahir mengendalikan lebih jauh.

Nah, mungkin kini Anda bertanya-tanya, mana drone untuk pemula termurah dengan remote control yang terbaik untuk pemula.

Dari sekian banyak drone untuk pemula yang ada dipasaran, ada beberapa yang kami rekomendasikan karena telah dibekali fitur kamera dan dikendalikan dengan remote control.

Untuk memudahkan Anda, kami coba memberikan drone kamera termurah yang dikendalikan dengan remote control untuk pemula. Dengan harga kisaran Rp1 jutaan, drone untuk pemula ini bisa Anda coba untuk berlatih.

1. Cheerson CX-35 Leopard

Drone kamera Cheerson CX-35 Leopard hanya di banderol sejutaan. Drone untuk pemula ini dikendalikan remote control dengan kemampuan terbang maksimal yang dimiliki sekitar 7 menit.

Resolusi kameranya 2MP untuk mengambil foto dari posisi ketinggian. Sedangkan untuk jarak radius pengoperasian antara drone dan remote control sekitar 100 meter.

Tak hanya itu, bobot 50 gram yang dimiliki dengan dimensi 45x45x17cm sepertinya cukup untuk Anda yang baru mencoba, tak terlalu berat, juga tidak terlampau besar untuk dibawa ke tempat tertentu.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Drone Camera
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. WLtoys Q222G

Untuk kandidat drone untuk pemula yang kedua juga tak jauh berbeda. Namun kelebihan WLtoys Q222G ini dilengkapi dengan pengaman baling-baling yang bisa di bongkar pasang sehingga lebih aman jika sedang bermain dengan buah hati Anda.

Drone pabrikan Amsterdam, Belanda, ini juga dilengkapi fitur kamera 2MP untuk memotret. Drone kamera 2MP ini memiliki cakupan bidik lebar sangat cukup apalagi perekaman dilakukan di siang hari.

Tentu saja jenis drone murah ini sangat direkomendasikan untuk pemula. Tetap dikendalikan remote control dengan durasi maksimum terbang sekitar 8 menit, serta memiliki jarak radius 150 meter antara remote control dan pesawat tanpa awak.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kategori Drone Camera
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Walkera QR W100S

Memiliki banderol harga yang sedikit lebih dari drone kamera lainnya. Meski demikian, rekomendasi drone untuk pemula ini cukup baik, pasalnya memiliki durasi terbang skitar 10 menit.

Sayangnya, radius remote control dengan pesawat hanya 80 meter sehingga Anda harus lebih berhati-hati dengan area terbang jangan sampai melewati batas jarak.

Untuk fitur kamera hanya dibekali resolusi minim yakni 0,3MP, maklum dimensi yang dimiliki tak terlalu besar yakni 10.4 x 10.2 x 2.9 inci dengan bobot sekitar 16 ons.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kategori Drone Camera
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. JXD 509G

Drone kamera selanjutnya bisa memilih JXD 509G yang juga dibanderol hanya sejutaan. Drone kamera ini memiliki resolusi 2MP juga punya pelindung baling-baling lepas pasang.

Pesawat tanpa awak ini memiliki LED Light yang menarik dengan ukuran yang tak terlalu kecil juga tak terlalu besar layaknya drone professional.

Dimensinya berkisar 31.6x31.6x10.6cm dengan bobot yang dimiliki dari drone kamera untuk pemula ini adalah 150g. Sayangnya radius antara remote control dan pesawat hanya 50 meter, meski begitu durasi terbang mampu selama 10 menit.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kategori Drone Camera
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Syma X8G

Diantara empat drone kamera sebelumnya, maka inilah yang memiliki fitur dan kemampuan terbang cukup baik. Bagaimana tidak, drone untuk pemula ini dilengkapi kemampuan terbang selama 12 menit.

Tidak hanya itu, cakupan radius terbang antara remote control dengan pesawat adalah 100 meter dan memiliki resolusi kamera 5MP. Bobot yang dimiliki drone kamera ini adalah 1600g dengan dimensi sekitar 35 x 35 x17 cm.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kategori Drone Camera
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. Yi Zhan X6 Quadcopter

Dari keseluruhan drone kamera yang lengkap dengan remote control untuk pemula maka ini merupakan salah satu yang terbaik. Sayangnya, durasi kemampuan terbang yang dimiliki drone kamera dengan harga Rp 1 jutaan ini hanya selama 7 menit saja.

Padahal, kameranya terpasang 5MP kemudian jarak radius 300 meter dengan remote control. Untuk ukuran dimensi Yi Zhan X6 Quadcopter ini berukuran 47.5cmx25.3xcm (included cover) dan bobot 310g.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Drone Camera
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Itulah beberapa jenis rekomendasi drone untuk pemula yang memiliki fitur kamera dan dikendalikan dengan remote control. Mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli, apalagi spesifikasi yang dimiliki cukup baik sesuai dengan kebutuhan.

Dan perlu diingat bahwa berlatih sangatlah penting untuk menentukan Anda menjadi pilot drone yang lulus uji terbang baik menggunakan drone kecil, besar ataupun dengan muatan kamera film sekalipun. Selamat memilih dan selamat mencoba.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.