Awas! Gara-Gara Ini Motor Matic Boros Bensin

Oleh Imam Ali updated Jumat, 27 Mar 2020 | 20:15

/

Populasi motor matic terus meningkat di Indonesia. Motor matic menjadi pilihan utama bagi banyak masyarakat karena praktis dan nyaman digunakan. Apalagi Jakarta, kota dengan kondisi jalan yang macet.

Namun, motor matic memiliki kekurangan yang banyak dirasakan oleh penggunannya, yakni pemakaian bensin yang boros. Lantas, apa saja yang membuat motor matic boros bensin? Ini dia alasannya!

1. Oli Jarang Diganti

Image via maskoolin.com

Sebagai pemakai motor, Anda wajib mengganti oli secara rutin di waktu tertentu atau setelah kilometer tertentu. Jika Anda telat melakukannya, kerja mesin akan menjadi berat, konsekuensinya adalah lebih banyak bahan nakar yang dipakai untuk membuat mesin bekerja.

2. Terlalu Lama Memanaskan Mesin

Kebiasaan wajib ini mungkin sering dilakukan sebelum menggunakannya. Ya, mesin motor memang sebaiknya dipanaskan dulu sebelum dipakai sehingga oli mesin merata di keseluruhan mesin. Namun, memanaskan mesin terlalu lama justru membuat motor matic menjadi lebih boros bensin, dimana Anda sebaiknya memanaskan mesin motor dalam waktu singkat saja.

3. Filter Udara Kotor


Image via djoshe.wordpress.com

Hal ini memang terdengar remeh. Namun, filter udara di motor matic Anda yang kotor bisa membuat aliran udara ke ruang bakar terkendala. Hasilnya, efek proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan membuat boros bensin.

4. Putar Gas Kencang

Kebiasaan memutar gas kencang untuk memperoleh akselerasi instan pun membuat bensin lebih boros. Sebaiknya, putar gas secara perlahan dan hindari kebiasaan menancap gas kencang secara dadakan.

5. Busi Aus

Image via suka8motor

Alasan lain soal borosnya bensin di motor matic adalah busi yang sudah aus. Mudahnya, Anda bisa mengganti busi dengan yang baru melalui bantuan teknisi atau bengkel untuk mengatasi permasalahan ini.

6. Pembakaran Tidak Sempurna

Proses pembakaran tidak sempurna akibat jarak renggang pada klep atau valve yang tidak sesuai standar pabrik juga membuat bensin lebih boros. Untuk itu, selalu pakai bahan bakar dengan oktan tinggi karena sekalipun harganya mahal, namun pembakaran yang dihasilkan jauh lebih baik.

7. Beban Berlebihan

Image via Jatik

Motor matic memang dirancang khusus sebagai kendaraan kota. Namun, adanya bagasi dan bagian depan motor yang besar membuat penggunannya membawa banyak barang berukuran besar di motor yang berakibat kelebihan beban yang secara otomatis membuat konsumsi bahan bakar meningkat.

8. RPM (Rotation Per Minute)

Alasan ini untuk membandingkan penggunaan bensin di motor matic dengan motor manual. Indikator kecepatan mesin, RPM, pada motor matic memiliki pergerakan yang tidak stabil sehingga bahan bakar tersedot lebih cepat. Sementara itu, motor manual dilengkapi gigi yang bisa membuat pergerakan RPM menjadi stabil, dimana hasilnya membuat konsumsi bensin lebih irit.

9. Usia Motor Matic

motor matic boros
via motorbalap

Usia motor sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar pada motor matic. Biasanya, motor matic yang sudah tua memiliki performa mesin yang menurun, dimana pengaruhnya berlaku pula pada penggunaan bensin yang boros. Selain itu, motor matic keluaran lama pun puasanya tidak memiliki fitur yang membuat irit bensin.

10. Modifikasi dan Tune Up

Sebenarnya, motor matic keluaran terbaru dirancang khusus untuk efisien dan irit bensin. Namun, kondisi motor matic yang sudah tidak sesuai standar pabrik seperti modifikasi dan tune up akan merubah spesifikasi mesin sehingga mempengaruhi penggunaan bensin.

11. Stop and Go

motor matic boros
via dagelan

Saat Anda menggunakan motor matic di kondisi jalanan macet yang sering stop and go, hal ini akan membuat penggunaan bensin lebih boros karena jarak tempuh tidak sesuai dengan waktu dan durasa mesin menyala. Sebaliknya, menempuh perjalanan jarak jauh dalam kondisi jalanan lancar dan kecepatan stabil justru membuat pengguna bensin lebih irit.

Alasan tertentu membuat motor matic Anda menjadi lebih boros, termasuk cara penggunaan yang salah dan cara perawatan motor matic yang tidak sesuai. Untuk itu, selalu cek komponen motor matic Anda secara berkala, ganti oli sesuai anjuran dan gunakanlah bahan bakar oktan tinggi agar pengeluaran bensin lebih irit!

Artikel Terkait

Komentar