Diperbaharui pada Selasa, 11 Mei 2021 | 15:30

10 Peralatan Rumah Tangga Wajib untuk Pengantin Baru

perabot rumah tangga wajibFoto: Pixabay

Peralatan rumah tangga menjadi cukup penting ketika pasangan yang baru menikah memutuskan untuk membeli rumah. Tidak perlu mewah, asalkan semuanya sesuai dengan fungsinya.

Kehadiran peralatan rumah tangga yang penting ini akan dapat membantu memudahkan berbagai hal yang biasanya menjadi kebutuhan dasar pasangan yang baru saja menikah.

Apalagi kalau ada keluarga atau teman yang berkunjung ke rumah, pastinya kehadiran 10 peralatan rumah tangga ini sangat membantu sekali.

Peralatan Rumah Tangga Wajib untuk Keluarga

1. Televisi

Waktu menonton adalah saatnya keluarga, kerabat, dan sahabat berkumpul di rumah kita. Kehadiran Televisi atau TV akan sangat membantu untuk mencairkan suasana yang ramai atau canggung.

Seluruh anggota keluarga dan teman bisa menonton acara TV bersama dengan Anda dan pasangan di rumah baru, atau sekedar menyaksikan film yang bisa dinikmati oleh seluruh orang di dalam ruangan.

Baca juga: Rekomendasi Smart TV Terbaik

2. Home Theater

Rekomendasi peralatan rumah tangga selanjutnya adalah perangkat home theater yang umumnya punya fitur lengkap untuk menghibur semua anggota keluarga saat berkumpul. 

Pilih perangkat home theater yang dilengkapi teknologi Nano HiFi Speaker, yang mampu mengeluarkan suara berkualitas premium. Pastikan juga perangkat tersebut kompatibel dengan file DVD, SVCD, VCD, MP4, MP3, CD AUDIO, dan JPEG.

Bila rumah Anda tidak terlalu besar dan kehadiran perangkat home theater akan membuat sempit ruangan, maka Anda dapat memilih opsi untuk membeli soundbar yang biasanya lebih ringkas.

3. Kulkas

Kulkas menjadi salah satu peralatan rumah tangga penting untuk menyimpan makanan dan minuman untuk stok beberapa hari ke depan, terlebih lagi saat keluarga atau teman berkunjung ke rumah.

Bila jumlah orang yang sering berkunjung banyak, pertimbangkan untuk memiliki kulkas 2 pintu berkapasitas besar, namun dengan penggunaan daya yang irit. Pastikan juga kulkas dilengkapi material Tempered Glass Tray untuk menyimpan bahan makanan.

4. Vacuum Cleaner

Saat menyambut tamu, sudah pasti rumah Anda harus dalam keadaan bersih dan bebas debu. Cara paling praktis membersihkan rumah dari debu dan kotoran adalah menggunakan vacuum cleaner yang pada dasarnya lebih aman terhadap pernafasan ketimbang menyapu secara konvensional yang bisa menimbulkan partikel debu.

Jangkauan yang luas menjadi penting untuk perabit rumah tangga ini, jadi pastikan memilih vacuum cleaner dengan panjang kabel minimal 5 meter, dan menggunakan konsumsi daya yang sedikit. Vacuum cleaner akan membantu membuat semua ruangan di rumah Anda kembali higienis!

5. Mesin Cuci

 

Tidak hanya ruangan di rumah yang bersih, tentunya semua pakaian keluarga Anda juga harus dalam kondisi bersih setiap saat. Untuk memudahkan Anda saat mencuci pakaian, Anda bisa menggunakan mesin cuci.

Pilih mesin cuci yang dilengkapi dengan fitur Turbo Drum untuk membantu Anda mencuci pakaian dengan bersih. Pastikan juga kapasitasnya sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Umumnya kapasitas 8 kg sudah cukup.

Seain itu, Anda juga harus menentukan akan membeli mesin cuci jenis apa, mesin cuci 2 tabung, atau mesin cuci 1 tabung, karena hal ini berkaitan dengan budget dan perencanaan keluarga.

6. Setrika

Setelah pakaian Anda dicuci bersih, selanjutnya tentu saja harus disetrika agar rapi sebelum dipakai. Untuk Anda yang mencari peralatan rumah tangga baru berupa setrika, Anda bisa memilih setrika yang berbahan dasar metal teflon.

Bahan metal teflon ini memiliki fungsi utama untuk mendistribusikan panas agar lebih merata. Ini akan membuat proses menyetrika menjadi lebih cepat dan tidak lengket di baju.

7. Blender

Selain kue kering, Anda juga bisa menyajikan aneka hidangan minuman segar saat menyambut tamu. Dengan bantuan blender, Anda tidak hanya bisa membuat aneka minuman seperti juice dengan praktis.

Selain itu, blender juga bisa juga dipakai untuk membuat dan menghaluskan bumbu kering dan bumbu basah. Kegiatan masak memasak di rumah akan lebih menyenangkan.

Baca juga: Rekomendasi Blender Terbaik

8. Mesin Kopi / Coffee Maker

Hidangan minuman lain yang bisa Anda sajikan adalah kopi. Membuat kopi paling mudah dengan menggunakan mesin kopi atau coffee maker, karena selain rasanya jadi lebih nikmat, juga tidak banyak memakan waktu Anda.

Jenis dan ukuran mesin pembuat kopi sangat beragam, jadi pastikan Anda membeli yang sesuai dengan kebutuhan saja ya. Selain itu, harganya juga cukup mahal, jadi perlu pertimbangan tentang seberapa sering akan digunakan.

9. Mixer

Jika Anda ingin membuat kue kering sendiri di rumah, peralatan pertama yang wajib Anda miliki adalah mixer. Peralatan rumah tangga ini sangat cocok untuk istri yang gemar membuat kue di rumah.

Untuk produk mixer, pilih yang dilengkapi dengan 5 fungsi kecepatan dan mangkuk yang bisa berputar secara otomatis sehingga mempercepat pengolahan adonan kue.

10. Microwave

Makanan yang biasanya dimasak pada malam hari, harus tetap hangat. Nah pastikan Anda memiliki microwave untuk menghangatkannya ketika kerabat dan teman berkunjung ke rumah.

Pilih microwave dengan fitur 5 tingkat pemanasan untuk menghangatkan makanan. Selain itu, pastikan juga untuk memilih microwave low watt, agar tagihan listrik tidak membengkak.

Demikian rekomendasi 10 peralatan rumah tangga wajib yang perlu Anda miliki di rumah, kesepuluhnya akan sangat bermanfaat sekali ketika banyak orang berkunjung ke rumah.

Selain itu, segala kegiatan di rumah juga dapat dilakukan dengan lebih ringan dan menyenangkan. AKhir kata, selamat menempuh hidup baru!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.