Daya Magis IIMS 2017, Tidak Hanya Mobil Baru dan SPG Cantik

Oleh Adam Rizal updated Rabu, 3 Mei 2017 | 12:21

PT. Dyandra Promosindo mengangkat tema The Essence of Motor Show pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Hal itu mendapatkan respon positif dari masyarakat, terlihat sebanyak 63.975 orang mengunjungi IIMS 2017 pada hari keempat.

"Ini merupakan rekor pengunjung harian terbanyak selama tiga tahun terakhir kami mengadakan IIMS di JIExpo, Kemayoran. Kami bersyukur atas pencapaian ini dan menjadi salah satu bukti semakin diterimanya konsep The Essence of Motor Show oleh masyarakat luas," kata Hendra Noor Saleh (Direktur PT Dyandra Promosindo) dalam siaran persnya, Senin.

Dengan jumlah tersebut, total pengunjung IIMS 2017 hingga hari ke-4 telah mencapai 175.608 pengunjung. Sebagai informasi, pada pelaksanaan IIMS 2015, rekor pengunjung harian terbesar mencapai 50.737 orang dan rekor pengunjung IIMS 2016 harian terbesar 60.348 orang.

"Insya Allah target pengunjung hingga 450.000 sepanjang IIMS 2017 ini dapat tercapai. Kami optimis jika melihat perkembangan hingga hari ini, mengingat IIMS 2017 masih akan berlangsung hingga 7 Mei 2017," katanya.

Ajang IIMS 2017 membebankan tiket masuk hanya Rp 40.000 (weekdays) dan Rp 60.000 (weekend dan hari libur). IIMS 2017 tak hanya memamerkan model-model mobil dan sepeda motor terbaru namun juga menampilkan berbagai acara yang menyuguhkan esensi dari nilai-nilai budaya otomotif.

Ternyata, daya tarik IIMS 2017 tidak hanya pameran mobil dan sales promotion girl (SPG) cantiknya saja!. Ada juga daya tarik lainnya. Apa saja sih daya tarik IIMS 2017?.

Coba Langsung

Image By: PT. Dyandra Promosindo

Para pengunjung berkesempatan mencoba langsung mobil-mobil dan sepeda motor tersebut. Caranya, Anda cukup menyambangi lokasi Auto Bild Test Drive dan Motor Plus Test Ride di Outdoor Area karena sudah ada puluhan mobil dan sepeda motor terbaru yang siap coba.

Hampir semua merek mobil dan sepeda motor peserta IIMS 2017 menyediakan unit test drive terbaru yang dapat dicoba calon konsumennya. Ada lebih dari 40 unit mobil dan 20 sepeda motor dapat dicoba oleh pengunjung IIMS 2017. Salah satu syarat utama untuk mencoba mobil atau sepeda motor di sini adalah memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.

"Ini adalah saat yang paling tepat untuk mengetahui langsung keunggulan mobil yang ingin dipinang. Apalagi, area pengujiannya cukup luas dan memiliki beberapa rintangan seperti polisi tidur untuk mengetahui kemampuan mobil menghadapi kondisi jalan yang tidak mulus," ucapnya.

Suzuki Ignis, produk terbaru dari PT Suzuki Indomobil Sales ini, menjadi salah satu mobil favorit pengunjung untuk dicoba. Tercatat sudah ada 211 orang yang mencoba mobil ini.

"Modelnya modern membuat saya tertarik. Saya setiap tahun datang ke IIMS juga karena ada tempat test drive-nya, jadi bisa langsung coba mobilnya," ujar Iwan Kusnandar salah satu pengunjung asal Sumedang yang mencoba Suzuki Ignis.

Selain itu, Aldi pengunjung IIMS 2017 asal Jakarta mengungkapkan bahwa Test Drive ini membuatnya lebih mudah memutuskan mobil mana yang akan dibeli setelah mencoba masing-masing mobil.

"Sebelumnya saya memiliki dua pilihan mobil hatchback kecil yang ingin saya beli untuk Istri saya, kebetulan di IIMS 2017 ini saya dapat kesempatan untuk mencoba langsung kedua-duanya, sehingga lebih mudah untuk memutuskan mana yang kenyamanannya lebih baik buat istri saya," ujarnya.

Image By: PT. Dyandra Promosindo

Hal serupa juga dapat ditemui di area Test Ride. Di sana, ada banyak pilihan sepeda motor yang dapat dicoba, mulai skutic hingga moge. Salah satu model motor favorit yang banyak dicoba pengunjung IIMS 2017 adalah Royal Einfield Classic 500.

"Sepeda motor lain tampilannya sudah umum, dan kayaknya sama saja dengan motor-motor lainnya. Tapi Royal Einfield ini menarik banget karena sosoknya klasik, jadi saya ingin tahu seperti apa rasanya," ujar Ilman (22 tahun) seorang mahasiswa yang mengunjung IIMS 2017.

Berburu Aksesoris

Image By: PT. Dyandra Promosindo

Salah satu area yang wajib dikunjungi adalah PAHAMI Village. Area yang dikelola oleh Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) ini sungguh istimewa. Terletak di Hall C3 JIExpo, ada 43 anggota PAHAMI berkumpul dalam satu area untuk menampilkan produk-produk terbaiknya.

PAHAMI berkomitmen untuk mendukung penuh gelaran IIMS 2017 dengan tampil all-out. Para anggota yang datang dari berbagai latar belakang, mulai dari produsen kaca film, sistem audio, jok kulit, dan aksesori-aksesori lain yang berhubungan dengan otomotif.

"PAHAMI Village ini adalah terobosan baru, jika sebelumnya kami terpencar-pencar saat ikut pameran, kini menjadi satu. Tujuan kami hanya untuk menjadikan semua pihak merasa nyaman," kata Irwan Kusuma (Sekjen PAHAMI).

Di area PAHAMI Village, tidak hanya stan-stan penjual aksesoris mobil tetapi juga ada PAHAMI Lounge yang berada di bagian tengah. Lounge itu menyediakan cafetaria, kids corner dan panggung musik, DJ dan berbagai games menarik.

PAHAMI Village juga memberikan program promosi menarik dan belanja berhadiah. Misalnya, pengunjung yang membeli aksesori di tiga stan anggota PAHAMI, maka akan mendapatkan mengikuti lucky draw yang berhadiah seharga jutaan. Hadiah menarik adalah paket sistem audio dari Venom yang bernilai Rp 5,5 juta dan ada paket kaca film dari Huper Optic senilai Rp 7 juta.

"Jadi mungkin saja Anda Cuma belanja 500 ribu atau 700 ribu, tapi bisa dapat hadiah sampai seharga jutaan," ujar Irwan.

Di stan sistem audio Pioneer menawarkan paket sistem audio lengkap seharga Rp4,122 juta yang sudah termasuk instalasi gratis dan kamera belakang. Sementara itu, di stan sistem keamanan mobil No Doubt menawarkan paket spesial IIMS 2017 yaitu paket No Doubt Smart Control Type-X dengan harga hanya Rp 3,2 juta selama IIMS 2017 berlangsung.

Kontes Mobil Klasik

Dalam ajang IIMS 2017 juga ada Fun City Rally yang bekerjasama dengan FK3O (Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif). Rally wisata yang mengeksplorasi beberapa sudut wisata kota Jakarta ini diikuti oleh 110 starter dari lebih 40 klub dan komunitas yang ada di bawah FK3O.

"Fun City Rally ini diselenggarakan untuk mempromosikan IIMS 2017 sekaligus mempererat tali silaturahmi antar anggota FK3O. Rute yang ditempuh tidak jauh, hanya sekitar 30 km, yang penting dapat memberikan kegembiraan bagi para peserta," ujar Harry Suryadi (Presiden FK3O).

Selain Fun City Rally, Outdoor Area IIMS 2017 juga berlangsung Retro Classics Contest & Show yang menampilkan berbagai mobil klasik dan retro mulai tahun 1960-an hingga 1980-an. Mobil-mobil klasik itu juga mengikuti kontes dengan beberapa kategori, yaitu Original, Restoration, Custom, Rally Look dan Racing Look.

Dari 48 mobil yang tampil, ada Volkswagen T-181 Kubelwagen 1976, Mercedes-Benz 200 W115 1974 USDM dan Daihatsu Taft F50 RV 1982 yang telah mendapatkan restorasi untuk ikut dalam kontes. Ada juga mobil mobil pemadam kebakaran Toyota Land Cruiser FJ45 dan FJ55 yang tampil orisinal.

Centre of Carnival

Image By: PT. Dyandra Promosindo

IIMS 2017 juga menampilkan Centre of Carnival yang menyuguhkan nuansa "Old Town" atau kota tua dan menjadi pusat keramaian para pengunjung IIMS 2017. Kehadiran kota tua itu untuk memperkuat konsep "Carnival" yang menjadi tema pendukung IIMS 2017 dan berlangsung mulai 27 April hingga 7 Mei 2017.

"Di Centre of Carnival, semua pengunjung dapat menikmati suasana pameran otomotif yang berbeda dari biasanya. Desain bangunan ala "Old Town" dapat menjadi latar belakang menarik untuk berfoto bersama," ucapnya.

Di sisi kanan-kiri Centre of Carnival, ada bangunan bergaya kota tua yang semakin indah saat malam hari berkat gemerlapnya lampu-lampu di sekitarnya. Di sebelah kiri, pengunjung bisa menemukan IIMS Lounge yang menampilkan delapan mobil koleksi Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) dan kembali menghadirkan replika asli Batmobile yang diboyong langsung dari museum film di Amerika Serikat.

Di ujung Centre of Carnival, ada panggung besar IIMS Centre Stage yang menjadi salah satu pusat kegiatan hiburan IIMS 2017 ini. Di panggung itu, akan diadakan berbagai hiburan menarik yang akan menemani para pengunjung IIMS 2017.

Image By: PT. Dyandra Promosindo

Salah satu yang menarik adalah Discount Day yang akan berlangsung pada tanggal 2-5 Mei 2017, IIMS Awards, Grand Final Miss Motorshow 2017 dan hiburan musik dari artis ternama.

Masih di area Centre of Carnival, ada kolaborasi tiga builder atau modifikator sepeda motor yaitu Street Arts Custom, Titasomi Custom dan Katros Garage yang akan membangun sebuah motor unik yang belum pernah ditampilkan dimanapun.

"Sepeda motor yang kami modif ini menggabungkan berbagai aliran dari masing-masing builder yaitu chopper, cafe racer dan scrambler. Berkat kolaborasi tiga builder, kami ingin saling berbagi pengalaman tentang membangun motor," kata Melvin Manuputty dari Titasomi Custom.

Baca juga artikel;

 

Artikel Lainnya

Komentar