Prosesor Desktop AMD Ryzen 7 Siap Diburu

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 6 Mar 2017 | 02:05

AMD telah merilis tiga model pertama dari prosesor desktop AMD Ryzen yang memiliki performa tinggi. Bahkan permintaan untuk CPU desktop Ryzen terbaru ini menorehkan rekor pre-order di lebih dari 180 etailers dan butik OEM global sepanjang minggu sebelum peluncuran.

Ryzen yang melewati empat tahun dan ribuan jam waktu untuk pengembangan kini telah tersedia di seluruh dunia, dan menjadi prosesor pertama berbasis mikroarsitektur AMD "Zen" yang benar-benar baru, menjadi yang terbaik dalam hal kinerja multi-core untuk para gamer PC, pencipta, dan penggemar hardware di seluruh dunia.

"Peluncuran Ryzen mewakili AMD yang kini berada pada masa terbaiknya, memberikan produk yang hebat dan inovasi untuk pasar komputasi kinerja tinggi," kata Lisa Su, president and CEO of AMD. " Dengan prosesor desktop Ryzen 7, AMD memberikan para gamer PC, prosumers dan penggemar kinerja tertinggi dan 8-core prosesor desktop PC berdaya paling rendah, membawa pengalaman PC terbaik untuk jutaan orang."

Saat ini terdapat tiga model Ryzen 7 8-core yang tersedia. Dimulai pada kuartal kedua, AMD mengharapkan untuk meluncurkan prosesor Ryzen 5 6-core dan 4-core yang diikuti oleh Ryzen 3 di akhir tahun ini, yang dirancang untuk membawa kinerja yang lebih untuk aplikasi mainstream. Semua prosesor Ryzen mendukung infrastruktur AM4 baru, dengan desain motherboard yang tersedia dari para ODM teratas.

Menurut  Jim Anderson, senior vice president and general manager, Computing and Graphics Group, AMD, prosesor Ryzen sendiri menggabungkan kecerdasan, teknologi performance-boosting yang memberikan solusi bagi para gamer PC, prosumers, dan penggemar dengan responsif yang luar biasa, kinerja yang sangat tinggi, dan pengalaman yang lebih mendalam, semua dalam paket yang sangat efisien. Dan dalam waktu dekat AMD akan membawa tambahan jajaran prosesor Ryzen ke pasar, dengan mengurutkan Ryzen 7 di segmen enthusiast, ke pengguna high end dengan Ryzen 5, dan kemudian pengguna mainstream dengan Ryzen 3. Portofolio CPU ini merupakan inovasi harga-ke-kinerja dan fitur atas-ke-bawah yang menarik seperti unlocked CPU multiplier dan AMD SenseMI Technology.

Ryzen 5 untuk Vendor

Di samping prosesor Ryzen 7, AMD juga mengumumkan spesifikasi produk untuk dua prosesor Ryzen 5, dan menampilkan seri flagship Ryzen 5 1600x mengalahkan seri flagship Intel Core i5 7600K dengan lebih dari 60% dalam pengujian multi-threaded CPU. Sebagai tambahan agar tersedia untuk para perakit DIY dan toko vendor PC, pada beberapa bulan ke depan konsumen akan dapat membeli sistem berbasis Ryzen dari vendor PC teratas.

Menurut Ray Wah, SVP, Consumer Product Group Dell, Dell berkomitmen untuk menawarkan teknologi mutakhir untuk memungkinkan game terbaik dan pengalaman mendalam. Dan mereka akan membawa kinerja tinggi prosesor baru Ryzen AMD pada produk desktop dan All-in-One dalam beberapa bulan mendatang. 

Lalu Mike Nash, chief technologist, vice president of customer experience and portfolio strategy, HP Inc, memercayai bahwa ada satu set pelanggan yang akan mendapatkan keuntungan dari teknologi AMD baru dan HP sangat tertarik untuk menawarkan perangkat pelanggan yang didukung oleh Ryzen. Sedangkan Johnson Jia, senior vice president, Lenovo's PCs and Smart Device Business Group, menyebut jika Lenovo sangat gembira untuk mengambil kemitraan ke tingkat berikutnya dengan prosesor Ryzen baru yang revolusioner.

Multiplier Unlocked

Selama acara di depan pers global, analis industri, dan mitra pada pekan lalu, CPU Ryzen telah memecahkan rekor dunia. Ahli overclocking ASUS Jon "Elmor" Sandstrom, veteran overclocker Petri "SF3D" Korhonen dan tim OC AMD Ryzen berhasil melakukan overclocking AMD Ryzen 7 1800X CPU ini dengan kecepatan melebihi 5.35GHz dengan menorehkan rekor dunia kinerja dalam kategori CPU 8-core. Ryzen CPU yang didinginkan dengan Liquid nitrogen-cooled mampu menyelesaikan tes Cinebench R15 dan R11.5 dengan skor 2454 dan 27,40.

Telah tersedia secara bebas Ryzen Guru Software utility memberikan kontrol yang luas untuk pengaturan CPU yang memungkinkan pengguna untuk memeras setiap MHz kinerja dari CPU mereka. Prosesor AMD Ryzen tersedia di retailer yang ditunjuk.

Baca juga artikel:
CES 2017 AMD Pamer PC dan Motherboard AM4 untuk Ryzen
HP 15-BA004AX, Notebook Gaming Entry Level Dipasarkan dengan AMD Bristol Ridge
AMD APU Bristol Ridge AM4 Dirilis, Lebih Cepat dan Lebih Hemat Daya

Artikel Lainnya

Komentar