Diperbaharui pada Senin, 26 Maret 2018 | 12:53

Beda Tipe Honda Jazz RS dan Standar 2017 serta Harganya di 2018


Honda Jazz adalah salah satu model legendaris Honda di Indonesia bahkan di dunia. Type Honda Jazz hadir di 150 negara. Untuk pasar Jepang dan Amerika Serikat (AS), nama Honda Jazz sendiri bernama Honda Fit.

Di Indonesia, Honda Jazz menjadi andalan Honda di pasar mobil hatchback terbaik yang banyak digandrungi kawula muda. Honda Jazz yang hadir di Indonesia pada 2004 akan meladeni persaingan Toyota Yaris, Suzuki Swift, Kia Picanto.

Sebelum ada Jazz, belum ada pabrikan mobil lainnya yang mengusung konsep city car berbodi besar, mengingat mobil sedan menjadi pilihan utama masyarakat di Indonesia saat itu. Namun, perjudian Honda memasukan Honda Jazz pun berbuah hasil dan Honda Jazz berhasil memimpin pasar mobil hatchback di Indonesia hingga akhir 2012.

Model All-New Honda Jazz membukukan penjualan total tahunan sebesar 18.110 unit dengan penjualan bulanan sebesar 773 unit pada Desember 2016 silam. Kini, Honda menjual Jazz dalam dua tipe yaitu Honda Jazz RS 2017 dan Honda Jazz Standar.

Tidak ada Lagi Honda Jazz Tipe S

Honda Jazz sangat populer di mata generasi anak muda, modelnya yang compact dan aerodinamis menawarkan kemudahan ketika melakukan manuver di jalan raya. Model-model hatchback juga menawarkan desain mobil yang sporty tanpa bagasi di bagian belakang layaknya sedan.

Tak hanya itu, All New Honda Jazz atau Honda Jazz memiliki desainnya yang keren dan menyemburkan tenaga yang berlimpah. Honda pun menghadirkan varian All New Honda Jazz Mugen yang menawarkan desain yang lebih macho dengan penambahan aero kit di sekujur bodinya.

Selain itu, para modifikator sangat menyukai dan menyulap model-model hatchback dengan berbagai macam modifikasi dan aksesoris. Tapi di tahun 2018, Honda tiak lagi menghadirkan Honda Jazz type S, melainkan tipe standar.

S sendiri tidak sama dengan Standar, bahkan penamaan standar sendiri diberikan oleh kami mengingat di situs Honda Indonesia, penamaan varian terbawah Jazz hanya diberi mana Honda Jazz baik untuk tipe manual ataupun CVT oleh Honda.

Perbedaan Honda Jazz RS dan Standar 2017

Ada sejumlah perbedaan antara Honda Jazz RS dan Standar. Perbedaan itu sendiri cukup mencolok mengingat Honda Jazz RS 2017 memiliki harga yang lebih mahal dari tipe standar. Apa saja perbedaannya? Berikut ini penjabarannya.

1. Beda lampu Honda Jazz RS dan Standar

Perbedaan honda Jazz RS dan Standar pada  Honda Jazz pertama terletak pada lampunya. Di mana untuk tipe RS sudah menggunakan lampu depan Full LED yang dilengkapi DRL. Sedangkan untuk Honda Jazz tipe standar masih menggunakan lampu berjenis halogen.

Keduanya sama-sama memiliki fog lamp yang akan sangat membantu penerangan ketika melewati jalan berkabut. Selain itu, Honda Jazz RS dilengkapi fitur Auto Leveling Headlight dan Tailgate Spoiler yang membuatnya semakin keren.

2. Beda Pelek Honda Jazz RS dan S

Ukuran velg Honda Jazz RS 2017 dan tipe standar juga berbeda. Di mana untuk tipe standar hanya memakai velg alloy wheel ring 15 dan untuk Jazz RS sudah memakai ring 16. Ukuran ban keduanya juga berbeda. Di mana untuk tipe standar berukuran 175 /65 R15 dan Jazz RS berukuran 185/55 R16.

3. Beda Sistem Audio Visual Honda Jazz RS dan Standar

Pada Honda Jazz RS 2017 terpasang layar sentuh ukuran 8 inci yang bisa terhubung ke perangkat lain seperti smartphone atau tablet melalui konektivitas Bluetooth dan HDMI. Sedangkan untuk tipe standar hanya menggunakan layar sentuh ukuran 6.2 inci.

Layar milih Honda Jazz RS sudah dilengkapi fitur Cruise Control dan Audio Steering Switch. Tidak ketinggalan juga fitur OnePush Ignition System, sehingga bisa dipastikan kalau fitur Honda Jazz RS lebih canggih dibandingkan versi standar.

4. Beda Desain Honda Jazz RS dan Standar

Dengan harga yang lebih mahal, Honda Jazz 2017 menghadirkan desain yang kebih sporty dibandingkan tipe standarnya. Di mana Honda Jazz RS dilengkapi bumper depan lebih sporty dan dilengkapi dynamic side skirt serta diffuser di bagian bumper belakang.

Selain itu, Honda Jazz RS 2017 juga masih dilengkapi Auto Leveling Headlight dan Tailgate Spoiler yang membuatnya terlihat makin sempurna.

5. Beda Dimensi Honda Jazz RS dan Standar

Perbedaan Honda Jazz RS dan Standar yang paling mencolok terletak pada dimensinya. Di mana untuk Honda Jazz RS memiliki tubuh yang lebih bongsor dibandingkan tipe standar. Untuk tipe standar memiliki panjang 3.955 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.524 mm.

Sementara dimensi dari Honda Jazz RS 2017 memiliki panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.524 mm. Ukurannya HondaJazz RS sedikit lebih panjang karena dilengkapi bumper depan sporty yang tidak dimiliki Jazz standar.

Harga Honda Jazz 2017

Harga Honda Jazz 2017 bisa dibilang cukup terjangkau untuk ukuran kelas hatchback entry level atau masih berada di bawah Rp300 Jutaan. Apalagi, Honda Indonesia pun telah merakit Honda Jazz 2017 di pabriknya yang terletak di Karawang, Jawa Barat sehingga itu akan menekan harga jualnya.

Jika Anda ingin menjual kembali, harga jual Honda Jazz pun lumayan stabil. Selain, Honda Indonesia sudah memiliki layanan purna jual atau diler yang merata di seluruh Indonesia. Untuk masalah harga, Honda sendiri membanderol Honda Jazz 2017 Standar senilai Rp234 juta untuk varian manual. Sementara Honda Jazz 2017 Standar CVT dibanderol Rp244 juta.

Untuk Honda Jazz RS 2017 manual dibanderol Rp264 juta, Sedangkan Honda Jazz 2017 RS CVT dibanderol Rp274 Juta. Lebih mahal memang, tapi tipe Honda Jazz RS 2017 menjanjikan fitur yang lebih lengkap dan mewah dari tipe standar.

Nama Harga di Pasaran
Honda Jazz A MT belum ada harga
Honda Jazz RS CVT Rp 207.000.000
Honda Jazz RS MT Rp 254.500.000
Honda Jazz S CVT belum ada harga
Honda Jazz S MT belum ada harga

Interior Honda Jazz RS dan Standar 2017

Seperti yang sudah disebutkan di bagian interior Honda Jazz RS terpasang sebuah layar sentuh ukuran 8 inci yang bisa dihubungkan ke smartphone atau pernagkat lainnya melalui konektivitas Bluetooth dan HDMI. Jazz RS sudah dilengkapi oleh fitur Cruise Control dan Audio Steering Switch, masih ada lagi fitur OnePush Ignition System pada Jazz RS, sehingga fiturnya lebih canggih dibandingkan versi standar

Fitur paling keren dari Jazz RS adalah keberadaan Paddle Shift, tapi fitur ini hanya tersedia pada tipe RS CVT saja. Sedangkan untuk Honda Jazz tipe standar hanya memiliki layar sentuh berukuran 6.2 inci. dan belum memiliki kemampuan seperti Jazz RS.

Honda Jazz 2017 juga memiliki desain interior berkualitas melalui penggunaan bahan material kelas atas. Desain dashboard dan kabin Honda Jazz 2017 didominasi dengan warna hitam elegan dengan struktur panel yang tertata sempurna.

Dashboard Honda Jazz 2017 mengusul panel instrumen seperti Cruise Control untuk Honda Jazz dan fitur Advance Audio-Video System Touchscreen, One Push Ignition System, serta Audio Steering Switch yang hadir untuk Honda Jazz RS. Uniknya, speedometer Honda Jazz 2017 memiliki speedometer dengan iluminasi atraktif dan ada fitur Eco-Assist untuk semua tipe. Fitur itu memberikan informasi secara real time terkait konsumsi BBM dengan pola indikator warna.

Setiap kursi Honda Jazz 2017 sudah mengusung sabuk pengaman dan teknologi ultra seat yang memiliki 3 model pelipatan kursi belakang mulai dari rata lantai, tall mode hingga kursi depan yang dapat menjadi tempat tidur.

Sementara itu bagasi Honda Jazz 2017 menganut model trunk capacity yang dapat memberikan kelegaan bagasi hingga 363 liter.

Desain Eksterior Honda Jazz 2017

Honda Jazz 2017 merupakan generasi Honda Jazz yang ketiga dan mengusung tagline "It's Cool, It's You". Nuansa keren atau "cool", langsung bisa terlihat dari sisi eksterior Honda Jazz 2017. Honda Jazz 2017 memiliki fascia depan yang lebih sporty dan lampu utama berbentuk sipit yang terletak di sisi kanan dan kiri.

Hebatnya, lampu utama Honda Jazz 2017 sudah mengadopsi teknologi LED dan desain gril depannya melengkung bermotif black doff single frame. Tidak hanya lampu utama, lampu kabutnya juga berteknologi LED dengan tambahan Position Lamp dan terbingkai dengan ring bercorak karbon.

Beralih ke desain samping, Honda Jazz 2017 memiliki lekukan garis body yang tajam selaras dengan desain kaca mobilnya dibuat menyempit ke belakang sehingga lebih aerodinamis. Beralih ke buritan, Honda Jazz 2017 menganut stop lamp LED rear combination mengikuti alur lekuk body dan sporty tailgate spoiler serta side under spoiler untuk tipe New Honda Jazz RS.

Honda Jazz 2017 juga mempunyai fitur canggih Auto Leveling Headlight yaitu teknologi pangatur ketinggian sorot lampu dan Green Glass untuk menangkal sinar UV yang masuk ke dalam mobil.

Beralih ke dimensi Honda Jazz 2017, secara kasat mata hatchback Honda Jazz 2017 menawarkan dimensi yang kompak. Untuk kisaran ukurannya sendiri, spesifikasi Honda Jazz 2017 memiliki panjang 3.995 mm untuk tipe standar dan 4.035 mm untuk tipe RS, sisanya sama yaitu lebar 1.694 mm, dan tinggi mobil yang berkisar pada 1.524 mm.

Jika melihat ukuran bodinya, Honda Jazz 2017 lebih cocok untuk kendaraan mobilitas sehari-hari bukan sebagai kendaraan multifungi. Untuk kenyamanan, Honda Jazz 2017 sudah mengusung suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam.

Pengendalian kemudi Honda Jazz 2017 sungguh sempurna berkat penerapan kemudi berteknologi Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS). Istimewanya lagi, semua tipe mendapatkan fitur yang sama.

Mesin dan Fitur Honda Jazz 2017

Mesin Honda Jazz 2017 mengusung mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dengan suplai bahan bakar PGM-FI yang menyemburkan performa mesin yang impresif dan bertenaga. Mesinnya sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 88 Kw (120 PS)/6.600 rpm dan juga torsi maksimal 14,8 kg.m (145Nm)4.800 rpm. Mesin Honda Jazz 2017 juga menerapkan teknologi Drive by Wire (DBW) yang menghasilkan kontrol buka-tutup throttle valve yang lebih presisi namun tetap irit bahan bakar.

Honda Jazz 2017 menawarkan dua transmisi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan berteknologi CVT dan Earth Dreams Technology. Teknologi itu sendiri menghasilkan perpindahan transmisi lebih halus dan performa mesin yang maksimal.

Setelah membahas performa mesin, kini kita membahas fitur Honda Jazz 2017. Pertama, fitur keselamatan. Honda Jazz 2017 menawarkan fitur keamanan yang lengkap seperti struktur rangka yang aman G-CON + ACE, Side Impact Beam, Pedestrian Protection, Dual SRS Front Airbags, Seatbelt Adjuster dan juga Seatbelt 3P ELR dengan Pretensioner with Load Limiter.

Kedua, fitur kenyamanan. Honda Jazz 2017 mengusung fitur multimedia Audio Singe Din yang tersedia pada Honda Jazz tipe A, fitur Audio Double DIN (New Jazz S dan New Jazz CVT), 6.1 inchi Touch Screen Display (New Jazz RS dan New Jazz RS CVT), Advanced 7 inchi Audio-Video System yang tersedia pada All-New Jazz RS CVT Limited Edition.

Semua tipe Honda Jazz memiliki MID LCD Display dan Auto Door Lock by Speed serta AC double blower. Terakhir fitur keamanan, Honda Jazz 2017 sudah mempunyai Key Type berjenis Wave Type atau Smart Key, Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System untuk semua tipe kecuali All New Jazz RS CVT Limited Edition.

Tertarik membeli Honda Jazz?

Telah kami sebutkan Perbedaan Honda Jazz RS dan Standar 2017 yang mungkin Anda dapat ketika membelinya. Kedua tipe Honda Jazz ini menawarkan sejumlah perbedaan dari segi desain. Yang jelas ada harga ada barang, harga Honda Jazz RS 2017 lebih mahal dari tipe standar, tapi menjanjikan fitur yang lebih lengkap dan desain yang lebih sporty. Jadi, Honda Jazz tipe apa yang mau dipilih?

Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts