Diperbaharui pada Selasa, 15 September 2020 | 13:21

16 Rekomendasi Smartwatch Terbaik di Tahun 2020

Oleh Restu Aji Siswanto

Smartwatch Terbaik
Selain sebagai penunjuk waktu, perangkat smartwatch juga memiliki banyak fitur-fitur dan fungsi pendukung lainnya seperti pemberi notifikasi ketika sedang tidak berada dalam kondisi memungkinkan untuk menggunakan hp.

Tidak hanya itu, fungsi smartwatch kini dijadikan sebagai alat pelacak kebugaran oleh kaum milenial. Mencari smartwatch dengan fitur terbaik juga tidak susah, karena pilihannya cukup banyak.

Ada berbagai macam produk smartwatch dari berbagai merk, dengan harga yang juga bervariasi. Tips sebelum membeli smartwatch, pastikan produk tersebut seusia dengan kebutuhan kamu, karena sayang kalau sampai ada fitur-fitur yang tidak terpakai.

Berikut ini daftar smartwatch terbaik yang kami rekomendasikan, sekaligus bisa jadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli.

Smartwatch Terbaik 2020

1. Apple Watch 5

Apple Watch Series 5Ada banyak alasan mengapa kamu perlu memiliki satu dari smartwatch terbaik 2020 ini. Apple Watch Series 5 dapat memantau detak jantung, dapat memberitahu jika suasana terlalu bising, dan masih banyak lagi.

Ada fitur always on retina yang memungkinkan mendeteksi mata secara otomatis. Apple juga menyematkan berbagai fitur canggihnya seperti elektrokardiogram yang bisa mendeteksi detak jantung.

Masih terdapat pula fitur lain seperti internasional SOS call. Fitur ini dapat kamu manfaatkan untuk melakukan panggilan darurat di 150 negara meskipun tidak tersambung dengan iPhone.

2. Samsung Galaxy Watch 3

samsung galaxy watch 3
Samsung Galaxy Watch 3 memiliki desain yang lebih ramping bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ketebalannya 14% lebih tipis dari pendahulunya, dengan berat yang 16% lebih ringan, dan memiliki diameter layar yang lebih besar, walau secara desain, bentuknya 8% lebih kecil.

Jenis layar yang digunakan pada Samsung Galaxy Watch 3 adalah AMOLED dengan resolusi 360 x 360 piksel. Smartwatch Samsung ini dibekali dengan chip Exynos 9110 dan memori RAM berkapasitas 1 GB, dengan dukungan memori internal 8 GB. Varian 41mm memiliki baterai 247 mAh, sementara varian 45mm dibekali baterai 340 mAh.

3. Suunto 9

Suunto 9Suunto 9 akan membantu aktivitas kamu berjalan dengan lancer dan lebih terkontrol. Fitur yang lengkap dengan kualitas yang sudah diakui secara global menjadi smartwatch terbaik yang tepat.

kamu bisa memperoleh informasi melalui jam tangan sehingga kegiatan beraktivitas pun akan lebih maksimal. Termasuk dalam melakukan pengukuran Langkah, hingga heart rate.

4. Garmin Forerunner 235

Garmin Forerunner 235Dengan masa hidup baterai yang tahan hingga 9 hari tentu kamu tidak perlu repot untuk mengisi ulang baterainya setiap hari. Garmin Forerunner 235 juga cukup bisa dikamulkan untuk aktivitas kamu.

Karena memiliki spesifikasi yang anti debu, tahan air, tahan keringan dan kaca anti pecah. Beberapa fitur tambahan lainnya, seperti kompas, GPS, monitor detak jantung, hingga monitor kadar oksigen dalam darah.

5. Samsung Gear S3

Samsung Gear S3Smartwatch Samsung Gear S3 yang memiliki dua varian, yaitu Samsung Gear S3 Classic dan Samsung Gear S3 Frontier. Berjalan dengan OS Tizen dengan desain bezel berputar yang sama besar.

Varian Samsung Gear S3 Classic lebih diarahkan untuk pengguna yang ingin memakai jam untuk bekerja. Varian smartwatch terbaik ini tidak memiliki konektivitas LTE, sehingga harus terkoneksi ke hp Samsung.

Sedangkan Gear S3 Frontier sedikit lebih kasar dengan konektivitas LTE. Keduanya punya rating IP68 untuk tahan debu dan air, serta menanam baterai 380mAh dan memiliki layar Super AMOLED berukuran 1,3 inci.

6. Samsung Galaxy Watch Active2

Samsung Galaxy Watch Active2Samsung Galaxy Watch Active2 hadir dalam diameter 40m dan 44mm dengan material alumunium dan baja tahan karat. Fitur My Style akan mengubah tampilan layar sesuai mood atau pakaian. 

Smartwatch terbaik ini juga sudah mendukung lebih dari 39 jenis olahraga serta penanaman sensor kesehatan baru yang dapat memonitor aktvitas harian dengan lebih cepat dan akurat. 

Untuk yang hobi lari tersedia fitur Running Coach yang diperbaharui dapat memantau laju lari secara real time. Tidak ketinggalan bezel berputar yang membantu kenyamanan navigasi.

7. Huawei Watch GT 2

Huawei Watch GT 2Huawei Watch GT 2 dirilis dalam dua varian lingkar diameter jam yaitu 42mm dan 46mm. Watch GT 2 memiliki bobot 41 gram dengan tampilan jernih berkat 3D glass pada layar AMOLED.

Fitur keren lainnya yang ditambahkan adalah teknologi Bluetooth yang mendukung mic dan speaker. Huawei Watch GT 2 juga bisa digunakan untuk menyimpan koleksi musik.

Bagi pengguna yang kerap menggunakan smartwatch untuk memonitor detak jantung, Watch GT 2 bisa digunakan untuk fungsi ini bukan hanya pada kondisi normal, namun juga ketika pengguna berada di kedalaman air.

8. Huawei Watch 2

Huawei Watch 2Huawei Watch 2 dirancang untuk pengguna yang ingin mendapatkan fungsi lebih dari jam tangan selain penunjuk waktu. Layarnya berukuran 1,2 inci dan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass.

Smartwatch berkualitas dari Huawei ini diperkuat dengan sistem operasi Android Wear 2.0 dan prosesor yang berkecepatan 1,1 GHz. Tahan terhadap debu dan tahan hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Huawei Watch 2 dilengkapi dengan sensor untuk mengukur detak jantung dan kecepatan angin. Tidak ketinggalan fitur GPS serta disediakan koneksi via WiFi.

9. Sony Smartwatch 3 SWR50

Sony Smartwatch 3 SWR50SmartWatch generasi ketiga dari Sony ini berbentuk kotak yang hadir dengan panel layar seluas 1,6 inci beresolusi 320x320 piksel. Sony juga telah menyiapkan wrist-band bermaterial stainless steel.

Dengan dukungan sertifikasi IP68, memungkinkan smartwatach Sony SmartWatch 3 SWR50 sanggup berada di ke dalaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit. Prosesor ARM Cortex-A7 dengan OS Android Wear.

Kinerja baterainya sanggup untuk menemani aktivitas stpenggunar hingga 2 hari ke depan. Kelebihan lainnya adalah memiliki koneksi lengkap dengan mengandopsi fitur Wi-fi, NFC, dan Bluetooth.

10. Motorola Moto 360 (2nd Generation)

Motorola Moto 360 (2nd Generation)Smartwatch Motorola Moto 360 (2nd Gen) dilengkapi baterai 400mAh. Performanya didukung prosesor Snapdragon 400 dengan keberadaan ruang penyimpanan internal sebesar 4GB dan memori RAM 512MB.

Smartwatch Motorola Moto 360 (2nd Gen) hadir dalam dua varian ukuran yaitu 42mm dan 46mm. Dimana varian 42mm memiliki layar berukuran 1.37 inci berjenis IPS. 

Desainnya disesuaikan dan penambahan lugs yang akan membuat swap lebih mudah. Sudah dilengkapi fitur pelacakan kebugaran serta mendapatkan sertifikasi IP67 yang tahan debu dan air.

11. Samsung Galaxy Watch 46mm

Samsung Galaxy Watch 46mmSamsung Galaxy Watch 46mm merupakan bentuk terbaru dari seri Samsung Galaxy S Watch. Desain bulat classic dengan balutan corning gorilla glass sebagai pelindung layar amoled yang dimilikinya. 

Tak sampai disitu, Samsung pun membekali Galaxy Watch 46mm ini dengan baterai jam tangan pintar kuat yang mampu bertahan hingga 4 hari. Untuk menambah ketahanan, setifikasi IP67 semakin menguatkan

smartwatch Samsung ini dari percikan air dan juga debu. Bahkan pengguna bisa menggunakan jam tangan pintar Samsung ini untuk aktifitas berenang meski hanya dalam waktu 15 menit.

12. Pebble Time Round

Pebble Time RoundSmartwatch Pebble Time Round menawarkan produk smartwatch bagus desain klasik dengan bentuk lingkaran atau bulat. Kelebihannya yaitu anti air dan memiliki diameter sebesar 20 mm.

Fitur-fitur yang didukung adalah fitur komunikasi, seperti phonebook, panggilan, sms, email, dan mms. Sedangkan untuk fitur kesehatan bisa mendeteksi jumlah kalori yang dibakar, jarak, langkah kaki saat berlari atau melakukan aktivitas lainnya.

Ditenagai prosesor Cortex M4 dengan kekuatan 100 MHz serta memiliki daya tahan baterai hingga 7 hari.

13. LG Watch Urbane W150

LG Watch Urbane W150Tampilan smartwatch LG Urban Watch W150 cukup sederhana, kasual, dan lebih terlihat seperti jam tangan kebanyakan. Menggunakan layar P-OLED berukuran 1,3 inci dengan bezel tipis hanya 2,2 mm.

LG juga menerapkan perpaduan material stainless steel dan wrist-band dari kulit. Bicara soal durabilitas, LG Watch Urban W150 memiliki IP67 yang diklaim memiliki proteksi yang tinggi terhadap air dan debu.

Berjalan dengan OS Android Wear, smartwatch ini akan otomatis tersinkronasi dengan semua hp Android Jelly Bean ke atas dan perangkat berbasis iOS 8.2. Prosessor Snapdragon 400 berkekuatan 1,2 GHz ini dengan fasilitas Wi-Fi.

14. Apple Watch Series 3 42mm GPS + Cellular

Apple Watch Series 3 42mm GPSDengan Apple Watch Series 3 42mm GPS + Cellular kini pengguna dapat berkomunikasi melalui smartwatch. Karena jam tangan pintar ini dilengkapi dengan teknologi eSIM yang membuat perangkat bekerja sebagaimana smartphone.

Termasuk penggunaan perintah suara SIRI sehingga pengguna bisa membalas semua pesan masuk ke smartwatch murah terbaik ini melalui suara dan biarkan SIRI yang menuliskannya.

Fitur lain yang ada di smartwatch terbaik ini adalah prosessor dual core, Wi-Fi (802.11b/g/n 2.4GHz) dan Bluetooth 4.2, GPS, GLONASS, Heart Rate Sensor, Altimeter, Accelerometer, dan Gyroscope.

15. Apple Watch Series 2

Apple Watch Series 2Smartwatch Apple Watch Series 2 akan memberi akses cepat ke notifkasi, memungkinkan pengguna smartwatch terbaik ini untuk memberi navigasi arah, dan bisa menjadi alat pelacak kebugaran.

Smartwatch Apple Watch Series 2 juga hadir dalam beberapa varian, yaitu ukuran 42mm (layar OLED Retina berukuran 1.5 inci serta varian 38mm . Keduanya menggunakan prosesor Apple S2 dan tahan air hingga 50m.

16. Garmin Forerunner 935

Garmin Forerunner 935Garmin Forerunner 935 bisa menjadi pilihan tepat untuk pengguna yang gemar berolahraga. Teknologi baterai yang dihadirkan pada smartwatch terbaik Forerunner 935 mampu mencapai 2 minggu pada mode jam tangan.

Pengguna bisa menganalisa teknik yang sedang pengguna latih serta menggunakan pengukuran biomechanical. Perangkat ini juga menawarkan kemudahan koneksi dengan smartphone untuk beragam kebutuhan.

Like us!

Komentar