6 Kamera Terbaik Tahun 2016 dengan Peningkatan Sensor dan Ultra Zoom

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 20 Jan 2017 | 16:29

Dari puluhan kamera yang diluncurkan tahun 2016, enam kamera ini adalah yang terbaik dikelasnya masing-masing. Harganya mulai dari Rp5 juta hingga Rp54 jutaan.

Saat ini dipasaran ada banyak berbagai kamera digital mulai dari kelas kamera saku, mirrorless hingga kamera DSLR, dengan spesifikasi dan fitur terbaik dikelasnya. Bahkan di tahun 2016 lalu, banyak kamera digital baru yang hadir dengan sensor baru hingga fitur ultra –zoom. Beberapa kamera juga dilengkapi fitur rekam video 4K.

Tentu kamu ingin mendapatkan kamera yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan harga. Untuk itu, sebelum membeli kamu harus mengetahui fitur dan spesifikasi dari kamera yang kamu butuhkan.

Berikut ini, Pricebook coba sajikan jajaran kamera digital terbaik 2016 yang layak kamu beli di tahun 2017 versi laman Expertreviews

1. Canon G7 X Mark II

Canon G7 X Mark II merupakan versi update G7 X, yang juga masuk nominasi kamera terbaik tahun 2015 lalu. Desainnya tidak tidak banyak berubah. Bedanya, Canon menghadirkan sensor dan lensa baru yang membuat foto lebih tajam.

Canon G7 X Mark II bahkan hadir dengan lensa kualitas SLR di sebuah kamera saku portable. Dibagian bodi belakang, terdapat layar LCD yang bisa diputar untuk memudahkan sudut pandang untuk obyek yang sulit dilihat. Layar ini bahkan sudah disokong fitur touchscreen. Alhasil pengaturan kamera bisa dilakukan dengan mudah.

Meski mengusung desain ramping, Canon menghadirkan prosesor baru yang diklaim lebih cepat untuk merekam dan memotret. Tentu ini menarik, pasalnya spesifikasi kamera ini biasanya hadir pada kamera berharga mahal. Kamera ini dibekali pula sensor 20 MP CMOS. Lensanya disokong pula fitur 4.2X Zoom yang cukup memotret objek jarak jauh dengan detail. Dengan paket lengkap ini, kamera ini layak menjadi yang terbaik di tahun 2016.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 20.2 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 2000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 6400
Resolusi Video 640 x 480 Pixel
Optical Zoom x 4.2
Digital Zoom x 4

2. Canon EOS 5D Mark IV

Salah satu DSLR premium terbaik yang layak kamu beli di tahun 2017. Canon EOS 5D Mark IV membawa sejumlah inovasi dan teknologi baru, semisal kemampuan merekam video 4K yang hingga sistem autufocus baru.

Canon EOS 5D Mark IV dibekali sensor autofocus 61 point. Terdapat juga sensor full frame 30,4 MP dan kemampuan continuous shooting 7fps, semua meningkat dibanding model sebelumnya. Ada pula prosesor DIGIC 6+ yang membuat kamera bisa memotret foto dengan detail meski dalam kondisi minim cahaya. Tidak lupa terpasang ISO 100 – 32000.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 3200
Frame Rate -
Lens Mount Canon EF Mount

3. Fujifilm X-T2

Fujifilm menghadirkan kamera berkualitas dalam seri Fujifilm X-T2. Peningkatan termasuk kualitas video rekaman dan lensa. Menariknya, kamera digital terbaik 2016 ini masih mengusung desain lama yang nyaman di tangan. Fujifilm X-T2 membawa resolusi 24 MP yang dapat menangkap objek lebih detail serta kualitas gambar jernih dan tajam. Kamera ini bahkan bisa merekam video kualitas full HD pada 60 fps.

Untuk fitur autofocus, kamera Fujifilm terbaru ini dibekali teknologi Hybrid AF yang responsive dan akurat. Kamera ini juga bisa membidik banyak foto sekaligus yakni 8 kali berturut-turut dengan kecepatan 3 foto per detik.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 14, 8, 5 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount

4. Sony RX100 V

Kamera terbaru Sony RX 100 V ini hadir dengan sejumlah fitur premium untuk sebuah kamera saku. Hal ini membuat merekam video dan memotret foto tampak lebih jelas dan jernih. Sony bahkan menghadirkan teknologi tercepat dikelasnya. Untuk desain, kamera ini hadir dengan desain khas kamera pocket yang mungil. Dibagian belakang, Sony memasang pula layar 3 inci untuk viewfinder.

Sony memasang fitur yang mampu mengambil  23 gambar per detik, menyimpan lebih dari 170 foto JPEG atau 72 foto RAW sebelum kamera ini melambat performanya. Tidak hanya cepat, kamera ini juga mampu menghasilkan gambar jelas berbekal lensa 24-70 mm dan resolusi 20 MP BSI CMOS. Yang menarik, kamera Sony terbaru ini mampu merekam video 4K dengan lebih jelas dan detail meski di kondisi minim cahaya.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 20 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 2000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 12800
Resolusi Video 3840 x 2160 Pixel
Optical Zoom x 2.9
Digital Zoom x 3.8

5. Fujifilm X-T10

Hadir dengan desain retro berbodi metal, kamera Fujifilm X Series ini cukup solid digunakan harian maupun professional. Desain ergonomis ini membuat sistem kontrol kamera sangat Dibagian belakang, terdapat pula layar 3 inci yang digunakan untuk viewfinder dan melihat hasil foto.

Fujifilm menghadirkan sensor CMOS 16,3 MP yang membuat kamera bisa merekam dan memotret dengan jelas. Namun, sepertinya kamera ini memang dipersiapkan untuk menghasilkan gambar berkualitas dibandingkan untuk merekam video. Fujifilm X-T10 ini dibekali ISO 100 – 6400 hingga maksimal 12600. Ini membuat kamera bisa mengambil gambar dengan jelas meski minim cahaya.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 16.3 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 6400
Resolusi Video 1920 x 1080 Pixel
Optical Zoom -
Digital Zoom -

Source and images via ExpertReviews.co.uk

Baca juga artikel:
3 Kamera Digital Fujifilm yang Akan Dipasarkan Februari 2017
Inilah Kamera Digital Leica M10 Terbaru Yang Paling Tipis
Hape Kodak Ektra, Memadukan Konsep Kamera dan Mobile

Artikel Terkait

Komentar