Diperbaharui pada Rabu, 28 April 2021 | 12:44

Ciri-ciri Mobil Bekas Berkualitas Bisa DIlihat Disini!

Cara Memastikan Mobil Bekas berkualitas

Bagi pelanggan yang memiliki dana terbatas tetapi ingin mempunyai mobil bisa membeli mobil bekas. Meskipun bekas, mengemudi mobil bekas pun tidak akan mengurangi mobil Anda, mengingat orang tidak akan peduli dengan tahun keluaran mobil.

Saat ini merek mobil bekas yang paling laku dan favorit adalah Toyota dan Honda di pusat penjualan mobil bekas di kawasan WTC Mangga Dua, Jakarta. Di tempat itu, Anda akan melihat banyak mobil bekas Toyota dan Honda yang terparkir siap Anda beli.

Namun, masyarakat juga mengincar mobil murah berkapasitas penumpang banyak seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang memiliki daya saing yang kuat untuk para penjual mobil bekas.

Tips Beli Mobil Bekas

Jika berminat membeli mobil bekas konsumen harus memperhatikan riwayat servis dan kondisi mobil tersebut, apakah masih baik atau tidak karena bisa saja terjadi mobil bekas tersebut dijual lantaran sehabis mengalami kecelakaan.

"Jika mampu teliti, Anda bisa saja mendapatkan mobil yang masih memiliki kondisi baik. Calon pembeli harus lebih teliti dalam memperhatikan kondisi mobil agar tidak tertipu sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

1. Tempat Pembelian Mobil Bekas

tempat terbaik beli mobil bekas

Carilah tempat pembelian mobil bekas yang terpercaya. Saat ini, ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawaran.

Namun untuk mendapatkan dan membeli mobil bekas, Anda juga bisa membeli langsung dari orang yang sedang ingin menjualnya secara langsung.

Membeli mobil bekas ke showroom memang mendapatkan banyak pilihan tetapi biaya yang dikeluarkan juga lebih besar.

2. Periksa Bodi Mobil

cara memeriksa bodi mobil bekas

Perhatikan mobil bekas yang akan Anda beli, apakah pernah mengalami tabrakan dan apakah warna mobil yang pernah mengalami kecelakaan sudah diperbaiki dan berbeda dengan warna orisinil.

Periksa juga, apakah ada bekas jamur yang muncul karena bekas terendam air. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut sudah tidak terang lagi malah tidak menyala.

3. Periksa Kondisi Mesin

cara memeriksa mesin mobil bekas

Pastikan kondisi mesin dalam keadaan bersih seperti tidak berkarat. Jangan membeli mobil bekas dengan keadaan mesin sudah bocor dan aliran olinya sudah tidak beraturan. Jika keadaan mesin sudah tidak baik maka akan menambah biaya perbaikan.

4. Kelengkapan Surat Mobil

surat mobil bekas

Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli karena surat-surat kendaraan adalah hal wajib. Tak boleh terlewati, perhatikan dengan teliti soal keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, lantaran saat ini tak sedikit beredar surat palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

Jika sudah terbukti asli, maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama serta administrasi lainnya.

5. Lakukan Test Drive

test drive

Untuk lebih yakin, maka Anda sebagai calon pembeli harus melakukan test drive. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui langsung kondisi performa mesin maupun pengendaliannya. Dan beberapa komponen aksesoris di interior, seperti AC, dashboard, kualitas jok, tombol wiper, lampu sein, serta fasilitas audio.

6. Cek Eksterior

cara cek eksterior mobil bekas

Coba tengok ke bagian bawah mobil, pastikan tidak ada bagian yang berkarat dan keropos. Lihat juga kondisi ban, apakah masih baik atau sudah dalam kondisi ban yang halus.

Jika sudah melakukan keenam hal di atas, tentunya Anda akan berhasil mendapatkan mobil bekas dalam kondisi yang baik. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.