Diperbaharui pada Selasa, 29 September 2020 | 14:45

Wow! Harga Plat Nomor Cantik Seharga Yamaha R15

Image via rivaekaputra.com

Memiliki kendaraan bermotor dengan plat nomor yang berbeda dan unik bisa menjadi kebanggaan dari ciri khas tersendiri. Tidak jarang setiap anda melihat kendaraan mewah yang ada di jalanan, biasanya menggunakan plat nomor yang terbilang unik serta beda dari pada yang lain.

Sayangnya, Anda harus merogoh kocek yang dalam untuk memiliki plat nomor yang cantik.  

Pemerintah pun telah memberlakukan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lingkungan Polri. Peraturan menggantikan PP Nomor 50 Tahun 2010 dan menetapkan tarif baru pengurusan beberapa dokumen kendaraan bermotor.

Dalam PP Nomor 60 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan beberapa kenaikan biaya mulai dari Pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), BPKB dan Nomor Register Kendaraan Bermotor (NRKB) atau lebih dikenal dengan nama pelat nomor cantik (nocan).

Harga Plat Nomor Cantik

plat nomor cantik

Awalnya, pembuatan pelat nomor cantik tidak dikenakan biaya, kini tarif pembuatannya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 20 juta. Pemberlakuan kebijakan penerapan biaya pada pelat nomor cantik itu berlaku untuk nomor satu digit hingga empat digit.

Jika si pemilik tidak memperpanjang pelat nomor cantiknya sehabis masa berlakunya, maka nomor tersebut bisa dimiliki orang lain.

Berikut daftar tarif penerbitan pelat nomor cantik sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016:

NRKB pilihan 1 (satu) angka

1. Tidak ada huruf belakang (blank) Rp 20 juta

2. Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta

NRKB pilihan 2 (dua) angka

1. Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta

2. Ada huruf di belakang Rp 10 juta

NRKB pilihan 3 (tiga) angka

1. Tidak ada huruf di belakang angka Rp 10 juta

2. Ada huruf di belakang angka Ro 7,5 juta

NRKB pilihan 4 (empat) angka

1. Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta

2. Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta.

Bagaimana? Masih berminat memiliki plat nomor cantik atau yang biasa-biasa saja?

 
Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.