Diperbaharui pada Jumat, 6 Januari 2017 | 10:33

Tiga Perangkat yang Diperkenalkan Xiaomi di CES 2017

Selama ini, Xiaomi lebih dikenal sebagai vendor yang merilis hape berspesifikasi tinggi dengan bandrol harga yang terjangkau. Padahal selain hape Xiaomi yang telah mendapat tempat di hati konsumen, vendor asal Cina ini juga memiliki lini usaha di beberapa perangkat elektronik lain.

Xiaomi sendiri telah menjalankan model bisnis yang unik dengan tiga pilar perusahaan yang didasarkan pada hardware, layanan internet, dan ekosistem Mi. Mi ekosistem terdiri dari ratusan produk pintar, dengan 77 perusahaan diinkubasi oleh Xiaomi. Ada lebih dari 50 juta perangkat yang terhubung ke produk perusahaan, termasuk rice cooker, perangkat kebugaran wearable, sepeda lipat listrik, skuter, drone, robot pintar, dan banyak lagi.

Dan bertepatan di event CES 2017 ini, Xiaomi berusaha menunjukkan potensinya sebagai perusahaan elektronik konsumen dengan meluncurkan beberapa produk, termasuk televisi modular ‘sangat tipis’ yang disebut Mi TV 4, hape Xiaomi Mi Mix dalam varian warna putih dan router nirkabel baru yang disebut Mi Router HD.

Xiaomi Mi TV 4

Merupakan perangkat televisi Xiaomi paling tipis dengan ketebalan hanya berkisar 4,9 milimeter. Ketipisannya ini terkesan tidak terlihat bila dilihat dari sudut datar, bahkan  lebih tipis dari hape iPhone 7 yang memiliki ketebalan 7.1 mm. Xiaomi Mi TV 4 ini tidak memiliki frame dan "nyaris tanpa bezel", sehingga dapat menampilkan view yang lebih luas. Di bagian belakangnya, penutup bodi terbuat dari material logam dengan kaki penyangga yang dikemas transparan.

Dari sisi sistem operasi, Xiaomi menggunakan PatchWall UI, yaitu sebuah lapisan antarmuka yang dibangun untuk Android. Perangkat TV ini juga sudah menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memunculkan konten yang relevan kepada setiap pengguna, menawarkan beragam koneten multmedia seperti 44 juta film, 1,52 juta komentar, dan 600.000 review (setidaknya di Cina). Teknologi ini menggunakan jaringan adaptif yang terinspirasi oleh layout majalah modern.

Xiaomi Mi TV 4 adalah televisi modular, yang memisahkan layar dari perangkat speakernya. Dimana Xiaomi Mi TV 4 akan hadir dengan Mi TV Bar yang telah mengintegrasikan 10 speaker, 2 speaker satelit nirkabel, dan sebuah subwoofer. Suaranya semakin memukau berkat penggunaan teknologi audio dari Dolby Atmos yang menanjikan pengalaman sound 3 dimensi.

Xiaomi Mi TV 4 dipasarkan dalam tiga ukuran yaitu 49 inci, 55 inci, dan 65 inci. Untuk Mi TV 4 dalam ukuran 65 inci, Xiaomi memasarkannya dengan harga di bawah US$2000 yang meliputi sound bar set lengkap dengan teknologi audio Dolby Atmos. Lalu untuk varian lainnya yaitu Mi TV 4 dalam ukuran layar 49 inci dan 55 inci akan dibandrol seharga US$1500 yang di bundle dengan speaker standar.

Hape Xiaomi Mi Mix Putih

Image via CNET.com

Selain perangkat TV, Xiaomi juga mengumumkan kehadiran hape Xiaomi Mi Mix dalam varian warna putih. Hape Xiaomi Mi Mix sendiri pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober lalu. Hape Xiaomi Mi Mix disebut-sebut sebagai salah satu perangkat Android terbaik di pasar, yang saat ini hanya tersedia di Cina dan India. Hape Xiaomi berukuran layar 6,4 inci ini sebelumnya hanya tersedia dalam warna hitam, yang kini dihadirkan dalam varian warna putih.

Untuk spesifikasinya masih serupa seperti bentang layar 6,4 inci yang beresolusi 1080 x 2040p dan kerapatan 362 ppi. Sudah menyediakan sensor fingerprint yang diletakkan di bagian belakang. Performanya mengandalkan pada prosesor Qualcomm Snapdragon 821 yang akan disokong memori RAM 4GB atau 6GB dan penyimpanan internal 128GB atau 256GB.

Hape Xiaomi Mi Mix berjalan dengan OS Android 6.0 Marshmallow yang sudah support 4G LTE untuk akses internet lebih cepat. Kamera utama sudah beresolusi 16 megapiksel dengan fitur phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, aperture f/2.0 dan EIS (gyro). Sebagai sumber tenaga, hape Xiaomi Mi Mix menggunakan baterai yang berkapasitas besar mencapai 4.400 mAh. Hape Xiaomi premium ini juga telah mendukung Quick Charge 3.0 yang memungkinkan pengisian daya mencapai 83 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Xiaomi Mi Router HD

Untuk menjaga perangkat-perangkatnya tetap terhubung, Xiaomi telah menciptakan Mi Router HD. Router Xiaomi terbaru ini menggunakan material alumunium dan sudah berteknologi nirkabel canggih seperti Wi-Fi 2600 Mbps 802.11ac, 4 × 4 MU-MIMO. Untuk performa mengandalkan prosesor jaringan Qualcomm IPQ8064 serta sudah didukung hard drive sebesar 8TB.

Selain itu fitur-fitur lainnya mencakup antena 4 high-gain PCB yang bisa diandalkan untuk mempertahankan konektivitas di rumah atau kantor. Xiaomi Mi Router HD akan diluncurkan akhir kuartal ini di Cina dengan dua harga yaitu US$200 untuk hard drive 1TB dan di bawah US$500 untuk 8TB.

Baca juga artikel:
CES 2017 Hape LG K Series dan LG Stylo Resmi Diperkenalkan
CES 2017, ASUS Zenfone AR Diumumkan dengan RAM 8GB
CES 2017 ASUS Zenfone 3 Zoom Dirilis Andalkan Dual Kamera 2,3x Zoom
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.