Diperbaharui pada Selasa, 10 Januari 2017 | 15:33

Sony Rilis 4 Speaker Aktif Portabel BASS EXTRA

Sony Electronics telah mengumumkan perluasan dari speaker aktif berbasis bluetooth dalam seri BASS EXTRA. Mereka menyertakan empat speaker aktif nirkabel terbaru, dirancang untuk memungkinkan pengguna menikmati intensitas audio bass mendalam di berbagai lokasi. Speaker aktif Sony anyar memang menonjolkan elemen bass lebih kuat.

Dengan teknologi BASS EXTRA, suara bass sangat jelas terdengar dalam ukuran speaker aktif portabel berukuran kecil. Sangat cocok untuk beresonansi dengan beragam jenis musik seperti Pop, Hip-Hop dan genre musik populer lainnya. Keempat speaker aktif portabel Sony ini memiliki konektivitas NFC dan kompatibilitas Bluetooth.

Mengusung bentuk berukuran kecil, cukup ringkas dan memiliki baterai tahan lama. Sehingga memudahkan pengguna untuk membawanya kemanapun tanpa khawatir kehabisan daya. Dengan kombinasi sempurna antara gaya dan portabilitas, speaker aktif portabel Sony EXTRA BASS ini terlihat dan terdengar mumpuni baik saat di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Sony juga telah menerapkan sertifikasi IPX5 pada speaker mereka untuk melindungi terhadap cipratan air. Menawarkan desain dalam dua cara yang fleksibel, ditempatkan secara horizontal atau vertikal.

Speaker Aktif Portabel Sony SRS-XB40, SRS-XB30 dan SRS-XB20

SRS-XB40

Ketiga perangkat ini sebenarnya memiliki fitur dan spesifikasi serupa. Perbedaan ketiganya terletak pada ukurannya saja. Speaker aktif portabel Sony SRS-XB40 hadir dengan ukuran 4 x 11 inci (100 x 279mm).

Seri ini memiliki fitur efek pencahayaan LED perimeter garis cahaya, flash strobe dan cahaya speaker. Beberapa warna yang ditampilkan mencakup putih hingga warna pelangi. Sinkronisasi dengan beat irama, kekuatan dan kecepatan tampilan cahaya tersebut disesuaikan dengan suasana musik.

Model Sony SRS-XB30 hadir dalam ukuran 3 x 9 inci atau sekitar 82 x 228mm. Speaker aktif portabel Sony SRS-XB30 ini juga memiliki garis cahaya multicolor dan strobe flash. Sedangkan untuk seri SRS-XB20 memiliki ukuran 2,5 x 8 inci (68 x 198mm), hadir dengan satu warna cahaya.

Di luar ukuran, ketiga memiliki fitur serupa. Yang menarik, untuk menciptakan suasana layaknya pesta dengan cahaya kelap kelip, ketiga perangkat tersebut dapat dihubungkan satu sama lain secara nirkabel. Sehingga memungkinkan pengguna untuk menikmati tampilan penuh cahaya yang dipadukan suara besar.

SRS-XB30

Dengan mengombinasikan dua atau lebih perangkat dalam model yang sama bersama-sama juga memungkinkan untuk menikmati suara stereo. Mode stereo mengambil keuntungan dari dua saluran audio independen untuk menciptakan kesan suara yang terdengar dari berbagai arah, mirip dengan pendengaran alami.

Ketiga model speaker aktif portabel Sony ini juga dapat menggunakan aplikasi SongPal pada hape untuk memulai pemutaran musik, mengaktifkan atau menonaktifkan pencahayaan speaker, menambahkan speaker, dan banyak lagi. Sedangkan khusus SRS-XB40 sudah kompatibel dengan aplikasi Fiestable, dimana aplikasi ini memungkinkan pengguna melakukan kontrol layaknya seorang DJ (disk jockey) untuk penerangan dan warna.

SRS-XB20

Fitur menarik lainnya termasuk Voice Guidance, akan memberikan notifikasi untuk tingkat daya tahan baterai. Termasuk juga memungkinkan konektivitas multi-perangkat, berarti bahwa lebih dari satu hape dapat terhubung pada waktu yang sama. Ketiga speaker aktif portabel Sony ini dapat dikoneksikan ke 10 unit perangkat lain melalui Bluetooth. Sehingga memungkinkan pengguna dengan cepat beralih di antara sumber musik.

Sementara itu, model SRS-XB40 dan XB30 dapat digunakan sebagai pengisi daya untuk perangkat hape pengguna. Cukup dengan menghubungkan speaker aktif portabel tersebut melalui kabel USB, yang memungkinkan speaker dapat digunakan seperti baterai portabel saat baterai hape pengguna hampir habis. Sebagai tambahan, semua model ini pun dapat berfungsi sebagai speakerphone ketika dipasangkan dengan hape.

Speaker Aktif Portabel Sony SRS-XB10

Sony SRS-XB10 menjadi model yang paling kecil dengan ukuran sekitar 3,5 x 3 inci (91 x 75mm). Speaer aktif portabel Sony SRS-XB10 ini menawarkan suara BASS EXTRA, audio terdengar nyaring dan bass andal dalam bodi kecil. Tidak hanya itu, perangkat ini juga memiliki baterai yang tahan lama. Dengan daya tahan mencapai 16 jam untuk satu kali pengisian, memungkinkan pengguna memaksimalkannya selama seharian, bahkan hingga hari berikutnya.

Berkat ukuran mungil, speaker aktif portabel ini mudah untuk dibawa kemanapun tanpa membutuhkan ruang besar menyimpannya. Pengguna dapat menikmati musik di mana saja. Ada dua modus gaya yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik, sesuai dengan keinginan pengguna.

Dalam modus vertikal, suara omnidirectional tidak hanya dapat dinikmati oleh pengguna sendiri, tetapi juga teman-teman di sekitar. Sedangkan dalam modus horizontal, musik diarahkan langsung ke telinga pengguna untuk mendapatkan pengalaman musik lebih personal.

Adanya tali silikon untuk speaker kecil dapat membantu mengarahkan output suara. Tali yang sama juga dapat digunakan untuk menghubungkan speaker ke ransel atau tempat lain di mana saja. Sama seperti model Sony SRS-XB40, XB30, dan XB20, yang Sony SRS-XB10 terbaru ini juga memiliki desain IPX5 yang kedap air, sehingga akan memberikan ketenangan saat menggunakannya di daerah partai ataupun kolam renang.

Begitu pula dalam hal koneksi, dimana speaker aktif portabel Sony SRS-XB10 juga dapat dipasangkan dengan SRS-XB10 lain guna memberikan nuansa audio stereo untuk menciptakan ruang suara yang lebih luas dan kesan mendengar musik dari berbagai arah. Termasuk ketika dipasangkan dengan perangkat hape pengguna, SRS-XB10 dapat digunakan sebagai speakerphone.

Menurut informasi, keempat model speaker aktif portabel Sony SRS-XB40, SRS-XB30, SRS-XB20, dan SRS-XB10 ini akan tersedia pada musim semi 2017 dengan harga yang akan segera diumumkan.

Baca juga artikel:
Review: Speaker Simbadda CST903N, Fitur Lengkap Harga Mantap
Evercoss Winner T+ Compo, Ponsel Musik dengan Speaker Besar
Razer Leviathan Mini, Speaker Bluetooth Bersuara Super
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.