Diperbaharui pada Rabu, 21 Desember 2016 | 14:16

Kamera Mirrorless Sony α6500 Terbaru dengan Performa Menawan

Sony kembali memperkenalkan kamera mirrorless dengan sensor APS-C terbaru, yang hadir dalam model kamera mirrorless Sony α6500 (model ILCE-6500). Kamera mirrorless Sony teranyar ini memiliki sistem 4D FOCUS yang dapat mengunci fokus pada objek hanya dengan waktu 0,05 detik dan memiliki waktu akuisisi AF tercepat di dunia.

Sama seperti Sony α6300, Sony kamera mirrorless Sony α6500 memiliki 425 titik deteksi fasa AF yang diposisikan di seluruh area gambar yang merupakan jumlah titik AF tertinggi di dunia jika dibandingkan dengan kamera interchangeable lens lainnya.

Berikut beberapa teknologi yang diterapkan pada kamera mirrorless Sony α6500 ini.

Teknologi Fast Hybrid AF di Kamera Mirrorless Sony α6500

Kamera mirrorless Sony α6500 menggunakan sistem 4D FOCUS yang menggunakan sistem Fast Hybrid AF yang mengkombinasikan deteksi fasa AF berkecepatan tinggi dengan kontras AF sangat akurat yang dapat menangkap dan mengunci objek yang bergerak dengan kecepatan 0,05 detik. Kamera mirrorless Sony α6500 juga memiliki fitur 425 titik deteksi fasa AF dan Teknologi High-density Tracking AF, yang secara signifikan dapat meningkatkan performa untuk mendeteksi objek.

Berkat kemampuan internal processing LSI, toleransi buffer yang diberikan pada saat continuous shooting adalah sebanyak 307 frames3, dengan kamera mirrorless Sony α6500, pengguna dapat meningkatkan kemungkinan untuk mengabadikan momen yang diinginkan.

Kamera mirrorless Sony α6500 memiliki 425 titik deteksi fase AF, focus tracking dan fitur akurasi juga tersedia ketika tidak menggunakan lensa A-mount dengan adaptor LA-EA3 mount Sony. Fitur lain juga meliputi silent shooting, Eye AF pada mode AF-C, AF pada mode focus magnifier, Expand Flexible Spot AF dan masih banyak lagi.

Teknologi Stabilisasi Gambar 5-axis di Kamera Mirrorless Sony α6500

Salah satu perkembangan pada kamera mirrorless Sony α6500 paling menarik adalah implementasi stabilisasi gambar 5-axis untuk pertama kalinya pada kamera Sony dengan sensor APS-C. Melalui revisi pada rancangan internal kamera mirrorless Sony α6500, sistem stabilisasi yang baru dikembangkan ini dapat diintegrasikan pada kamera yang berukuran sama dengan kamera mirrorless Sony α6300. Sistem 5-axis inovatif ini memberikan keuntungan 5 steps shutter speed4, memastikan kekuatan sensor dapat digunakan secara penuh, bahkan pada saat kondisi pencahayaan yang kurang mendukung.

Kemampuan sistem untuk meredam goncangan dapat bekerja pada beberapa lensa, termasuk lensa E-mount tanpa stabilisasi OSS (Optical SteadyShot™) dan lensa A-mount ketika menggunakan mount adapter. Ketika lensa E-mount terpasang dengan OSS, gerakan maju mundur yang diberikan pada lensa dan juga putaran yang diberikan di badan kamera dapat menghasilkan stabilisasi optimal 5-axis.

Selanjutnya, dengan setengah sentuhan pada tombol shutter, efek dari stabilisasi gambar dapat dimonitor melalui viewfinder pada LCD screen, memungkinkan framing dan fokus dimonitor secara akurat. Hal ini dapat dilakukan bahkan ketika tidak menggunakan lensa built-in shake.

Teknologi Touchscreen Fokus di Kamera Mirrorless Sony α6500

Kamera mirrorless Sony α6500 dilengkapi fungsi touchscreen, memungkinkan pengguna untuk mengunci fokus pada objek hanya dengan menyentuh screen. Ini merupakan tambahan penting pada sistem AF yang mutakhir dan kemampuan pengambilan video.

Pertama pada kamera mirrorless Sony, α6500 telah dilengkapi dengan fitur touchpad. Ketika menggunakan viewfinder untuk framing untuk pengambilan gambar, LCD screen dapat digunakan sebagai touchpad. Hanya dengan menggerakkan jari di sepanjang layar untuk mengganti satu titik fokus ke area lainnya.

Performa Kamera Mirrorless Sony α6500

Kamera mirrorless Sony α6500 terbaru dilengkapi sensor Exmor CMOS APS-C berukuran 24.2 MP yang bekerja sama dengan prosesor BIONZ X dan LSI yang baru dikembangkan untuk memaksimalkan kekuatan prosesor dan mendapatkan rentang sensitivitas menakjubkan pada ISO 100-51200.

Sensor image menggunakan lapisan kabel tipis dan substrat photodiode besar untuk memaksimalkan efisiensi masuknya cahaya, dan juga kabel tembaga pada struktur untuk memaksimalkan kecepatan read-out. Perkembangan prosesor BIONZ X dan LSI memastikan kualitas gambar dan video yang superior bahkan pada saat menggunakan pengaturan ISO yang tinggi, terutama pada sensitivitas tinggi dimana kamera lain seringkali mengalami kesulitan. LSI juga meningkatkan buffer depth pada saat continuous shooting. 

Kamera Mirrorless Sony α6500 Dalam Merekam Video 4k

Kamera mirrorless Sony α6500 menjadi kamera berlensa interchangeable pertama Sony yang menawarkan rekaman film dengan kualitas 4K, dimana kamera dapat merekam video 4K (3840 x 2160p) dengan format 35mm. Ketika merekam melalui format ini, kamera mirrorless Sony α6500 menggunakan full pixel readout without pixel binning untuk mendapatkan informasi 6K – kurang lebih 2.4x piksel (setara 20MP) dari 4K UHD.

Kamera mirrorless Sony α6500 juga memiliki fokus yang sangat cepat saat merekam film berkat sistem Fast Hybrid AF, yang memungkinkan touch focusing untuk berpindah dan juga menawarkan transisi kecepatan AF yang dapat diatur dan sensitivitas AF tracking. Kamera mirrorless Sony α6500 mendukung XAVC S codec saat pengambilan video, yang merekam pada bit rate setinggi 100 Mbps saat merekam dengan 4K dan 50 Mbps saat merekam dengan Full HD.

Fitur profesional video antara lain adalah kemampuan merekam Full HD pada 100 fps di 100 Mbps. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat hasil rekaman dan meng-edit menjadi 4x video slow motion pada resolusi Full HD (25p) dengan AF tracking. Kamera mirrorless Sony α6500 menggabungan mode Slow and Quick (S&Q) untuk mendukung gerakan slow motion dan quick motion. Pada mode ini, frame rate dapat dipilih mulai dari 1 fps hingga 100 fps dengan 50x quick motion and 4x slow motion. Rekaman yang diambil pada mode ini dapat dilihat oleh pengguna tanpa melalui perangkat PC.

Kamera mirrorless Sony α6500 juga menawarkan fitur S-Log gamma untuk mengambil gambar wide dynamic range-kurang lebih 14-stop latitude pada pengaturan  S-Log3 gamma-dan mendukung fitur S-Gamut untuk pilihan warna yang lebih banyak. Kedua pilihan tersebut dapat meningkatkan kreativitas pengguna untuk meng-edit video.

Pengguna juga dapat memilih dan menyimpan foto dari rekaman film langsung dari kamera. Dengan kualitas gambar antara 8MP dan 2MP, gambar dapat dipilih dari mode 4K dan Full HD.

Operasional dan Realibilitas Kamera Mirrorless Sony α6500

Rancangan kamera mirrorless Sony α6500 telah disempurnakan dengan mempertahankan mobilitas dari seri α6000, diintegrasikan dengan fitur yang dimiliki seri Sony α7 II yang telah diakui. Kamera mirrorless Sony α6500 memiliki 2,4 juta dot XGA OLED Tru-Finder™ yang menawarkan visibilitas dari ujung-ke-ujung dengan resolusi tinggi yang telah dimiliki α6300.

Kamera mirrorless Sony α6500 memiliki hardware berbahan campuran magnesium dan shutter dengan durabilitas tinggi yang memiliki kemampuan perputaran kurang lebih 200.000 kali. Kamera mirrorless Sony α6500 juga memiliki beberapa fitur rancangan yang diambil dari seri α7 II seri full-frame, seperti dudukan lensa yang kuat, grip tersembunyi untuk menguatkan pegangan, tombol release yang besar, dan total 10 tombol kustom termasuk ‘C1’, ‘C2’ dan ‘C3’. kamera mirrorless Sony α6500 terbaru juga memiliki peningkatan pada cara pengoperasian mode dan pengaturan pada tombol, dan juga eyepiece cup yang lebih lembut untuk memaksimalkan kenyamanan penggunaan.

Pada software kamera mirrorless Sony α6500, terdapat interface pengguna yang telah diperbaharui untuk dapat memproses pencarian dan pengaturan menu dengan lebih mudah. Terdapat juga dua pengaturan mode terbaru – Highlight, dimana pengaturan cahaya fokus pada area yang paling terang pada frame, dan Entire Screen Avg, dimana pengaturan digunakan untuk semua gambar.

Kamera mirrorless Sony α6500 memiliki fitur koneksi Wi-Fi, QR dan NFC. Kamera mirrorless Sony ini juga kompatibel dengan aplikasi PlayMemories Mobile™ yang tersedia untuk platform Android™ dan iOS beserta PlayMemories Camera Apps™ Sony. Kamera mirrorless Sony α6500 juga memberikan akuisisi lokasi data melalui koneksi Bluetooth ke perangkat mobile dengan struktur menu yang telah diperbaharui.

Kamera mirrorless Sony α6500 dengan interchangeable lens akan tersedia di Indonesia mulai Desember 2016 dengan harga yang belum diumumkan.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30, 25, 24, 120, 60, 50, 28 fps
Lens Mount Sony E-Mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Deretan Hape yang Menggunakan Sensor Kamera Sony
Mengenal Teknologi Kamera Asus ZenFone 3 ZE552KL yang Buat Foto Jadi Bagus
Fujifilm X-A10 Dirilis Sebagai Kamera Mirrorless Murah Fitur Meriah

 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2434 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.