Diperbaharui pada Kamis, 8 Desember 2022 | 15:30

16 Kamera Digital Harga Mulai 2 Jutaan dengan Fitur NFC dan WiFi

kamera NFC

Kamera berfitur Near Field Communication (NFC) macamnya banyak di pasar. Berbagai pabrikan kamera mulai dari Canon, Sony, Samsung dan Panasonic berlomba menawarkan kamera dengan NFC dalam berbagai model dan harga.

NFC sendiri mulai populer ketika dipasangkan pada smartphone. NFC memungkinkan smartphone dapat terkoneksi dengan mudah dengan perangkat lain yang kompatibel dengan NFC atau dapat melakukan pekerjaan dengan NFC tag.

NFC tag adalah penghubung untuk memulai fitur dengan menggunakan NFC. NFC tag yang telah diprogram memungkinkan pengguna untuk mengendalikan berbagai fungsi pada ponsel mereka secara otomatis, hanya dengan satu kali tap.

Fungsi Fitur NFC di kamera

fungsi NFC

Biasanya selain NFC, ada juga fitur WiFi di dalamnya sebagai alternative lain untuk mengoneksikan kamera dengan smartphone atau perangkat lain.

Lantas bagaimana fungsi NFC pada kamera? Secara umum tidak jauh berbeda. Berikut kegunaan NFC di kamera pocket, DSLR, dan Mirrorless

  • Menghubungkan kamera dengan ponsel atau perangkat lainnya yang juga memiliki NFC
  • Mentransfer foto antar perangkat secara nirkabel
  • Mengunggah foto maupun video ke portal Canon image Gateway (untuk kamera Canon)
  • Mengunggah foto ke jejaring sosial, facebook, twitter, instagram dan lainnya
  • Remote shooting pada jarak tertentu
  • Fungsi “Tag and Go” memungkinkan pembidikan obyek melalui smartphone (pada kamera Samsung)

Untuk bisa menghubungkan kamera pocket, DSLR maupun Mirroless dengan perangkat smartphone, biasanya diperlukan aplikasi pihak ketiga agar bisa terkoneksi. Kita ambil contoh cara menggunakan fitur NFC pada kamera NX300.

Pertama kamu dekatkan smartphone kebagian kiri dari NX300. Setelah terkoneksi, smartphone kamu akan terhubung ke Play Store untuk mengunduh aplikasi ‘Samsung Smart Camera’.

kamera NFC Samsung

Setelah aplikasi terinstal pada smartphone, untuk menjajal fungsi NFC kamu bisa lakukan melalui aplikasi tersebut.

Dari berbagai kamera yang memiliki fitur NFC yang beredar di Indonesia, kami menemukan hampir 20 kamera yang dilengkapi fitur NFC. Harga dan rupa tentu saja berbeda, begitu pun dengan fitur lain yang diusungnya.

Bingung memang, tapi mudahnya sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budjet yang dimiliki.

Kamera Canon dengan Fitur NFC

kamera NFC Canon

Untuk urusan kamera, siapa yang tidak mengenal Canon, merek kamera yang sudah memiliki brand image yang begitu melekat ini ternyata juga menghadirkan kamera dengan fitur NFC.

Di Indonesia setidaknya terdapat beberapa tipe kamera Canon yang memiliki fitur NFC dan beberapa lainnya dilengkapi NFC dan juga Wifi.

Kamera Canon berfitur NFC

kamera nfc Canon

Fitur NFC berguna untuk menghubungkan kamera dan ponsel cerdas atau perangkat bergerak lainnya dengan cepat dan mudah untuk mengatur pemotretan maupun mentransfer foto antar perangkat secara nirkabel.

Fitur WiFi yang dibenamkan juga memudahkan pengguna untuk mengunggah foto maupun video ke portal Canon iMage Gateway (CiG) dan ke berbagai laman jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Caranya dengan mendaftarkan nomor kamera pada CiG terlebih dulu.

Namun, pada kesempatan kali ini, kami hanya akan membahas kamera pocket Powershot SX700 HS. Kamera Canon SX700HS dipersenjatai lensa berkemampuan zoom optical hingga 30X dengan kemasan bodi yang hanya sebesar kamera saku.

Canon SX700HS memiliki tombol framing assist yang berada di samping kiri bodinya. Tombol tersebut berfungsi untuk menarik zoom lensa ke posisi semula pada saat Anda melakukan zoom. Pada prakteknya, tombol ini sangat berguna saat kehilangan focus ketika memotret jarak jauh.

Nama Harga di Pasaran
Canon PowerShot G7X Mark II Rp 5.800.000
Canon PowerShot SX700 belum ada harga
Canon IXUS 285 HS Rp 2.750.000
Canon IXUS 180 belum ada harga
Canon PowerShot SX600 HS belum ada harga
Canon IXUS 265 HS belum ada harga
Canon PowerShot SX710 HS Rp 4.232.000

Dengan menekan tombol framing assist, lensa akan secara otomatis kembali ke posisi semula dan Anda bisa melihat subyek dengan jelas lalu kemudian melanjutkan zoom kembali.

Jadi bagi yang hobi jalan-jalan dan jarang memotret di kondisi cahaya temaram, Canon PowerShot SX700HS dapat menjadi kamera andalan yang tidak membebani saku dan tas.

Selanjutnya, kelebihan lain terdapat pada dukungan aplikasi Canon Camera Windows yang tersedia untuk iOS dan Android dan koneksi Wi-Fi di kamera, Anda bisa memindahkan hasil foto ke smartphone atau tablet.

Fitur WiFi-nya juga amat baik dengan waktu setup yang relatif cepat dan bisa menjadikan smartphone atau tablet Anda sebagai remote untuk menangkap gambar tanpa perlu menekan tombol shutter pada kamera.

Kamera Sony dengan Fitur NFC

kamera NFC Sony

Kamera Sony dengan fitur NFC yang ada di pasar Indonesia tidak sebanyak Canon. Namun untuk fitur bisa di adu dalam berbagai hal. Model yang dihadirkan juga tak hanya membawa NFC dalam tubuhnya namun juga Wifi.

Kamera Sony berfitur NFC

kamera nfc sony

Tahun ini model terbaru kamera Sony dengan NFC adalah Alpha 5000 yang lensanya bisa digonta ganti sesuai kebutuhan dan juga dilengkapi lampu kilat pada tubuhnya. Ukurannya cukup kecil dan ringan, hanya 210 gram atau setara dengan sekaleng minuman ringan.

Keunggulan lain dari Alpha 5000 yakni terintegrasi dengan WiFi dan NFC. Teknologi ini memudahkan pengguna berbagi foto dengan ponsel pintar maupun sabak (tablet) digital Android OS versi 4.0 atau di atasnya.

Nama Harga di Pasaran
Sony Cybershot DSC-RX10 belum ada harga
Sony Alpha A5000 Kit 16-50mm Rp 4.250.000
Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm Rp 6.500.000

NFC juga memungkinkan pengguna mengaktifkan Smart Remote Control dengan satu sentuhan, serta menghubungkan kamera dengan ponsel pintar atau tablet untuk melihat gambar atau mengaktifkan shutter dari jarak jauh.

Alpha 5000 juga dilengkapi dengan fitur efek penghalus (soft skin effect) yang secara otomatis menghilangkan kerutan dan kekusaman pada wajah. Fitur ini cocok bagi para "selfie".

Kamera Samsung dengan Fitur NFC

kamera nfc samsung

Samsung pertama kali meluncurkan kamera berteknologi NFC lewat Galaxy Camera. Kemudian, perusahaan asal Korea Selatan ini kembali menawarkan kamera Samsung NX 30. Model lainnya yang juga dikeluarkan Samsung untuk pasar Indonesia antara lain:

Kamera Samsung dengan Fitur NFC

kamera nfc samsung

NX30 memiliki sebuah fitur unggulan yakni “Tag and Go” memungkinkan pengguna mengatur bidikan di ponsel cerdas atau sabak digital yang sudah memiliki NFC. Sebaliknya, kamera juga dapat mengirimkan foto-foto atau video langsung ke ponsel cerdas atau sabak digital Android untuk dibagikan ke berbagai jejaring sosial.

Kamera NX 30 juga dilengkapi dengan fitur Photo Beam yang memungkinkan pengguna mentransfer foto dan video ke smartphone dan tablet dengan mudah, hanya dengan menyentuh secara bersamaan kedua perangkat tanpa ada konfigurasi rumit lainnya.

Hadir juga fitur MobileLink yang memungkinkan pengguna kamera memilih beberapa foto untuk ditransfer ke empat gadget secara bersamaan.

Nama Harga di Pasaran
Samsung Galaxy Camera 2 GC200 RAM 2GB ROM 8GB belum ada harga
Samsung NX2000 Kit 20-50mm belum ada harga
Samsung NX3000 belum ada harga
Samsung NX30 Kit 18-55mm Rp 10.999.000
Samsung WB1100F belum ada harga


Selain itu, Fungsi AutoShare secara otomatis akan mengirim setiap foto secara instan ke ponsel pintar atau sabak digital. Dengan adanya fungsi Remote Viewfinder Pro, pengguna dimungkinkan mengontrol beberapa fungsi NX30 dari smartphone, seperti untuk fungsi zooming dan pengambilan foto.

Dapat diatur secara manual, termasuk fungsi shutter speed dan aperture, sehingga fotografer dapat memiliki kontrol terhadap kamera dengan berbagai opsi sesuai dengan keinginan mereka dalam merekam kamera.

Kamera Panasonic dengan Fitur NFC

kamera NFC Panasonic Lumix

Panasonic Lumix DMC LF1 salah satu kamera Panasonic dengan NFC dan produknya tersedia di pasar Indonesia. Selain NFC, ada juga fasilitas Wifi yang disediakan manakala ingin menyambungkannya dengan perangkat smartphone untuk mentransfer foto .

Fitur unik yang dimilikinya antara lain adalah mode pemotretan 3D. Kamu cukup menahan tombol shutter dan kamera akan mengambil 10 gambar secara berurutan sambil kamu gerakan kamera ke sekitar obyek, maka gambar 3D pun bisa kamu dapatkan.

Hal menarik lainnya adalah adanya lubang bidik yang bisa kamu gunakan untuk melihat obyek yang akan di foto. Panasonic Lumic DMC LF1 dilengkapi dengan mode pemotretan Auto, P/S/M/A, dan kamera ini memiliki 16 scene modes, 15 creative style, dan mode pemotretan panorama.

kamera NFC panasonic

Demikianlah ulasan singkat megenai kamera yang dilengkapi dengan fitur NFC dan Wifi, fitur ini sangat didambakan oleh mereka yang hobby travelling dan jalan-jalan karena mempermudah mereka dalam mentrasfer video ataupun foto yang dihasilkan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.