Diperbaharui pada Kamis, 24 November 2016 | 11:38

5 Kamera Mungil ini Cocok untuk Pendatang Baru di Dunia Fotografi

Saat ini pengguna kamera mirrorless sudah sangat menjamur di kota-kota besar di Indonesia, mungkin tetangga, teman-teman ataupun kakak kamu telah memiliki salah satu dari berbagai jenis kamera mirrorless yang ada di pasar tanah air ini.

Kamera mirrorless sendiri sengaja dihadirkan untuk mengakomodir kebutuhan para pecinta fotografi yang tidak ingin ribet membawa kamera dslr yang berat dan ‘makan tempat’, karena itu, mirrorless sengaja hadir dalam versi yang lebih kecil dan ringan ketimbang dslr pada umumnya.

Namun, dipasaran harga kaera mirrorless tergolong cukup mahal, untuk satu kamera miroless dengan kelas highend saja, kamu bisa membongkar celengan dan merogoh kocek dalam-dalam karena harganya bisa mencapai 20 juta rupiah. Yap, untuk mereka yang memang hobby travelling ataupun seorang Vlogger sih, angka tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkan dari kamera non cermin ini.

Bagi kalian para pemula tentunya akan sangat sulit untuk mengeluarkan uang sebanyak itu, apalagi kamera tersebut hanya sekedar digunakan untuk foto-foto bareng temen dikala hangout saja. Akan tetapi, kalin tidak perlu khawatir guys, karena ternyata ada juga kamera mirrorless yang diperuntukan bagi para pemula dengan fitur yang gak kalah ciamik, dan yang penting, harganya masih bersahabat kok! Kami sudah merangkum beberapa kamera mirrorless dengan body yang kecil dan harga yang bersahabat.

1. PENTAX Q

Pentax Q yang diproduksi oleh Ricoh bisa menjadi alternatif pertama kamera mirrorless dengan harga yang terjangkau. Pasalnya, kamera ini hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 4,7 juta namun menawarkan spesifikasi, fitur serta desain yang cukup menarik.

Hal pertama yang diunggulkan dari kamera mirrorless ini adalah kecilnya ukuran yang dimiliki. Adapun dimensinya yakni 57,5 x 98 x 31 mm dengan bobot sebesar 200 gram. Situs resmi Ricoh bahkan mengklaim bahwa Pentax Q adalah kamera mirrorless terkecil di dunia.

Sedangkan spesifikasi dari Pentax Q di antaranya mengusung 12,4 Megapiksel CMOS sensor, Auto ISO 125-6400, layar LCD 3 inci TFT (wide-angle), kecepatan pengambilan gambar berturut-turut hingga 5 fps, dukungan memori SD/SDHC/SDXC serta baterai rechargeable lithium-ion yang dapat bertahan hingga 2,5 jam.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Pentax Q
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. PENTAX Q10

Masih dari divisi yang sama, alternatif kedua kamera mirrorless dengan harga terjangkau selanjutnya yakni Pentax Q10 Kit1. Harga yang dipatok di kamera ini juga tak berbeda jauh dengan kamera Pentax Q, yakni sebesar RP 4,8 juta.

Adapun spesifikasi yang diusung di antaranya yakni 12,4 Megapiksel CMOS sensor, kecepatan pengambilan gambar berturut-turut hingga 5 fps, dukungan memori SD/SDHC/SDXC, Auto IOS 100-6400, layar LCD 3 inci TFT (wide-angle) serta baterai rechargeable lithium-ion yang dapat bertahan hingga 2,5 jam.

Meskipun memiliki spesifikasi, fitur serta desain yang hampir sama dengan Pentax Q, kamera mirrorless alternatif kedua ini memiliki dimensi yang sedikit lebih besar yakni 58 x 102 x 33,5 mm dengan bobot sebesar 200 gram. Lebih jauh, Pentax Q10 Kit1 juga tersedia ke dalam tiga varian warna yaitu hitam, perak dan merah.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 2000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 30 fps
Lens Mount PENTAX bayonet Q-mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Samsung NX3000

Jika kamu ingin kamera mirrorless dengan kualitas piksel lebih tinggi namun dengan harga yang sama dengan Pentax, maka solusinya ada di Samsung NX3000. Ya, kamera seharga Rp 4,8 juta ini menawarkan kualitas gambar sebesar 20,3 Megapiksel.

Adapun spesifikasi yang diusung yakni 20,3 Megapiksel APS-C CMOS sensor, layar LCD 3 inci TFT, shutter speed 1/4000 per detik, kecepatan pengambilan gambar berturut-turut hingga 5 fps, ISO 100-25600, konektivitas NFC dan Wi-Fi, memori berkapasitas 2GB serta baterai rechargeable 2330mAh yang dapat bertahan hingga 370 kali pengambilan gambar.

Sedangkan dari segi fisiknya, kamera mirrorless Samsung ini memiliki dimensi sebesar 117,4 x 65,9 x 39 mm dengan bobot sebesar 230 gram (tanpa baterai). Adapun dua varian warna yang tersedia di kamera ini yakni hitam dan putih. Sayangnya, para pengguna yang sudah menggunakan mengaku tidak terlalu menyukai desain dari kamera ini.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Samsung NX
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Olympus E-PM2

Alternatif kamera mirrorless dengan harga terjangkau selanjutnya adalah Olympus E-PM2 Single Kit. Meskipun kamera pabrikan Jepang ini hanya memiliki harga yang tidak berbda jauh dari tiga kamera tadi yakni Rp 4,9 juta, namun kamera ini boleh dibilang menawarkan spesifikasi yang mumpuni.

Adapun spesifikasi yang diusung yakni sensor MOS berukuran 137 x 13 mm dan dukungan resolusi sebesar 16 Megapiksel. Guna meningkatkan kinerjanya, Olympus juga membekali kamera ini dengan prosesor gambar TruePic VI.

Selain itu, kamera ini juga dibekali dengan auto focus hingga 35 titik, Auto ISO 200-25600, shutter speed berkecepatan 60 - 1/4000 per detik serta mampu menangkap gambar secara berturut-turut hingga kecepatan 8 frame per detik.

Sedangkan dimensi dari kamera ini yakni 109,8 x 64,2 x 33,8 mm dengan bobot total sebesar 269 gram jika disertai dengan baterai bawaan BLS-5 Li-ion dan kartu memori SD, tentunya akan sangat ringan sekali kan jika dibawa ke kampus atauu untuk sekadar hangout baren teman. Untuk urusan warna, Olympus E-PM2 tersedia dalam warna putih, merah, hitam dan silver.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Micro Four Thirds
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Nikon 1 J3

Jika kamu telah mempercayai Nikon sebagai kamera jagoan kamu sejak lama, maka alternatif terakhir dari kamera mirrorless dengan harga terjangkau ialah Nikon 1 J3. Kamera yang dibanderol dengan harga Rp 5 juta ini adalah alternatif terakhir yang tentu saja menawarkan spesifikasi tertinggi di antara keempat kamera sebelumnya.

Adapun spesifikasi yang diusung kamera ini yakni 14,2 Megapiksel CMOS sensor, kecepatan pengambilan gambar berturut-turut hingga 15 fps, ISO 160-6400, shutter speed 30 hingga 1/16000 per detik, layar LCD 3 inci TFT, konektivitas Wi-Fi, memori SD/SDHC/SDXC serta baterai Li-ion rechargeable yang dapat menampung pengambilan gambar hingga 220 foto.

Sayangnya, dimensi dari kamera ini cukup kecil yakni 101 x 60,5 x 28,8 mm dengan bobot sebesar 201 gram. Beberapa pengguna yang telah menggunakan kamera ini mengeluhkan kamera yang kurang nyaman saat digenggam. Sedangkan untuk varian warna, kamera ini tersedia ke dalam warna putih, hitam, silver, merah dan krem.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 24, 30, 60 fps
Lens Mount Nikon 1(1 NIKKOR VR 30-110mm f / 3.8-5.6)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Berselfie November 2016
Kamera Mirrorless Fujifilm X-A3 Masuk Indonesia Harga Rp8,8 Juta
Leica TL, Kamera Mirrorless Penerus Leica T Khusus Kelas Entry
Like us!
Kusnadar

Contributor

43 Posts