Diperbaharui pada Minggu, 15 Januari 2023 | 16:30

11 Kamera Mirrorless Layar Putar Terbaik untuk Vlogging

kamera mirrorless layar putar terbaruFoto: Pixabay

Teknologi layar putar pada kamera mirrorless merupakan sebuah inovasi yang memberikan banyak sekali keuntungan pada pengguna kamera, terutama bagi para vlogger yang memiliki kanal Youtube.

Layar LCD yang bisa diputar hingga sudut 180 derajat sangat memudahkan pengguna yang ingin foto selfie, atau merekam video sambil berjalan, sehingga mereka bisa memantau hasil rekamannya secara langsung.

Kamera Mirrorless Layar Putar Terbaik

Inovasi layar putar pada kamera mirrorless tersebut telah banyak diadopsi oleh produsen-produsen kamera dunia seperti Canon, Fujifilm, Panasonic, Nikon, Olympus, hingga Sony.

Nah, kalau Anda mencari kamera mirrorless layar putar terbaik untuk foto selfie dan vlogging, berikut beberapa rekomendasi Pricebook yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli.

1. Fujifilm X-A3

Fujifilm X-A3
Fujifilm Indonesia akhirnya resmi memasukkan kamera Mirrorless terbaru dan Terbaik dari Fujiflm ini ke pasar indonesia. Menyasar pasar entry-level, smartphone ini menghadirkan desain yang ringkas dan spesifikasi yang cocok untuk berselfie.

Fujifilm X-A3 bahkan sudah dibekali layar sentuh berukuran 3 inci dengan fitur layar sentuh. Layar kamera ini pun bisa dilipat sehingga memungkinkan pengguna mengambil gambar dari berbagai sudut pengambilan gambar termasuk berselfie.

Kamera mirrorless terbaik ini menggunakan sensor APS – C dengan resolusi 24,2 MP. Kamera ini juga sudah menggunakan lensa FUJINON XC 16-50 f/3,5 – 5,6 OIS II.

Lensa ini diklaim memiliki kemampuan memotret macro tertinggi di kelasnya, yang mampu menangkap fokus pada benda dengan jarak kurang lebih 7 cm dari ujung lensa.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 3, 6 fps
Lens Mount Fujifilm X
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Fujifilm X70

Fujifilm X70
Fujifilm menghadirkan kamera mirrorless untuk selfie yang cukup unggul dalam seri X70. Kamera ini hadir dengan desain stylish dengan balutan bodi hitam metalik.

Kamera ini hadir dengan layar TFT seluas 3 inci dengan resolusi 1040k Pixel yang mampu menampilkan objek yang kaya akan warna. Layar ini kian unggul dengan teknologi touch screen dan dapat diputar ke atas sehingga sangat berguna untuk berfoto selfie.

Kamera Mirrorless Fujifilm untuk selfie ini memiliki sensor 16,3 MP yang mampu menghasilkan detail warna dan resolusi yang tinggi. Sedangkan untuk merekam video, Fujifilm X70 mampu merekam video Full HD 1920 x 1080 pixel.

Fujifilm juga sudah menambahkan wifi sehingga berbagi foto selfie maupun video menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 60 fps
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Sony Cybershot DSC-RX100 III

Sony Cybershot DSC-RX100 III

Pabrikan asal Jepang, Sony, memiliki produk kamera dengan sensor cukup besar ketika meluncurkan kamera Cybershot DSC-RX100 III. Memiliki Sensor Exmor R BSI CMOS didalamnya, Sony Cybershot DSC-RX100 III mampu menghasilkan hasil foto dengan resolusi 20.1 MP.

Selain untuk mengambil foto, Sony Cybershot DSC-RX100 III dapat juga dipakai untuk merekam momen penting anda kedalam bentuk video dengan resolusi 1080p pada 60 fps.

Kekuatan sensor kamera layar putar ini didukung juga dengan Bionz X image processing yang biasa digunakan pada kamera kelas atas dari Sony.

Selain mengusung sensor yang lebih besar, Sony Cybershot DSC-RX100 III menyertakan juga lensa canggih yaitu Carl Zeiss Vario-Sonnar T yang memiliki jarak focal 24-70mm dengan aperture F1.8-2.8.

Sony Cybershot DSC-RX100 III memiliki jarak sensitifitas ISO 125-25600 dan shutter dengan kecepatan yang cukup cepat. Hal yang mencolok lainnya adalah kamera ini memiliki Pop-up OLED Electronic View Finder dengan kerapatan 1.44M dots.

Untuk display Sony memasangkan layar LCD sebesar 3 inci 1229k dots multi angle pada Cybershot DSC-RX100 III yang dapat menampilkan objek foto dengan baik. Kamera digital untuk selfie ini telah menyediakan dual slot memory eksternal yang mendukung Memory Stick Sony dan SD card.

Untuk komunikasi data ke perangkat lain, Sony Cybershot DSC-RX100 III telah menyediakan slot USB 2.0, koneksi Wifi dan NFC. Apabila anda ingin langsung menampilkan hasil pengambilan pada perangkat display lainnya, Sony Cybershot DSC-RX100 III telah menyediakan A/V output dan port HDMI.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 2000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 10 fps
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Canon EOS M10

Canon EOS M10Kamera mirrorless terbaik untuk selfie kali ini hadir dari Canon. Canon EOS M10 menggunakan teknologi CMPS AF II dengan kemampuan autofocus yang lebih akurat dan memungkinkan Anda mengambil gambar dengan kecepatan tinggi terus menerus.

Kamera ini juga sudah dibekali resolusi 18 MP dengan sensor CMOS. Kamera ini juga memiliki ISO 100 – 12800 hingga 25600.

Dibagian belakang, Canon menggunakan lensa LCD panel sentuh yang dapat digunakan untuk melihat objek hasil bidikan dengan lebih jelas. Layar ini juga dapat diputar 180 derajat untuk memudahkan selfie.

Canon juga menghadirkan mode potret diri yang semakin melengkapi kemampuan selfie kamera ini. Hadir dengan desain yang ringkas, kamera ini memang cocok untuk para traveller.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate -
Lens Mount Canon EF-M
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Sony A5100

Sony A5100Pabrikan kamera asal Jepang, Sony juga memiliki kamera mirrorless terbaik untuk selfie. Sony Alpha A5100 hadir dengan lensa kit 16-50mm. Kamera Sony ini telah dilengkapi dengan micro HDMI, USB Port, Wifi hingga NFC.

Kamera ini juga sudah dibekali dengan layar LCD 3 inci yang bisa dilipat 180 derajat untuk mengambil foto selfie. Kamera ini juga sudah bisa digunakan untuk merekam video full HD yang jernih. Kamera ini hadir dengan desain yang ergonomis.

Kamera mirrorless Sony ini menggunakan sensor APS-C Exmor CMOS kualitas tinggi dengan resolusi 24 MP. Sensor ini akan ditemani prosesor BIONZ X yang sanggup memproses gambar dengan lebih cepat.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 6 fps
Lens Mount -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. Olympus PEN E-PL8

Olympus PEN E-PL8

Olympus mirrorless PEN E-PL8 adalah sebuah kamera yang dirancang dengan desain yang sangat menarik. Dipadukan dengan material premium pada mirrorless PEN E-PL8 menjadikannya lebih memiliki durabilitas yang baik dan cocok digunakan menemani aktivitas fotografi kita.

Pada monitornya, mirrorless PEN E-PL8 menganut teknologi flip yang juga merupakan layar sentuh. Semua fungsi utama yang dimiliki oleh mirrorless PEN E-PL8 murah ini dapat diakses dengan sangat mudah hanya dengan sentuhan jari saja.

Dengan memutar ke bagian bawah, mirrorless PEN E-PL8 ini akan masuk ke mode Selfie mode yang jelas memudahkan pengambilan gambar bahkan dengan kondisi minim cahaya ataupun malam hari.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Micro Four Thirds
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Nikon 1 J5

Nikon 1 J5Boleh dibilang, Nikon cukup terlambat ketika melansir J5, bagaimana tidak, seharusnya produsen yang cukup lama di dunia kamera dan lensa ini melansir mirrorless dengan layar lipat penuh untuk mempermudah pengguna ber-swafoto.

Meski demikian, selain memiliki layar lipat ke atas hingga 180 derajat, keunggulan Nikon 1 J5 memiliki sensor 20,8MP, bodi yang mungil sehingga nyaman dibawa traveling dan dapat merekam video 4K meskipun dalam keterbatasan kecepatan yakni sekitar 15 fps.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 20, 60, 30, 10, 5 fps
Lens Mount Nikon 1 mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

8. Panasonic Lumix DMC GF7

Panasonic Lumix DMC GF7
Panasonic Lumix DMC GF7 mengandalkan sensor CMOS 4/3 16MP yang dipadukan dengan prosesor Venus Engine, bukan cuma itu, GF7 juga mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel) 60p. 

Sebagai salah satu jajaran kamera mirrorless terbaik untuk selfie, fitur andalan yang dimiliki adalah self shot yang aktif secara otomatis ketika layar dilipat lurus keatas.

Dengan kelengkapan fitur autofocus, light speed AF dengan 23 titik fokus, maka GF7 yang berada di genre interchangeable system camera ini sepertinya pas untuk penyuka swafoto karena tertanam beberapa fitur seperti face shutter, Buddy Shutter dan fitur Beauty.

Untuk berbagi hasil jepretan, pengguna tinggal mengaktifkan WiFi dan NFC layaknya ketika menggunakan smartphone.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 5.8 fps
Lens Mount Micro Four Thirds
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

9. Olympus PEN E-PL7

Olympus Pen E-PL7
Meski memiliki sensor 16MP namun kinerja fitur peredam getar 3 Axis dan sistem autofokus 81 titik dirasa masih mampu mengantarkan para pengguna kamera mirrorless yang ingin melakukan foto selfie karena layar putar 180 derajat.

Uniknya, jika semua kamera melipat layar keatas, maka untuk Olympus E-PL7 justru berbeda karena lipatan 180 derajat itu tak hanya keatas tetapi juga kebawah.

Kamera digital untuk selfie ini juga juga menjadi DSLM pertama di lini menengah Olympus yang mendapat konektivitas WiFi untuk terhubung ke smartphone atau tablet. Dengan fitur unggulan Old Fil Effect menjadikan kamera mirrorless selfie ini semakin mempesona.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 6000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Micro Four Thirds
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

10. Canon EOS M50 Kit 15-45mm

canon eos m50
Canon EOS M50 Kit 15-45mm
merupakan kamera mirrorless UHD pertama hingga 120 fps. kamera mirrorless canon memiliki desain yang compact dan modern ini dilengkapi pula dengan kekuatan sensor sebesar 24 MP dan chipset Canon – DIGIC 8.

Kekuatan sensor yang cukup besar membuat Anda bisa dengan optimal menghasilkan foto yang jernih dan terlihat nyata. Canon EOS M50 15-45 mm murah ini mampu memberikan standard ISO hingga 51.200.

Spesifikasi yang dimiliki kamera mungil ini cukup tinggi namun canon EOS M50 15-45 mm termasuk dalam kamera mirrorless murah.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Canon EF-M
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

11. Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm

Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm

Kamera Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm sudah memiliki posisi terbaik pada para pecinta kamera mirrorless. Performa, kamera Sony A6000 Kit terdapat 179 titik phase detection sampai ke ujung gambar. Kamera ini dapat dengan cepat beradaptasi dengan cahaya outdoor dan menghasilkan foto yang maksimal.

Kelebihan pada Sony Alpha A6000 Kit 16-50mm hadir dengan sistem AF ini disertai dengan kecepatan foto berturut-turut yang sangat cepat yaitu 11 foto per detik dengan autofokus continuous. Kelebihan tersebut akan membantu Anda untuk mengambil gambar dengan cepat.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 60, 30, 24 fps
Lens Mount Sony E-Mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kelebihan Kamera Mirrorless dengan Layar Putar

Kelebihan utama yang bisa Anda rasakan pada kamera mirrorless jenis ini adalah layar putar yang akan membatu Anda untuk dapat lebih mengontrol framing foto ketika selfie atau ketika mereka video.

Selain itu, dengan melihat langsung melihat hasil tangkapan foto dan video pada layar sebelum di jepret atau direkam, Anda bisa sekaligus melihat apa saja yang masih kurang dan segera memperbaikinya.

Nah, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan. Jangan lupa untuk selalu pilih yang terbaik, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.