Diperbaharui pada Senin, 21 November 2016 | 10:52

Mengenal 7 Perbedaan OnePlus 3T dan OnePlus 3

OnePlus menjadi salah satu produsen yang konsisten menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk membunuh smartphone premium buatan produsen papan atas. Baru-baru ini, OnePlus memperkenalkan varian OnePlus 3T yang merupakan versi update dari OnePlus 3. OnePlus sendiri menghadirkan sejumlah peningkatan mulai dari prosesor yang lebih cepat hingga fitur 4G LTE yang lebih stabil.

OnePlus 3T sendiri memiliki desain yang sekilas tidak berbeda jauh dengan varian OnePlus 3. Smartphone ini masih menggunakan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080p. Smartphone ini juga masih menggunakan bodi aluminium yang cukup tipis hanya 7,3 mm sehingga nyaman digenggam. Tak lupa, OnePlus menghadirkan fitur Dash Charge yang membuat mengisi baterai smartphone kian cepat.

Walaupun demikian, ternyata ada beberapa perbedaan mencolok yang membuat OnePlus 3T lebih unggul dibanding OnePlus 3. Berikut ini 7 perbedaan OnePlus 3T dan OnePlus 3 yang mungkin perlu kamu ketahui.

1. Baterai yang Lebih Besar

Jika kamu memperhatikan dengan seksama OnePlus 3 tampak lebih pendek dibanding OnePlus 3T. Hal ini ternyata terjadi karena OnePlus menggunakan baterai 13% lebih besar. Bila sebelumnya, OnePlus 3 menggunakan baterai 3000 mAh. Sedangkan OnePlus 3T menggunakan baterai 3400 mAh. OnePlus sepertinya berusaha keras untuk tidak merubah desain OnePlus 3. Desain yang ramping hanya 7,3 mm membuat smartphone ini tetap nyaman digenggam. Penggunaan baterai yang lebih besar diharapkan bisa membuat pengguna bisa memakai smartphone lebih lama.

2. Prosesor yang Lebih Cepat

Qualcomm Snapdragon 821 menjadi salah satu chipset tercepat di perangkat Android saat ini. Ini merupakan versi pengembangan dari Snapdragon 820. Chipset terbaru Qualcomm ini sudah mulai digunakan pada beberapa ponsel premium termasuk Google Pixel. Diharapkan dengan penggunaan chipset Snapdragon 821 kecepatan boot meningkat 10%, kecepatan membuka aplikasi meningkat 10% dan membuat smartphone lebih halus serta lebih cepat saat browsing. Tidak hanya itu, Qualcomm juga mengatakan chipset terbaru ini lebih efisien daya 5% dibanding prosesor lama.

Selain penggunaan prosesor yang lebih cepat, OnePlus menggunakan RAM 6 GB. RAM yang besar membuat performa smartphone ini sangat cepat saat multitasking maupun bermain game. Penggunaan RAM besar memang mulai menjadi tren di beberapa smartphone premium. Namun, RAM 6 GB masih jarang.

3. Memori Internal 128GB

Dalam OnePlus 3T kamu akan mendapat pilihan memori internal 64GB dan 128GB, Sayangnya, smartphone terbaru OnePlus ini tidak memiliki slot microSD. Memori internal yang digunakan berjenis UFS 2.0 yang mana menjadi memori internal yang paling cepat yang ada di pasaran. Dengan hadirnya memori internal 128GB, OnePlus 3T menjadi smartphone yang cocok untuk menyimpan berbagai data.

4. Kamera Depan Resolusi Tinggi

Kamera depan saat ini menjadi salah satu sektor penting yang dicari banyak pengguna smartphone. Kamera depan saat ini lebih banyak dipakai untuk selfie, video call hingga Vlogging. Menariknya, OnePlus 3T hadir dengan kamera depan baru 16 MP. Ini meningkat drastic dari varian OnePlus 3 yang hanya menggunakan kamera depan 8 MP.

Tentu dengan kamera depan resolusi tinggi membuat hasil gambar lebih detail dalam berbagai kondisi. Selain itu, OnePlus 3T menggunakan kamera dengan sensor Samsung, berbeda dengan OnePlus 3 yang menggunakan sensor Sony.

OnePlus 3T 64GB

Belum ada harga

5. Video Stabilization Pada Kamera Utama

Tentu mengagumkan bila produsen mendengarkan apa yang yang diinginkan konsumen. Seperti dalam OnePlus 3T yang kini dibekali dengan video Stabilization pada kamera utamanya. Selain dibekali dengan Optical Stabilization, kamera utama ini dibekali dengan electronic stabilization yang sudah diperbaharui. Selain itu, OnePlus juga mengupgrades kaca cover kamera belakang. OnePlus 3T kini menggunakan kaca kamera dari lensa Sapphire. Hal ini membuat kamera tidak mudah tergores.

Kamera belakang 16 MP ini dibekali teknologi PDAF dan OIS sehingga bisa merekam video dengan lebih stabil dan jelas. Kamera depan 16 MP juga bisa digunakan merekam video Full HD dengan jelas.

6. Oxgen OS yang Lebih Baru

OnePlus 3T memang tidak datang dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Walaupun demikian, OnePlus 3 dan OnePlus 3T akan mendapat update OTA pada akhir tahun 2016. Smartphone 4G terbaru ini akan menggunakan Oxygen OS versi 3.5.1 (berbasis Android 6.0) yang hadir dengan sejumlah pembaharuan.

Dalam versi sistem operasi ini, pengguna akan mendapat quick access baru, status bar baru dan tampilan yang kian bersih. Pengguna juga bisa menggunakan tema yang berbeda atau icon packs yang berbeda.

7. Warna Bodi Baru

OnePlus 3T hadir dengan pilihan warna bodi baru. Kali ini OnePlus membawa warna baru bernama Gunmetal dan soft gold. Sementara pilihan warna lainnya masih sama dengan OnePlus 3.

Jadi tertarik membeli mana OnePlus 3T atau OnePlus 3?

Baca juga artikel:
OnePlus 3T Dirilis dengan Sejumlah Perubahan Spesifikasi dari OnePlus 3
Mana yang Lebih Cepat, iPhone 7 Plus VS OnePlus 3
OnePlus 3 Mini, Ponsel Mini Misterius RAM 6 GB Dan Snapdragon 820
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts