Diperbaharui pada Rabu, 26 Oktober 2016 | 09:25

Preview ASUS X454YI: Terjangkau dengan Grafis Mumpuni

ASUS X454YI merupakan versi ter update di jajaran notebook Asus yang berbasis chipset AMD. Hadir dengan prosesor AMD A8-7410 bertenaga yang akan disokong performa grafis Radeon R5 M330DX yang mumpuni. Itu belum termasuk penambahan performa dari memori RAM DDR3 sebesar 4GB. Jika masih terasa kurang, pengguna dapat memperbesar kapasitasnya sesuai keinginan dengan maksimal kapasitas hingga 12GB.

Dengan spesifikasi tersebut, tentu saja notebook ini sanggup menjalankan berbagai aktivitas multitasking yang biasa dilakukan sehari-hari dan yang terutama dapat meningkatkan produktivitas kerja. Berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan ASUS X454YI.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor A-Series
RAM 4 GB
Kapasitas HDD 500 GB
Kartu Grafis AMD
Graphic Card Memory Size 2 GB
USB 3.0 1 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis Radeon R5 M330DX
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Grafis Lebih Kuat

ASUS X454YI sudah dilengkapi dengan prosesor AMD APU A8-7410 Quad Core yang menawarkan kecepatan hingga 2,5GHz, itu artinya perangkat ini mampu untuk mengerjakan berbagai aplikasi sampai multitasking dengan lancar tanpa masalah. Salah satu keunggulan hadir pada sisi grafis, dimana ASUS X454YI sudah menggunakan Radeon R5 M330DX yang mengusung arsitektur Graphics Core Next (GCN) 2.0 dengan 320 shader berkecepatan 1030MHz.

Grafis ini sendiri memiliki performa yang memadai untuk memenuhi kebutuhan aplikasi sehari-hari. Grafis model ini sudah mampu digunakan untuk menjalankan aplikasi multimedia sampai game-game 3D. Sedangkan untuk memori utama, ASUS X454YI menggunakan memori DDR3L-1866 berkapasitas 4GB. Pengguna juga masih tetap dapat meng-upgrade kapasitas RAM tersebut lewat slot DIMM yang tersedia, menjadi 12GB untuk mendapatkan peningkatan performa sistem yang lebih tinggi.

Hemat Energi

Berbasis Processor Carrizo-L yang berjalan pada  sebuah chip  (SoC), sehingga akan membuat notebook dapat beroperasi secara maksimal hanya dengan daya sebesar 15 watt saja. Jauh lebih efisien dan hemat energi. Selain memperpanjang masa aktif baterai, penggunaan daya yang hanya 15 watt membuat panas yang dihasilkan oleh komponen pendukung, mulai dari CPU atau prosesor, GPU atau grafis dan juga chip-chip lainnya menjadi lebih rendah. Dengan demikian, pengguna dapat bekerja lebih lama menggunakan notebook ini tanpa khawatir mengalami overheat atau panas berlebih.

IceCool Technology

Untuk mendinginkan penggunaan lebih lanjut, X454Y juga dilengkapi dengan fitur ASUS IceCool Technology. Teknologi ini mampu meredam suhu panas yang dihasilkan notebook sehingga bagian palm rest yang menjadi landasan untuk telapak tangan pengguna tidak terasa panas dan notebook tetap nyaman digunakan sepanjang hari.

Audio SonicMaster

Selain memiliki keunggulan di sisi prosesor dan grafis, ASUS X454YI juga dilengkapi dengan SonicMaster, fitur yang audio mumpuni. SonicMaster adalah sebuah teknologi audio yang khusus diciptakan oleh ASUS untuk mengendalikan segala hal yang berhubungan dengan audio di notebook ASUS. Tak hanya dari sisi hardware, ASUS juga sudah menyediakan software untuk memudahkan pengguna saat akan melakukan kustomisasi kualitas audio keluaran notebook ini lewat equalizer atau memilih preset terbaik untuk kondisi tertentu.

Storage Lega

ASUS sendiri menyediakan kapasitas simpan sebesar 500GB pada notebook ini. Dari sisi kapasitas, kapasitas ini sebenarnya sudah lebih dari cukup. Misalnya untuk menyimpan dokumen-dokumen pekerjaan ataupun menyimpan sejumlah foto dan video.

Namun jika pengguna masih belum puas dengan kapasitas penyimpanan 500GB, ASUS juga menyediakan cloud storage khusus untuk pengguna ASUS yaitu dengan ASUS WebStorage. Sebagai gambaran, media penyimpanan berbasis cloud saat ini sudah menjadi hal yang penting, khususnya bagi pengguna yang perlu menyimpan backup, ataupun pengguna yang punya mobilitas tinggi dan mengakses data dari berbagai perangkat yang berbeda.

Untuk kapasitas sendiri, pada ASUSWebStorage tersedia penyimpanan online sebesar 5GB yang bisa digunakan secara gratis untuk seumur hidup. Dan jika belum mencukupi pula, masih tersedia slot card reader untuk ekspansi penyimpanan. 

Dengan spesifikasi yang mumpuni tersebut notebook ini dipasarkan di harga yang relatif terjangkau. Notebook ASUS X454YI dengan Radeon R5 M330DX Graphics ini dipasarkan di harga Rp 4.799.000.

Varian Lain

Untuk lebih memberikan pilihan kepada konsumen, Asus telah menyiapkan dua varian dari notebook terjangkau ini. Perbedaan yang signifikan dapat dilihat pada penggunaan grafis yang tertanam di dalam mesinnya. Salah satunya adalah Asus menyediakan model X454YA yang menjadi varian dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk model X454YA, Asus memasarkan produknya di harga Rp 4.199.000. Yang membedakan perangkat ini dilengkapi dengan grafis AMD Radeon M5.

Sementara untuk varian lainnya, Asus menyediakan opsi untuk pengguna mainstream dengan ukuran layar lebih lebar. Notebook dengan seri Asus X454YA hadir dengan ukuran layar 15 inci dengan resolusi WXGA 1366 x 768p dan sudah mendukung konten multimedia HD. Berbeda dengan dua model lainnya, notebook Asus X454YA ini menggunakan prosesor duar core AMD E1-7010 1,5GHz dengan AMD Radeon R2 Graphics dan dipasarkan di harga Rp 3.299.000.

Yang menarik, semua produk Asus sudah dilengkapi garansi global 2 tahun penuh (service dan sparepart) senilai Rp 900.000, dan free backpack senilai Rp 299.000.

Baca juga artikel:
Razer Blade Pro, Laptop Gaming Terbaru dengan Grafis Terbaik
Acer Chromebook 15, Laptop Murah dengan Performa Menjanjikan
Laptop Gaming Terbaik Bulan Oktober 2016 di Pricebook
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2434 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.