Aplikasi dan Hp Android yang Bisa Ubah Hp Jadi Remote TV dan AC

Oleh Arini Putrie updated Kamis, 28 Mar 2019 | 15:50

Hp Jadi Remote

Berbagai fungsi tambahan untuk memudahkan konsumen terus diberikan oleh smartphone keluaran terbaru. Salah satunya adalah fungsi remote control, dimana beberapa HP Android sudah dilengkapi dengan fitur IR Blaster yang siap memudahkan pengguna yang ingin mengoperasikan perangkat elektronik lain di rumah. Hp jadi remote TV dan AC bisa jadi solusi untuk di rumah.

Dengan adanya fitur tersebut, remote control di rumah yang hilang atau rusak perannya bisa digantikan oleh sebuah HP. Nah, apa saja HP yang disertai fitur remote control yang bisa dibeli?

5 Hp Android Bisa Jadi Remote TV dan AC

1. Himax Polymer 2

Bertengger di jajaran HP kelas bawah, Himax Polymer 2 yang dijual dengan rentang harga Rp 1 jutaan ini bisa kamu beli. Dijalankan pada sistem operasi Android Lollipop, HP satu ini dilengkapi dengan fitur smart remote control yang kompatibel dengan perangkat TV, DVD dan AC.

Layaknya remote control bawaan, fungsi yang tersedia pun tergolong lengkap, bisa dilihat saat difungsikan sebagai remote TV yang juga terdapat fungsi On/Off, volume dan rewind.

Kriteria Spesifikasi
4G Network -
Ukuran Layar 4.7 inch
Detail Prosesor MT6528M
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.3 GHz
GPU Mali-400MP2
RAM 1 GB
Memori Internal 8 GB
Resolusi Kamera 8 MP
Resolusi Kamera Depan 1 2 MP
Kapasitas Baterai 1800 mAh

2. Samsung Galaxy S6

Berbeda dari beberapa flagship sebelumnya, akhirnya Samsung menyematkan fitur IR Blaster pada seri Galaxy S6. Fitur unik ini disematkan pada Galaxy S6 sehingga bisa difungsikan sebagai remote untuk TV dan AC.

Yang menarik lagi, Samsung juga menyematkan sejumlah fitur tambahan seperti fungsi reminder, TV guide dan rekomendasi konten yang bisa ditonton pengguna. Selain Galaxy S6, fitur ini juga tersedia pada Galaxy S6 Edge dan S6 Active.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 800 / 900 / 1800 / 2100 / 2300 / 2600
Ukuran Layar 5.1 inch
Detail Prosesor 7420
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.5 GHz
GPU Mali-T760MP8
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 2550 mAh

3. LG G5

Berbeda dengan Samsung yang menghentikan penggunaan fitur IR Blaster pada Galaxy S7, LG terus memanjakan pengguna smart home dengan konsisten menyediakan fitur tersebut termasuk pada flagship terakhirnya LG G5.

Agar IR Blaster pada LG G5 ini dapat bekerja, LG menyediakan aplikasi pendamping bernama Quick Remote. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengontrol beberapa perangkat elektronik di rumah seperti TV, DVD blu-ray dan AC.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 1800 / 2100 / 2600
Ukuran Layar 5.3 inch
Detail Prosesor MSM8996 Snapdragon 820
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU Adreno 530
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 2800 mAh

4. Xiaomi Mi 5

Pada flagship terbaru Xiaomi ini juga tersedia fitur IR Blaster. Hanya dengan memanfaatkan aplikasi Mi Remote yang sudah tersedia secara default, kamu bisa menjalankan perangkat eletronik seperti TV, AC, kipas angin, DVD player, proyektor dan kamera melalui Xiaomi Mi 5.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.15 inch
Detail Prosesor MSM8996 Snapdragon 820
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.3 GHz
GPU Adreno 530
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Resolusi Kamera Depan 1 4 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

5. OPPO Mirror 5

Tak mau kalah dengan HP lain, OPPO juga menyematkan fitur IR Blaster pada seri Mirror 5. Sama halnya dengan penggunaan fitur ini pada keempat tipe HP diatas, Mirror 5 juga bisa difungsikan sebagai remote control untuk TV, Air Conditioner (AC), Set Top Box (STB), DVD dan Projector.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 800 / 900 / 1800 / 2100 / 2300 / 2600
Ukuran Layar 5 inch
Detail Prosesor MSM8916 Snapdragon 410
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.2 GHz
GPU Adreno 306
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera 8 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 2420 mAh

Adanya fitur remote control tentu saja akan memudahkan kamu saat ingin mengatur perangkat elektronik lain di rumah, sekaligus memperkaya pengalaman dalam menggunakan HP. Dari kelima HP Android yang bisa dijadikan remote control diatas, tipe mana yang kamu incar? Namun kamu juga menggunakan beberapa aplikasi berikut ini untuk merubah hp android kamu menjadi remote TV dan AC

Aplikasi untuk Ubah Hp Jadi Remote TV dan AC

Selain hp android ada beberapa aplikasi yang bisa ubah hp jadi remote TV. Berikut adalah 5 aplikasi untuk ubah hp jadi remote TV dan AC.

aplikasi ubah hp jadi remote

1. Google Home

Google Home adalah salah satu aplikasi resmi dengan fitur remote tv  yang dikembangkan oleh Google Inc. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengatur volume serta play dan pause pada tv. Selain itu kamu juga bisa menghubungkan streaming Hulu, Youtube, hingga Netflix ke tv.

2. Mi Remote Controller

Tidak mau kalah dengan Google, kini Xiaomi juga mengembangkan aplikasi remote yang bisa digunakan untuk Tv dan AC bahkan beberapa alat elektronik lainnya. Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengganti channel tv kamu hingga menaik turunkan suhu pada AC di ruangan kamu. Pastinya sangat membantu jika remote di rumah kamu hilang atau ada jauh dari tempat kamu.

3. Smart IR Remote

Sesuai dengan namanya Smart IR Remote ini merupakan remote pintar. Karena tidak hanya berguna sebagai remote tv namun juga bisa mengirimkan sinyal infrared ke Set Top Box, DVD Playar, BlueRay, dan juga AC.

Smart Remote ini dapat berfungsi pada hp android seperti Samsung dan HTC. Jika pada smartphone LG hanya dapat berfungsi pada series G3 dan G4. Walaupun terbatas namun performa aplikasi ini mendapat respon baik dari pengguna android.

4. Unified Remote Full

Aplikasi selanjutnya adaah Unified Remote Full, selain bisa merupa Hp android jadi remote TV aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengatur perangkat komputer Windows, Mac dan juga Linux. Jadi kamu bisa menonton tv melalui komputer.

5. Easy Universal TV Remote

Aplikasi yang terakhir adalah Easy Universal TV Remote merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk semua smartphone yang memiliki IR Blaster. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah kamu hanya perlu membuka aplikasi lalu memilih menu setting dan embuka menu port lalu IR Blaster atau Wi-Fi dan pilih merk TV kamu.

Kesimpulan

Dari pilihan hp android jadi remote TV dan AC tersebut memiliki keunggulan masing masing dari setiap merk Hp. Dan untuk menggunakannya ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merubah hp jadi remote. Aplikasi tersebut ternyata tidak hanya untuk TV dan juga AC tetapi banyak alat elektronik lainnya. Asalkan hp kamu mendukung untuk install aplikasi tersebut. Jika kamu sudah bisa merubah hp jadi remote TV dan AC kegiatan kamu akan semakin mudah karena kamu tidak perlu remote dari masing masing alat elektronik hanya dengan smartphone kamu bisa mengontrol alat elektronik.

 

Artikel Terkait

Komentar