Diperbaharui pada Rabu, 15 Oktober 2014 | 17:15

Lima Tablet Terbaik untuk Bermain Games

Tablet  Android saat ini tidak hanya digunakan untuk keperluan kerja ataupun menonton video saja. Banyak pengguna yang mulai memanfaatkan tablet Android untuk bermain game. Terlebih banyak game dengan grafis berat yang sebenarnya lebih nyaman digunakan di perangkat tablet karena dukungan layar yang luas. Berikut lima tablet terbaik untuk bermain games.

Google Nexus 7

Google Nexus 7 masih cukup perkasa untuk memainkan game. Tablet ini cukup atraktif dalam memainkan berbagai game Android. Tentu saja karena di dalam tablet ini tersemat chipset NVIDIA Tegra 3 quad-core yang didukung dengan RAM 1GB..

Selain itu, layarnya yang mengusung dimensi 7 inch dengan  resolusi 1280x800 piksel dan kerapatan layar 216ppi membuat tablet ini cukup jernih dalam menampilkan visual game. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, membuat perangkat Google Nexus 7 cukup menarik.

Nvidia Shield

Jika Google Nexus dianggap kurang menarik, maka pilihan lainnya adalah Nvidia Shield. Tablet ini lebih baik dari segi kemampuan. Di dalamnya tersemat chipset Nvidia Tegra generasi yang lebih baik dibanding NVIDIA Tegra 3, yakni Nvidia Tegra K1.

Chipset ini memiliki spesifikasi prosesor Quad-core 2.2 GHz Cortex-A15 yang didukung dengan pengolah grafis ULP GeForce Kepler dengan inti berjumlah 192 cores. Dengan spesifikasi yang tinggi, serta dukungan layar 8 inch (1920 x 1200 piksel) membuat Nvidia Shield masuk sebagai jajaran tablet terbaik untuk bermain games.

LG G Pad 8.3

Kombinasi prosesor Krait 300 empat inti berkecepatan 1.7 GHz dan pengolah grafis Adreno 320 yang tertanam di dalam chipset Qualcomm APQ8064 Pro Snapdragon 600 membuat tablet besutan LG ini masuk ke dalam kategori best gaming tablet.

Di atas kertas, Snapdragon 600 tampak terlihat power. Namun, kemampuan dalam memainkan game berat sudah cukup bagus. Apalagi dengan layar 8,3 inch dan resolusi 1200 x 1920 piksel membuat LG G Pad 8.3 dengan desain aluminium shell ini sangat nyaman digunakan bermain game. 

Sony Xperia Z2 Tablet

Layar yang besar, 10.1 inch dengan resolusi 1200 x 1920 piksel dan kerapatan layar 224 ppi membuat  tablet yang satu ini tentunya sangat nyaman digunakan bermain game. Layarnya yang berjenis TFT tergolong luas sehingga bermain game dengan perangkat ini akan membuat penggunanya terasa lebih nyaman.  Nilai utama yang membuat Sony Xperia Z2 Tablet masuk jajaran tablet terbaik bermain game adalah karena tablet ini didukung dengan chipset Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801.

Di dalam chipset ini terdapat prosesor Quad-core 2.3 GHz Krait 400 yang dikombinasikan dengan  Adreno 330 dan didukung dengan RAM 3GB membuat perangkat benar-benar tangguh untuk bermain game.

Samsung Galaxy Tab S

Tidak aneh jika produk yang satu ini sebagai best gaming terbaik. Bahkan, boleh dibilang, diantara jajaran tablet gaming lainnya, perangkat ini adalah nomor satunya. Betapa tidak, tablet ini didukung dengan chipset yang tangguh.

Samsung bahkan menghadirkan dua versi pada Galaxy Tab S. Pertama chipset Snapdragon 800 dengan prosesor Quad-core 2.3 GHz Krait 400 dengan GPU Adreno 330 dan kedua chipset Exynos 5420 dengan prosesor Quad-core 1.9 GHz Cortex-A15 dan GPU Mali-T628MP6.

Kedua chipset ini menghasilkan kemampuan dan kinerja yang tidak jauh berbeda. Terlepas dari itu, tablet yang hadir dengan dua pilihan layar (8.4 inch dan 10.5 inch) ini sangat unggul dari segi resolusi. Layarnya mengusung resolusi 2560 x 1600 piksel dengan kerapatan layar 288 ppi. Sebuah jaminan kenyamanan untuk bermain games. (Tedi)

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Like us!
Hilman Mulya Nugraha
162 Posts