Diperbaharui pada Jumat, 20 Agustus 2021 | 20:00

Duel Laptop Ringan Huawei MateBook D15 vs Asus VivoBook K413

huawei matebook d15 vs asus vivobook k413

Setujukah kalian jika laptop tipis, ringan, dengan desain yang bagus serta build quality ok dan harga bersahabat masih sangat di cari untuk anak kuliah dan juga first jobber?

Tidak terlalu muluk, terlebih jika berpikir tentang kondisi beratnya tas saat menggendong atau menjinjing laptop dalam mobilitas tinggi ke kampus dan juga ke kantor.

Dua laptop pendatang baru di tahun 2021 Huawei MateBook D15 dan juga Asus VivoBook 14 K413 yang hadir dengan model spesifikasi hampir mirip tapi dengan kenyamanan yang berbeda.

Kedua produk ini hadir dengan tingkatan kelas lightweight yang pastinya sangat menjajikan jika bicara soal ringan dan ramping.

Sebelum menentukan pilihan antara Huawei MateBook D15 dan juga Asus VivoBook 14 K413, simak perbandingan keduanya dari segi desain, layar, hingga ketahanan baterai yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan untuk membelinya.

Huawei MateBook D15 Lebih Besar tapi Lebih Tipis

huawei matebook d15 vs asus vivobook k413

Dilihat dari desain kasat mata ketika pertama kali melihat keduanya. Laptop Huawei MateBook D15 menghadirkan desain elegan dari beberapa aspek jika dibandingkan dengan VivoBook K413.

Dimulai dari ketebalan sekitar 16 mm yang bisa dibilang cukup tipis. Beranjak ke urusan bobot 1,5 kg menjadikan secara fisik sebagai laptop yang enak dipandang mata dan punya mobilitas yang sesuai.

Berbeda dengan Asus VivoBook 14 K413, laptop ini memiliki dimensi bodi 324x215x17,9 mm dengan bobot 1,4 kg. Meski dilihat memiliki tampilan yang lebih kecil, tapi secara nyata jika dipegang VivoBook K413 hadir dengan bodi yang lebih tebal dibandingkan Huawei MateBook D15.

Untuk memperjelas perbandingan, VivoBook K413 memiliki ketebalan 17,9 mm, sedangkan ketebalan Matebook D14 adalah 15,9 mm dengan ultra lightweight thickness (15 mm), untuk Matebook D15 adalah 16,9 mm.

Kandungan material full alumunium lebih menguntungkan MateBook D15 dibandingkan VivoBook K413 yang mesih menyisakan beberapa bagian yang menggunakan plastik.

Disamping itu, tingkatan Bezel dari MateBook D15 sedikit lebih tipis jika dibandingkan dengan VivoBook K413. Hal ini dibuktikan dari luas penampang layar yang tersedia jika di sejajarkan satu sama lain.

huawei matebook d15 vs asus vivobook k413

Jika bicara performa sebenernya baik digunakan untuk kuliah ataupun bekerja sudah tidak perlu dipertanyakan lagi soal multitaskingnya.

Beragam software Microsoft sangat lancar digunakan, bahkan terhitung kami membuka 10 Tab pada masing-masing browser baik Huawei MateBook D15 dan juga VivoBook K413, keduanya bekerja lancar.

Tata letak tombol keyboard Huawei MateBook D15 dirancang familier. Keuntungannya, pengguna bisa langsung terbiasa menggunakan keyboard maupun laptop ini, ditambah dengan feedback tombol yang pas dan jarak antar tombol yang tepat.

Berbeda dengan VivoBook K413 yang cenderung memposisikan tata letak tombolnya lebih rapat. Hal ini dimungkinkan karena dimensi dari laptop yang cenderung lebih kecil.

Pilih Layar Besar atau Layar Kecil?

huawei matebook d15 vs asus vivobook k413

Urusan layar, Huawei MateBook D15 hadir dengan nuansa layar 15 inci yang pastinya lebih besar dibandingkan VivoBook K413 yang hanya dibekali layar 14 inci.

Penggunaan layar 15 inci ini lebih menguntungkan dalam hal pengalaman penggunaan yang lebih baik. Selain menyeimbangkan kualitas resolusi yang tersedia, akses ke beberapa aplikasi sekaligus juga lebih nyaman.

Keduanya sudah menggunakan teknologi nano edge yang menjadikan rasio layar to bodi terlihat lebih besar. Jika diamati, perbandingan screen to body ratio MateBook D15 sebesar 87% sedangkan VivoBook K314 hanya 84%.

Ini yang menjadikan layar Huawei MateBook D15 terlihat lebih premium dengan cakupan besar yang dimiliki. Ditambah dengan resolusi layar full HD 1920x1080 yang sebenarnya juga dimiliki VivoBook K413, namun terasa lebih mewah di layar 15 inci miliki MateBook D15.

Keduanya juga sudah memiliki teknologi Anti-Glare, yang membedakan adalah MateBook D15 sudah dipastikan memiliki sertifikat TUV Rheinland untuk low blue light.

Jadi bagi Anda yang mencari keamanan dari radiasi tinggi yang diciptakan layar laptop sudah pasti aman dengan keberadaan sertifikat tersebut.

Meski layarnya sudah anti-glare, VivoBook Ultra 14 (K413) kurang nyaman saat dipakai di luar ruangan (siang hari). Tingkat kecerahannya tidak terlalu tinggi dan di sudut tertentu layarnya terlihat abu-abu atau kurang jelas akibat pantulan.

Lebih Aman dengan Fingerprint

huawei matebook d15 vs asus vivobook k413

Desain dan layar yang nyaman, semakin nyaman digabungkan dengan tingkat keamanan tambahan berupa fingerprint. Yap, keduanya memiliki fitur keamanan fingerprint namun dengan tata letak yang berbeda.

Tata letak fingerprint ini yang membuat keduanya jadi berbeda. Huawei MateBook D15 kami lebih bilang lebih sangat easy access karena fingerprint dan juga tombol power terintegrasi dengan sangat baik.

Alasan tersebut lebih logis ketimbang sistem fingerprint yang dimiliki VivoBook K413 yang terletak di pojok kanan atas touchpad.

Meski demikian, secara tidak langsung fitur keamanan biometrik dari Microsoft di Windows 10 ini memberikan cara praktis untuk masuk ke sistem tanpa perlu repot-repot mengetikkan kata sandi pada kedua laptop tersebut.

Kamera Unik di Balik Tombol

huawei matebook d15 vs asus vivobook k413

Fitur kamera menjadi salah satu yang cukup penting untuk pelajar dan para pekerja di masa pandemi saat ini. Karena keberadaannya sangat mendukung proses belajar dan juga koordinasi pekerjaan.

Salah satu ciri khas Huawei adalah komponen kamera yang terpasang di keyboard, dan hal ini tetap berlaku pada MateBook D15. Banyak pro dan kontra tentang peletakan kamera tersembunyi pada keyboard ini, tapi menurut kami tetap unik.

Terlebih, pengguna tak perlu menyesuaikan layar hanya untuk menempatkan posisi gambar terbaik dari kamera laptop.

Sementara VivoBook K413 masih menyematkan kamera pada frame layar seperti laptop umum lainnya.

Fastcharging

huawei matebook d15 vs asus vivobook k413

Fitur fastcharging sudah sangat umum digunakan brand-brand besar pada setiap produknya, baik itu laptop, hp maupun tablet. Tak terkecuali Huaweiyang menyematkan fitur fastcharging pada MateBook D15.

Sayangnya, dengan model charging konvensional kami mengindikasikan bahwa VivoBook K413 dengan pengisian 45W masih belum memiliki kemampuan fast charging murni.

Dari segi baterai nya dua laptop ini sama sama memiliki 42Wh. Hanya saja, MateBook D15 mampu bertahan 8,5 jam untuk penggunaan non stop. Di sisi lain, VivoBook K413 baterainya hanya mampu bertahan selama 7 Jam peggunaan.

Karena sudah terindikasi fastcharging, metode pengisian baterai pada MateBook D15 ini sudah menggunakan Type-C yang ditambah dengan keberadaan fitur reverse charging. Keberadaan fitur ini lebih menguntungkan dibanding VivoBook K413 yang masih menggunakan jenis pengisian daya konvensional.

MateBook D15 bisa digunakan sebagai power bank selain laptop pada umumnya.

Konektivitas Simple tapi Lengkap

huawei matebook d15 vs asus vivobook k413

Laptop Huawei MateBook D15 berusaha memberikan kesan yang simpel dari antarmuka fisik yang terpasang. Terdapat satu port USB 3.0 yang menemani jack audio 3,5 mm pada pinggir kiri, dan pinggir yang berlawanan juga ada port USB 3.0 yang ditemani USB-C dan HDMI.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, keberadaan USB-C pada MateBook D15 berguna sebagai pengisi daya dan tidak menutup kemungkinan sebagai media transfer data.

Sementara VivoBook K413 memiliki beberapa akses konektivitas seperti microSD card reader dan dua port USB 2.0. Disamping itu juga masih terdapat port DC-in sebagai charging port konvensional. 

Untuk transfer data ada HDMI, USB 3.1 Type-A, USB 3.0 Type-C (USB 3.1 Gen 1) yang memberikan kecepatan transfer data secara cepat, dan combo audio jack.

Kesimpulan

huawei matebook d15 vs asus vivobook k413

Untuk model laptop dengan perbandingan spesifikasi dan juga harga yang sekelas, bisa dikatakan Huawei MateBook D15 mampu mendominasi dengan teknologi yang diusung.

Meski VivoBook K413 hadir dengan layar yang lebih kecil, tapi menepis hal tersebut kualitas premium yang disajikan layar Huawei MateBook D15 juga tak bisa dipungkiri.

Keberadaan fastcharging serta reverse charging menjadi bonus tambahan bagi pemilik Huawei MateBook D15 yang tidak bisa dinikmati pemiliki Asus VivoBook K413.

Simple, lengkap, powerfull dengan multitasking yang baik, cukup bisa dijadikan gambaran paket lengkap dengan teknologi yang apik pada Huawei MateBook D15. Tapi semua tetap kembali lagi pada pilihan masing-masing sesuai dengan kebutuhan.

Tapi jika kalian berminat untuk memiliki Huawei MateBook D15 dengan segala keunggulan teknologi yang dimiliki. Silahkan langsung kunjungi website resmi Huawei untuk penawaran terbaik, atau kalian juga bisa langsung menuju official online store Huawei dan juga offline store Huawei untuk membeli MateBook D15 secara resmi.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

994 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.