Diperbaharui pada Kamis, 29 Juli 2021 | 17:49

Huawei MatePad 11 vs Samsung Galaxy Tab S7, Perang Snapdragon 865

huawei matepad 11 vs samsung galaxy tab s7

Saat ini pasti masih banyak orang yang berpikir jika membeli sebuah tablet pasti kurang menguntungkan dari beberapa sisi, termasuk salah satunya dimensi.

Tapi di sisi lain, Tablet merupakan alternatif yang bijak dari sebuah laptop, terutama jika bicara soal harga dan juga kegunaannya.

Tapi jangan salah, saat ini sudah sangat banyak model Tablet yang menggendong spesifikasi kelas atas tapi tetap dengan harga yang pantas.

Tahun lalu, kita disuguhkan dengan kehadiran dari Samsung Galaxy Tab S7 dengan Snapdragon 865 serta harga yang murah. Tahun ini, Huawei tidak mau kalah dengan menghadirkan Huawei MatePad 11, jenis tablet berkualitas premium berkekuatan Snapdragon 865.

Perlu diketahui, Huawei MatePad 11 ini menjadi tablet dengan Harmony OS 2.0 pertama yang masuk ke market indonesia serta di Asia Pasifik.

Huawei MatePad 11 ini akan diluncurkan pada 5 Agustus 2021, dan fase Pre order dimulai pada 5 hingga 13 Agustus 2021. Bagi kalian yang tertarik bisa beli Huawei MatePad 11 secara online melalui official store Huawei di JD.ID, blibli, Shopee, Tokopedia. Kemudian offline channel di Huawei Experience Store (HES), kemudian Erafone, dan toko mitra lainnya.

Ini yang membuat kami berkata bahwa Tablet merupakan alternatif terbaik dari sebuah laptop dari segala sisi, termasuk harga dan spesifikasi.

Lantas mana yang lebih baik antara Huawei MatePad 11 vs Samsung Galaxy Tab S7? Kami akan bahas hal ini berdasarkan hasil penggunaan, hal ini dikarenakan secara spesifikasi keduanya memiliki Snapdragon 865 sebagai CPU.

Lalu kenapa harus menggunakan Tablet dan untuk siapa Tablet ini jika diharuskan sebagai alternatif laptop ataupun PC?

Kenapa Tablet Jadi Alternatif Terbaik Pengganti Laptop?

huawei matepad 11 vs samsung galaxy tab s7

Terlebih dengan adanya kegiatan belajar mengajar di rumah saat ini, setiap siswa dipaksa untuk memiliki sebuah alat atau device yang bisa mengakomodir kegiatan belajar selama pandemi.

Mulai dari video call, hingga membuat tugas dan juga catatan pribadi. Sedikit membahas, tetang memilih tablet untuk anak sekolah.

Kebanyakan orang tua akan langsung berfikir untuk membelikan laptop terbaru dengan harga yang mahal, tak jarang dari mereka yang langsung melakukan upgrade besar-besaran pada PC di rumah mereka.

Tapi, hal-hal tersebut akan sedikit percuma jika kegiatan yang di akomodir hanya sebatas video call atau Tele Conference belajar mengajar yang terkadang hanya beberapa jam.

Selain itu browsing tugas dan juga mengetik hingga bermain game. Untuk anak sekolah, mungkin hal tersebut cukup berat jika dilakukan selama berjam-jam di depan layar laptop ataupun PC.

Resolusi layar yang tinggi, ketajaman warna yang cenderung menusuk mata, hingga dimensi dari laptop dan PC yang besar dan sedikit riweh dibawa kemana-mana pastinya akan menjemukan.

Tersirat untuk mengoptimalkan Hp, namun ketersediaan layar yang kecil, serta sudut pandang yang tidak maksimal menjadikannya terbatas untuk kegiatan belajar di rumah.

Tablet jadi jawaban yang pas, karena mampu mengakomodir semua hal dalam kegiatan belaja anak di rumah. Mulai dari video call dengan guru dan teman, browsing, chatting, streaming, hingga bermain game bisa dilakukan pada layar besar Tablet. Yang paling utama adalah, dimensinya pas dan juga bisa dibawa kemana-mana dengan santai seperti Hp.

Alasan lain adalah harganya yang terpaut jauh lebih murah ketimbang sebuah Laptop dan juga PC, namun dengan kegunaan yang lebih, karena beberapa Tablet juga bisa digunakan untuk menelepon di jaringan normal.

Duel Tablet Snapdragon 865 dengan Harga Murah

tablet anak sekolah

Kali ini kita bahas Huawei MatePad 11 vs Samsung Galaxy Tab S7 yang menjadi maskot Tablet murah dengan spesifikasi kencang. Perbandingan keduanya akan kita mulai dari penggunaan prosesor yang serupa sebagai awalan.

Keduanya sama-sama menggunakan Qualcomm Snapdragon 865 yang merupakan salah satu prosesor kuat saat ini.

Sedikit mengejutkan, karena seperti yang kita tahu, Huawei juga memiliki prosesor andalan mereka sendiri yang paling sering digunakan, yakni Kirin. Hal serupa juga sama dengan Samsung yang tidak menggunakan model Exynos mereka pada Galaxy Tab S7.

Namun, dibalik itu semua, meski menggunakan prosesor serupa, tapi dalam penggunaannya Huawei sedikit lebih cepat dibandingkan dengan Samsung. Kami melihatnya dari proses booting yang dibutuhkan.

Nama Produk Huawei MatePad 11 Samsung Galaxy Tab S7
RAM 6 GB 6 GB
Internal 128 GB 128 GB
Chipset Qualcomm Snapdragon 865 Qualcomm Snapdragon 865
Weight 485 Gram 498 Gram
Dimensions 253.8 x 165.3 x 6.3 253.8 x 165.3 x 7.25
Screen Size 10.95 inci 11 inci
Screen Resolution 2560 x 1600 1600 x 2560
Resolusi Kamera 13 13
Secondary Camera 8 5
Battery 7250 8000
OS Version HarmonyOS 2 One UI

Huawei MatePad 11 sedikit lebih cepat dalam hal booting dan juga mempersiapkan sistem dibanding Galaxy Tab S7.

Kami sempat beberapa kali mencoba menyalakan dan mematikan secara bersama, hasilnya Huawei tetap booting lebih cepat. Dari segi multitasking, keduanya memuaskan dari segi penggunaan.

Hal ini mungkin berkaitan dengan kapasitas RAM keduanya yang serupa, yakni 6GB. Kenikmatan mata juga dijamin dengan keberadaan layar 120Hz miliki keduanya.

samsung galaxy tab s7

Untuk ukuran layar, Huawei MatePad 11 mengusung layar 10.95 inci sedangkan Galaxy Tab S7 11 inci. Secara kasat mata keduanya memiliki tingkat kebesaran layar serupa.

Hanya saja, screen to bodi ratio yang dimiliki Huawei MatePad 11 lebih terasa besar dibandingkan Samsung Galaxy Tab S7 meskipun faktanya screen to body ratio Samsung lebih besar dari Huawei.

Hal ini dikarenakan desain pintar Huawei dengan memanfaatkan bingkat oval dibandingkan Samsung dengan bingkai kotak yang membuatnya terlihat lebih tebal.

Sampai disini masih belum banyak perbedaan antara Huawei MatePad 11 dan juga Samsung Galaxy Tab S7. Hanya saja keduanya menggunakan OS yang pastinya berbeda, Samsung Galaxy Tab S7 dengan original Android 10, sedangkan Huawei dengan HarmonyOS 2.0 yang merupakan pengembangan dari Android.

Huawei MatePad 11 Punya Warna yang Lebih Baik

huawei matepad 11

Bicara warna, kami tidak membahas warna dari produk, melainkan produksi warna yang dihasilkan dari layar dengan teknologi gamut yang disediakan.

Disini, Huawei MatePad 11 hadir dengan kecerahan warna yang lebih apik dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S7. Kami tak bisa mengabaikan aspek ini karena sangat nyaman digunakan, bahkan jika digunakan dalam waktu lama, mata tetap nyaman.

Ketajaman warna yang lebih baik ini kami rasa cukup pas jika harus digunakan untuk anak usia sekolah dasar ataupun sekolah menengah.

Jika Samsung Galaxy Tab S7 hanya memiliki kerapatan 274 ppi dengan ratio 16:10, Huawei MatePad 11 sedikit lebih tinggi dengan 276 ppi dengan ratio 16:10.

Huawei MatePad juga hadir dengan sertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light Certification yang membuatnya makin aman dan nyaman untuk digunakan seluruh keluarga. Baik untuk nonton ataupun bermain game.

Tidak hanya itu, Huawei MatePad 11 juga sudah dilengkapi dengan TUV Rheinland Flicker Free Certification. Kedua sertifikat ini sudah menjadi garansi aman yang nyata dari Huawei jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S7.

Dan pastinya, meski sama-sama memiliki refresh rate 120 Hz, untuk pengalaman visual saat browsing, main game, dan nonton drama Huawei MatePad 11 dengan DCI-P3 colour gamut dipastikan memiliki warna yang lebih kaya dan cerah jika dibandingkan tampilan warna miliki Samsung Galaxy Tab S7.

Fitur dan Daya Tahan Baterai

huawei tablet

Bicara soal fitur dan daya tahan baterai, keduanya sangat berkaitan. Sayangnya Samsung tidak mampu mengakomodir ini dengan baik pada Galaxy Tab S7.

Meski Huawei MatePad 11 memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil, namun segudang fitur yang tersemat tetap mampu membuatnya hemat daya hingga bertahan 12 jam, bahkan 13 jam dalam pengujian.

Sedangkan Galaxy Tab S7 hanya mampu bertahan 8 jam dengan penggunaan maksimal. Segala jenis fitur berupaya kami gunakan semaksimal mungkin.

Termasuk beberapa kegiatan non-stop seperti menyetel musik, mengedit foto, mengedit video hingga melakukan panggilan video call.

Huawei MatePad 11 diuntungkan dengan keberadaan teknologi Frame Rate Adaptation yang ternyata menjadi alasan Tablet Huawei ini mampu menghemat daya dibandingkan Samsung Galaxy Tab S7.

Fitur lain seperti Multi Window keduanya sudah pasti memiliki. Tapi ada yang unik pada Huawei MatePad 11 jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S7. Ada fitur tambahan seperti Window Lock yang memungkinkan kami bekerja dalam dua aplikasi pada waktu yang bersamaan.

tablet huawei

Ini mengingatkan kami dengan multi tasking yang dimiliki Ipad Pro, dan Huawei berhasil membawanya dengan baik pada MatePad 11. Di Samsung Galaxy Tab S7 sendiri kami juga sempat mencoba namun sangat efektif jika hanya 3 aplikasi secara bersama.

Tak hanya itu, fitur multi window yang dimiliki Huawei MatePad 11 bisa digunakan oleh 4 aplikasi dalam satu layar sekaligus dan bekerja sangat baik. 

Bicara soal Tablet atau yang juga dikenal dengan Pablet pastinya memiliki fitur berupa aksesoris tambahan seperti Pensil Stylus. Huawei menyebutnya dengan M-Pen sedangkan Samsung hadir dengan S-Pen.

Keduanya bekerja dengan baik pada device masing-masing, sempat iseng kami mencoba cross device dan ternyata tidak bisa bekerja dengan baik.

Menariknya, Huawei MatePad 11 memberikan penempatan slot magnetik yang pas pada bingkai bodi sehingga tidak menggangu ketika ditempatkan pada sebuah meja universal.

Stylus Pen Huawei

Sedangkan Samsung, tetap setia menempatkan posisi magnetik slot untuk S-Pen mereka di belakang bodi tetap di samping kamera. Dan hal tersebut cukup mengganggu ketika menggunakan aksesoris third party selayaknya meja.

Secara fungsi, entah kenapa penggunaan M-Pen milik Huawei MatePad 11 lebih nyaman ketimbang S-Pen Samsung Galaxy Tab S7.

Ini sudah kami buktikan lewat beberapa kali kegiatan kreatif seperti menggambar dan juga menulis langsung menggunakan Stylus masing-masing.

Ada fitur unik lain yang diusung Huawei pada MatePad 11 kali ini, dan ini bersifat integrasi antar perangkat. Jadi bagi kalian yang sudah memiliki Hp Huawei atau Laptop Huawei sebelumnya, kalian bisa langsung melakukan akses langsun ke dalam masing-masing data di tiap perangkat karena adanya fitur Huawei Share.

Keduanya sudah diberikan fitur fast charging mengingat kapasitas besar dari masing-masing baterai yang diusung. Huawei MatePad hadir dengan 7.250mAh, sedangkan Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan 8000mAh.

Audio dan Speaker

tablet anak sekolah

Sebagai alternatif pengganti laptop dan juga PC yang lebih sering digunakan untuk mendengarkan musik dan juga kegiatan video conference sekolah atau kantor, tentunya aspek Audio dan speaker sangat wajib diperhatikan.

Kami coba untuk mengeset beberapa lagu lewat beberapa aplikasi, karena kita tahu setiap aplikasi memiliki density berbeda untuk setiap suara yang dihasilkan.

Mulai dengan Spotify, JOOX, dan YouTube Music, ketiganya merupakan platform streaming dengan karakter suara auto set (ini jika dikaitkan dengan equalizer). Aplikasi ini tidak terlalu membebani kerja speaker secara berlebih, namun membuat kami tahu seberapa tinggi puncak kebisingan dan kejernihan yang dicapai speaker Huawei MatePad 11 dan juga Samsung Galaxy Tab S7.

Huawei menghasilkan suara yang padat dan jernih meski pada tingkat volume 100% tanpa getar dan pecah. Sedangkan pada Samsung Galaxy Tab S7 pada tingkat volume 100% juga memiliki hasil yang serupa namun sedikit lebih cempreng layaknya treble berlebih.

Beralih dengan menggunakan Youtube video, platform ini langsung menggunakan speaker internal dari Tablet tanpa perubahan secara digital, jadi suaranya lebih nendang. Pada titik 85% Huawei MatePad memberikan suara yang empuk dan asik tapi sedikit tinggi pada 100%, namun tetap masih nyaman di dengarkan.

Hal ini seolah membanting Samsung Galaxy Tab S7 dengan suara keringnya baik pada tingkatan volume 80% hingga 100%, ibarat sebuah speaker diletakan pada sebuah gelas stainless kosong agar terdengar keras suaranya.

Usut punya usut, ternyata Huawei menggunakan kualitas speaker quad channel dan qual speaker Histen 7.0 Audio dari Harman Kardon yang dikenal dengan suara jernih serta dentuman Bass yang empuk bagi penikmat musik.

Cara Memilih Tablet Murah Terbaik untuk Anak Sekolah

tablet sekolah anak Huawei

Ada beberapa kriteria dari cara memilih tablet murah terbaik untuk anak sekolah. Pastikan tablet yang Anda beli merupakan salah satu tablet dari merek ternama seperti Huawei. Hal ini pastinya akan berpengaruh dengan garansi yang di dapat serta kenyaman yang dijanjikan.

Kedua, lihat spesifikasinya, Huawei MatePad 11 sudah jelas mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 865. Ditambah lagi dengan adanya kamera utama dengan resolusi 13 MP berkualitas 4K dan juga kamera depan 8 MP dengan kualitas FHD yang gambarnya sangat jernih jika dipakai untuk video call dan juga kelas online.

Ketiga dukungan speaker yang baik, konektivitas lengkap seperti Bluetoot, WiFi, PC Data Syncronization, OTG hingga USB. Beruntungnya, Huawei MatePad 11 punya semua itu, dan yang paling penting, kalian bisa menggunakannya sebagai power bank karena Huawei menyertainya dengan fitur reverse power supply.

Keempat kelengkapan fitur dan juga baterai, Huawei MatePad 11 memiliki banyak fitur, mulai dari fitur editing foto dan video, multi window, TUV Rheinland, layar 120Hz, Huawei Share, ditambah interaksi yang cepat dengan keyboard dan mouse sebagai aksesorisnya.

Kapasitas baterai 7.250mAh yang diusung pun termasuk besar dengan fitur fast charging 10V/2,25A.

Kelima kelengkapan aksesoris, Huawei MatePad 11 memiliki banyak aksesoris yang melengkapi kehadirannya. Mulai dari M-Pen, keyboard dengan leather case, mouse, dan yang paling menarik adalah keberadaan Huawei Freebuds yang bisa disambungkan pada dua device Huawei sekaligus.

harga huawei matepad 11

Terakhir adalah harga, karena berbicara tentang Tablet murah untuk anak sekolah dan juga dijadikan sebagai alternatif laptop.

Huawei MatePad 11 memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S7 di pasaran. Uniknya, harga ini juga jauh lebih murah dibandingkan harga Galaxy Tab S7 saat pertama meluncur di pasar Indonesia.

Nah, jika kalian tertarik untuk mendapatkan Huawei MatePad 11 dengan harga murah tapi memiliki spesifikasi premium untuk anak sekolah ataupun untuk dijadikan alat yang mengakomodir pekerjaan kalian selama bekerja dari rumah, kalian bisa mengunjungi official store Huawei.

Huawei juga memberikan promo menarik bagi kalian yang tertarik untuk memboyong Huawei MatePad 11 dan dijadikan sebagai device harian.

Kesimpulan

harga huawei freebuds

Huawei MatePad 11 dan juga Samsung Galaxy Tab S7 secara spesifikasi bisa dikatakan hampir identik, hanya saja dalam beberapa aspek Huawei MatePad 11 memiliki keunggulan sendiri. Hal ini mencakup fitur, hingga daya tahan baterai yang dibawa.

Fitur yang dibawa Huawei MatePad 11 sangat memudahkan pengguna dalam penggunaanya, baik untuk para profesional, multimedia kreatif, hingga pelajar. Multi Window serta fitur Huawei Share cukup berguna jika dimanfaatkan dengan baik, dan ini pastinya sangat mempengaruhi kecepatan atau kinerja penggunanya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

990 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.