Diperbaharui pada Selasa, 18 Mei 2021 | 15:39

Perbedaan Air Purifier, Air Sterilizer, Air Humidifer, dan Air Diffuser

harga air purifier murahFoto: iStock

Pandemi Covid 19 berdampak pada semua aspek, termasuk kebutuhan akan udara segar dan bebas dari bakteri dan virus di rumah. Produk seperti air purifier, air sterilizer, air humidifier, dan air diffuser jadi banyak dicari. Namun apa, sih yang membedakan keempat produk tersebut?

Pada dasarnya, keempat produk tersebut dibuat untuk dapat menciptakan udara yang bersih dari bakteri, hingga menghilangkan berbagai partikel debu, kotoran, hingga asap, yang tercampur dengan udara yang kita hirup.

Perlu dicatat, tidak semua produk tersebut efektif, bukan karena produknya buruk, namun karena fungsinya memang berbeda-beda. Jadi sebelum Anda misuh-misuh kesal karena produk yang dibeli salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan, berikut ini perbedaan diantara keempatnya.

Perbedaan Fungsi Utama

Seperti namanya, air purifier memiliki fungsi utama untuk menjernihkan udara di dalam ruangan, dengan cara menyaring berbagai partikel debu, bakteri, virus, hingga asap yang ada di udara, dan mengubahnya menjadi udara yang bersih dan segar untuk dihirup.

Fungsi utama air sterilizer kurang lebih sama dengan air purifier. Produk ini juga dibuat untuk dapat menetralisir udara yang terkontaminasi oleh berbagai partikel kotoran yang dapat berbahaya bagi saluran pernafasan.

Air humidifier memiliki fungsi utama untuk melembapkan udara di dalam ruangan, untuk membuatnya lebih segar dan menenangkan untuk dihirup. Produk ini dapat mengatur kadar kelembapan di dalam ruangan dengan fungsi menyegarkan.

Sementara untuk air diffuser, seperti Namanya, produk ini memiliki fungsi utama untuk menyamarkan berbagai aroma yang tidak sedap pada udara di dalam ruangan, namun tidak melembapkan dan membersihkannya dari partikel debu dan kotoran.

Air purifier dan air sterilizer cocok digunakan untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Namun bila Anda hanya ingin mengatur kadar kelembapan udara, maka kami sarankan untuk memilih air humidifier.

harga air purifier murah

Perbedaan Cara Kerja

Produk air purifier bekerja dengan kipas yang akan berputar untuk menghisap udara kotor yang terkontaminasi oleh partikel debu, bakteri, virus, dan asap. Produk ini membutuhkan filter HEPA untuk menyaring segala partikel tersebut, lalu mengeluarkan udara tersaring yang bersih dan segar.

Walau memiliki fungsi yang nyaris serupa dengan air purifier, air sterilizer bekerja dengan cara yang berbeda. Produk ini juga dilengkapi dengan filter HEPA dan kipas, namun proses netralisasi udaranya menggunakan sinar lampu UV-A.

Produsen air sterilizer biasanya lebih banyak mengeksplor berbagai macam teknologi, sehingga memiliki varian atau model lain dengan cara kerja yang berbeda.

Beralih ke air humidifier, karena fungsi utamanya untuk melembapkan udara, maka komponen paling penting dari produk ini adalah air. Air humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap hangat yang menyebar dalam ruangan, dengan daya semprot yang dapat disesuaikan.

Berbeda dengan ketiga produk sebelumnya, air diffuser merupakan produk yang bekerja untuk relaksasi, sehingga cara kerjanya menggunakan berbagai minyak bernama essensial oil yang memiliki beragam aroma. Minyak aroma theraphy ini akan menyebar ke seluruh ruangan dalam bentuk uap, untuk menyamarkan aroma yang tidak sedap.

Perbedaan Ukuran

Produk air purifier pada umumnya berukuran besar hingga sedang, sehingga penggunaannya dengan cara diletakkan di lantai atau meja. Pengguna dapat memilih ukuran air purifier sesuai dengan besar ruangannya. Setiap ukuran memiliki jangkauan yang berbeda-beda.

Begitu pun dengan air humidifier. Ukuran produk ini pada umumnya berbeda-beda, namun tidak sebesar air purifier. Air humidifier tersedia mulai dari ukuran yang sebesar termos air, hingga pot bunga atau mangkuk, sehingga lebih cocok diletakkan di atas meja.

Berbeda dengan air purifier yang pada umumnya memiliki ukuran besar, atau air humidifier yang berukuran sedang, air sterilizer juga ada yang berukuran besar, namun tersedia juga ukuran yang lebih kecil, bahkan ada produk air sterilizer khusus untuk mobil dengan ukuran sebesar speaker Bluetooth.

Sementara itu, ukuran produk air diffuser pada umumnya menyerupai air humidifier yang berukuran sedang. Air diffuser tersedia dalam bentuk elektik dan manual. Pada jenis elektrik, uap essesial oil akan disemprotkan secara berkala, sementara pada jenis manual, biasanya menggunakan botol dengan kayu penyerap aroma.

Jangan Salah Pilih

Kami harap, setelah mengetahui perbedaan utama antara produk air purifier, air sterilizer, air humidifier, dan air diffuser, Anda akan lebih mudah untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan penggunaannya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan Anda tidak salah beli, ya.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Restu Aji Siswanto

Content Writter

703 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.