Diperbaharui pada Selasa, 4 Mei 2021 | 10:21

Perbedaan TikTok vs TikTok Lite, Mana yang Terbaik?

Oleh Restu Aji Siswanto

cara bikin uang di tiktok lite

Siapa yang tidak tahu TikTok? Baik dewasa, remaja, bahkan anak-anak, sudah menggunakan platform berbagi video pendek ini. Kini tersedia versi Lite dari aplikasi TikTok.

Membaca kata "Lite" berarti aplikasi TikTok ini merupakan versi lebih ringan dari aplikasi biasanya. Maka dari itu, ukuran file TikTok Lite juga menjadi lebih kecil dari versi biasanya.

Selain ukuran yang lebih kecil tersebut, apa lagi yang membedakan antara aplikasi TikTok dengan TikTok Lite, dan mana yang lebih baik? Berikut ini perbandingan lengkapnya!

Perbedaan Besar File

Seperti yang telah kami singgung di awal artikel ini, kata "Lite" berarti ada sesuatu yang dikurangi pada aplikasi TikTok versi tersebut, dan besar file menjadi salah satu perbedaan yang paling signifikan diantara keduanya.

Sebagai perbandingan, aplikasi TikTok versi terbaru yang ada di Google Play Store, memilki besar file 76 MB, yang bila terpasang pada smartphone, akan menggunakan kapasitas 308 MB.

Besar file ini sangat berbeda jauh dengan aplikasi TikTok Lite yang hanya memiliki besar file 21 MB, dan akan memakan kapasitas memori 63.34 MB saja ketika sudah tepasang di smartphone

Perbedaan Antarmuka

Baik TikTok versi biasa maupun TikTok Lite, memiliki tampilan antarmuka yang sama persis, dan tidak ada perbedaan sama sekali, mulai dari tampilan video, penempatan teks, hingga penempatan tombol-tombol menu dan fitur.

Walau memiliki tampilan antarmuka dan desain tombol menu dan fitur yang sama persis, namun pada kelengkapan fitur yang ditawarkan pada menu, ada yang dikurangi, begitupun pada pengaturan privasi dan konfigurasinya.

TikTok Lite dibuat sebagai copy dari aplikasi TikTok, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan penggunaan kapasitas memori yang lebih rendah. Pada versi Lite, tidak terdapat tombol 'Report' selayaknya pada aplikasi TikTok biasa.

cara menghasilkan uang di tiktok lite

Perbedaan Penggunaan Kuota

Perbedaan lain yang cukup mencolok antara TikTok dan TikTok Lite adalah penggunaan kuota data internet. Pada aplikasi TikTok, kuota data yang digunakan cukup besar, dan dapat mencapai 1 GB bila penggunanya cukup aktif.

Sementara untuk TikTok Lite, kuota data internet yang digunakan jauh lebih sedikit, dengan kisaran 60 - 100 MB saja, pada pemakaian aktifnya.

Bagi pengguna yang memiliki jumlah kuota data internet terbatas pada perangkat smartphone yang digunakannya, tentunya perbedaan yang sangat signifikan ini sangat menguntungkan, dan kuota data intenet bisa dihemat untuk penggunaan lainnnya.

Perbedaan Koneksi Internet

Dengan ukuran file yang lebih kecil dan penggunaan kuota data internet yang lebih sedikit, membuat TikTok Lite memiliki keunggulan untuk bisa berjalan pada jaringan internet yang lemot.

Seperti kita ketahui, jaringan internet di Indonesia masih belum begitu baik, dimana sering kali terjadi hilangnya sinyal internet, jaringan 4G, dsb.

Bagi pengguna TikTok yang ingin tetap eksis bahkan ketika jaringan internet sedang tidak stabil atau lemot, maka menggunakan aplikasi TikTok Lite menjadi sebuah solusi yang tepat.

cara dapat uang di tiktok lite

Perbedaan Lainnya

Selain dari perbedaan antara TikTok dan TikTok Lite yang sudah dibahas di atas, masih terdapat beberapa perbedaan lainnya diantara kedua aplikasi ini. 

Pada TikTok Lite, tidak terdapat rekomendasi iklan dan fitur pencarian menggunakan QR Code. Selain itu, pengguna TikTok Lite juga tidak akan menemukan ikon/tombol untuk notifikasi pesan, dan durasi video yang bisa direkam hanya 15 detik saja.

Terakhir, perbedaan yang paling signifikan diantara TikTok dan TikTok Lite adalah, pengguna TikTok Lite dapat menghasilkan uang melalui pengumpulan koin yang bisa didapatkan dengan melakukan berbagai aktivitas.

Koin dapat dikumpulkan setelah pengguna mengikuti akun pengguna lainnya, menonton video lain, atau mengundang teman untuk bergabung ke aplikasi tersebut. Untuk yang satu ini, metode yang digunakan sama persis dengan aplikasi SnackVideo.

Kesimpulan

TikTok Lite menawarkan pengalaman menggunakan aplikasi TikTok bagi pengguna yang berdomisili di negara dengan jaringan internet yang tidak terlalu bagus. Aplikasi ini lebih populer di kalangan pengguna TikTok dari negara-negara di Asia Tenggara.

Walau begitu, legalitas TikTok Lite ini masih dipertanyakan, karena Pricebook sendiri kesulitan untuk mencari sumber yang terpercaya untuk membuktikan apakah TikTok Lite ini resmi dikeluarkan oleh ByteDance, atau hanya buatan pihak ketiga.

Pesan kami, tetap hati-hati dalam menggunakannya, ya. Karena aplikasi media sosial apapun, menyimpan berbagai data pribadi kita, dan ada kemungkinan bisa disalah gunakan. So, stay safe, ya!

Like us!

Komentar