Diperbaharui pada Rabu, 21 April 2021 | 15:32

InDriver vs Gojek vs Grab, Mana yang Paling Oke?

Oleh Restu Aji Siswanto

Layanan transportasi online di Indonesia, khususnya Jakarta, bertambah dengan hadirnya InDriver yang menawarkan alternatif selain Gojek dan Grab, dengan sistem tarif yang ditentukan sendiri oleh pengguna.

Seperti yang kita rasakan bersama, hadirnya layanan transportasi online yang telah ramai sejak beberapa tahun ke belakang ini, semakin memudahkan kita dalam bepergian, apalagi dengan tarif yang kompetitif.

Naiknya minat masyarakat terhadap layanan transportasi online dan tingginya persaingan diantara para pemain utamanya seperti Gojek dan Grab, menyebabkan hadirnya layanan baru bernama InDriver yang memungkinkan pengguna untuk menentukan sendiri tarif perjalanan.

Selain metode penentuan dan pembayaran tarif perjalanan yang ditawarkan oleh InDriver, Gojek, dan Grab, apa lagi yang menjadi perbedaan diantara ketiganya? Pada artikel kali ini, kami menjabarkan perbedaan antara InDriver, Gojek, dan Grab.

Perbedaan Jenis Layanan

Jenis layanan yang ditawarkan oleh Gojek dan Grab bisa dibilang sama. Kedua aplikasi penyedia jasa transportasi ini menyediakan transportasi mobil dan motor.

Layanan transportasi menggunakan mobil dan motor ini juga dimiliki oleh aplikasi inDriver. Penumpang dapat memilih untuk menggunakan jenis transportasi apa yang ingin ditumpangi.

Perbedaan paling signifikan antara InDriver, Gojek, dan Grab adalah layanan lainnya, dimana Gojek dan Grab juga memiliki layanan pemesanan makanan, ekspedisi/pengantaran barang, dan lain sebagainya.

Aplikasi Jenis Layanan
Gojek GoRide (motor)
GoCar (mobil)
GoFood (makanan)
GoSend (kurir)
GoShop
GoMart
GoMall
GoMed
GoBluebird
GoBox (ekspedisi)
Tagihan & Finansial
Tiket & Hiburan
Grab Car (mobil)
Bike (motor)
Food (makanan)
Mart (supermarket)
Express (ekspedisi/kurir)
Top up (bayar tagihan)
Wellness (kesehatan)
Clean & Fix
Asuransi
Travel (tiket/hotel)
InDriver Ride (mobil)
Moto (motor)

Perbedaan Penentuan Tarif

Penentuan tarif menjadi satu lagi perbedaan yang signifikan antara InDriver, Gojek, dan Grab. InDriver menawarkan sistem tarif yang berbeda, dengan jumlah yang ditentukan sendiri oleh calon penumpang.

Bila pada aplikasi Gojek dan Grab tarif perjalanan sudah ditentukan berdasarkan jarak dan tingginya permintaan di jam-jam tertentu, pada aplikasi inDriver, penumpang bisa melakukan tawar menawar dengan pengemudi.

Aplikasi Tarif
Gojek Tarif fix berdasarkan jarak dan waktu.
Grab Tarif fix berdasarkan jarak dan waktu.
InDriver Tawar menawar penumpang dan pengemudi.

Perbedaan Jangkauan Layanan

Gojek dan Grab memberikan layanan untuk mengantar penumpang dalam batasan kota tertentu, misalnya Jabodetabek saja, dan tidak bisa dipesan untuk mengantar ke luar kota.

Walau begitu, layanan transportasi online Gojek dan Grab juga dapat digunakan di kota lain, tergantung apakah kotanya sudah memiliki kedua layanannya. Namun hanya sebatas jarak lokal kota tersebut.

InDriver menawarkan jangkauan layanan yang berbeda, karena aplikasi transportasi online ini dapat dipesan untuk melakukan pengantaran ke luar kota. 

Penumpang dapat memesan mobil untuk mengantar mereka ke destinasi kota tujuan, atau pengemudi bisa langsung menawarkan jasa mengantar ke luar kota. Keduanya dapat mengatur tarif sendiri, hingga ada kesepakatan antara penumpang dan pengemudi.

Aplikasi Jangkauan Layanan
Gojek Dalam kota dan sekitarnya.
Grab Dalam kota dan sekitarnya.
InDriver Dalam dan luar kota.

Dengan bertambahnya layanan transportasi online di Indonesia, tentunya akan memberikan lebih banyak opsi kepada calon penumpang. Tarif yang bersaing juga menjadi salah satu faktor yang menentukan pilihan.

Namun melakukan perjalanan di masa pandemi Covid 19 tetap perlu diperhatikan. Pastikan Anda dan pengemudi telah mematuhi protokol kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Selamat mencoba!

Like us!

Komentar