Diperbaharui pada Selasa, 30 Maret 2021 | 12:13

New Mazda CX-3 Sport 1.5L, Ini Bedanya dengan Versi 2.000 cc

Oleh Imam Ali

New Mazda CX-3 Sport 1.5L

Distributor Mazda di Indonesia, Eurokars Motor Indonesia (EMI), meluncurkan pilihan baru crossover Mazda CX-3 dengan mesin lebih kecil 1.500 cc. EMI yakin varian lebih murah ini dapat membuat CX-3 lebih bersaing di pasaran.

"Pasar SUV di Indonesia semakin ramai, terutama untuk pasar mid-size SUV bermesin 1.500 cc. Kami optimis Mazda dapat bersaing di segmen yang sangat menjanjikan ini," ujar Ricky Thio, Managing Director EMI saat peluncuran.

Salah satu pembaruan adalah pada bagian mesin. CX-3 akan menggunakan mesin SKYACTIV-G 1.5L 4-silinder sejajar yang diadopsi dari MAZDA3 FASTBACK.

Mengenai mesin, tidak seperti mesin SKYACTIV-G 2.0L 4 silinder sejajar dan mesin SKYACTIV-D 1.8L 4 silinder sejajar yang telah disiapkan sejauh ini, mesin baru akan menjadi entry grade yang lebih murah dan lebih terjangkau.

Mesin baru CX-3 diklaim mampu melepas 109,4 hp pada rpm 6.000 dan torsi maksimal 144 nm pada 4.000 rpm. Tenaga itu lebih kecil dari varian mesin 2.000 Skyactiv CX-3 yang sudah ada sebelumnya, 147 hp dan 195 Nm.

New Mazda CX-3 Sport 1.5L

Mesin 1.500 cc tidak berlabel Skyactiv, namun dipadukan dengan transmisi otomatis Skyactiv 6-percepatan untuk mengantarkan daya ke roda depan.

"Meskipun menggunakan mesin dengan kapasitas lebih kecil dari sebelumnya, namun New Mazda CX-3 SPORT 1.5L ini akan tetap menyuguhkan kesenangan berkendara," kata Ricky.

Sedangkan untuk warna tubuh, abu-abu metalik polimetal yang juga ditetapkan untuk Roadster MAZDA3 / Mazda CX-30 / ND baru telah ditambahkan ke model ini, yang tidak hanya memperdalam desain tetapi juga memungkinkan pembeli memilih warna bodi khusus secara gratis.

New Mazda CX-3 Sport 1.5L

Selain mesin, tampilan mobil ini juga mengalami penyegaran. Misalnya pelek 18 inci yang kini hadir dengan warna Gunmetal, kemudian ada penggunaan font baru pada badge dan juga model kunci terbaru yang dikenal dengan 7-G key fob.

Sedangkan untuk interior, meskipun tidak ada perubahan seperti eksterior, bahan dari kursi depan belakang diubah dengan santai dan kursi generasi baru yang dapat menahan panggul dan mempertahankan kurva S.

Mobil ini juga akan mengadopsi teknologi keselamatan canggih i-ACTIVSENSE sebagai perlengkapan standar, dan sesuai dengan kendaraan pendukung berkendara yang aman, Sapo Car S Wide.

Menurut EMI struktur kursi ini mampu menopang tubuh pengemudi dan penumpang dengan lebih baik sehingga diklaim lebih nyaman.

harga New Mazda CX-3 Sport 1.5L

Selain itu, terdapat juga kemampuan koneksi nirkabel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Lalu ada penggunaan fitur Head-Up Display, dan fitur Blind Spot Monitoring.

Fitur lainnya Parking Sensor, Side Airbag dan Curtain Airbag yang jumlah keseluruhannya mencapai enam titik airbag.

EMI memastikan pihaknya tidak menyudahi penjualan CX-3 dengan mesin 2.000 cc. Mobil itu tetap dipasarkan dengan harga Rp454,4 juta, sementara CX3 varian 1.500 cc Rp339,9 juta on the road Jakarta.

Like us!

Komentar