Diperbaharui pada Jumat, 20 November 2020 | 19:50

Perbedaan Bank Digital Jenius dan TMRW, Mana yang Lebih Baik?

Oleh Syahya Rembulan

Perbedaan Bank Digital Jenius dan TMRWFoto: Pixabay

Digital banking merupakan konsep baru yang biasa disebut juga dengan “branchless banking”. Berbeda dari Bank pada umumnya yang memiliki kantor cabang di setiap daerah, digital banking sama sekali tidak memiliki kantor fisik. Melainkan pelayanan hanya dilakukan melalui smartphone yang terhubung jaringan internet.

Saat ini, konsep digital banking menjadi tren di hampir semua kalangan. Konsep yang dimilikinya dianggap lebih mudah dan modern. Para nasabah tidak perlu lagi pergi ke bank untuk mengurus pendaftaran rekening maupun mengurus permasalahan lainnya. Dengan ini, para nasabah akan bebas dari antrian.

Aplikasi digital banking yang paling populer di Indonesia saat ini adalah Jenius dan TMRW. Belakangan ini, kedua nama digital banking tersebut sering terdengar. Lalu, apa yang membedakan keduanya? Berikut ini kami memberikan ulasan terkait bank digital Jenius dan TMRW. 

Tentang Jenius

Perbedaan Bank Digital Jenius dan TMRWFoto: Jenius

Jenius merupakan produk bank digital besutan bank BTPN. Jenius merupakan pencetus digital banking pertama di Indonesia, dan membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank.

Semua aktivitas ini bisa dilakukan hanya dari satu tempat, melalui smartphone saja, baik yang berbasis Android maupun iOS. Jenius hadir dalam bentuk aplikasi dan menyajikan fitur fitur yang bisa digunakan layaknya transaksi bank pada umumnya. 

Fitur-fitur Jenius

Pada aplikasi Jenius, kamu akan mendapatkan fitur-fitur menarik, diantaranya pembayaran, menabung, mengontrol, aksesibilitas, dan funding.

Pada menu pembayaran terdapat juga beberapa fitur diantaranya, pay me untuk mengirim permintaan uang dengan teman melalui nomer hp atau email, send it, untuk mengirim uang, split bill untuk membagi tagihan pembayaran dengan teman, Jenius Pay untuk transaksi e-commerce.

Selain itu, ada juga e-wallet untuk top up saldo Jenius dengan mudah, transaksi ini bisa dilakukan melalui OVO, Gopay, LinkAja, maupun Dana. Ada juga Jenius QR untuk mengakses pembayaran dengan cepat.

Berikutnya, ada fitur menabung yang didalamnya meliputi Flexy Saver untuk mengalokasikan uang yang ditabung, Dream Saver untuk tabungan yang akan mewujudkan impianmu, dan Maxi Sever untuk deposito berjangka yang bisa dikelola sendiri.

Selanjutnya, ada juga fitur yang mengontrol aktivitas keuangan seperti Card Center, In & Out, e-Statement, dan Moneytory. Dan yang terakhir fitur aksesibilitas untuk akses jenius lebih cepat dengan aplikasi chatting.

Cara Daftar Jenius

Adapun cara daftar Jenius adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Jenius di hpmu, dan buka aplikasi.
  2. Kamu akan diminta untuk melakukan registrasi dengan memasukan nomor telpon dan email. Setelah selesai, pilih “Lanjutkan”
  3. Buat username untuk identitas Jenius atau $Cashtag.
  4. Masukan nama lengkap untuk kartu Jenius sesuai dengan KTP.
  5. Buat password untuk aplikasi Jenius.
  6. Kemudian buat pin perangkat. 

Selesai! Setelah tahap ini staff Jenius akan menghubungi melalui fitur video call yang ada pada aplikasi untuk melakukan aktivasi pada rekeningmu. 

Kelebihan dan Kekurangan Jenius

Dengan menggunakan bank digital Jenius kamu akan mendapatkan beragam keuntungan diantaranya, mendapatkan 5 kartu sekaligus yang bisa digunakan untuk berbagai perencanaan keuangan, Bisa diakses melalui desktop maupun aplikasi, tersedia pinjaman uang instan, komunitas nasabah Jenius yang aktif dan edukatif, dan masih banyak lagi.

Namun, Jenius juga memiliki beberapa kekurangan yaitu, transfer gratis dan ambil uang gratis tergantung pada saldo rata-rata bulan sebelumnya, promo dan pelayanan yang semakin lama semakin berkurang, butuh konektifitas internet yang kuat, tidak ada fasilitas kartu kredit fisik.

Tentang TMRW

Perbedaan Bank Digital Jenius dan TMRWFoto: TMRW

Beralih ke TMRW, bank digital ini merupakan besutan dari bank konvensional, UOB. Meskipun terbilang baru, nampaknya TMRW sudah sangat populer di kalangan masyarakat dan memiliki banyak peminat. Layanan berbasis mobile ini menjanjikan kemudahan transaksi keuangan secara digital. Aplikasi TMRW dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Fitur-fitur TMRW

Selain memiliki fitur digital banking pada umumnya, TMRW juga memiliki beberapa fitur menarik yang menjadikannya lebih unggul dari yang lainnya. Fitur ini diantaranya adalah smart insight, dan smart saver.

Fitur smart insight berguna untuk selalu mengingatkanmu setiap ada pembayaran yang harus diselesaikan. Dengan begitu kamu tidak akan telat membayar tagihan, atau lupa transfer, karena reminders dan alerts di aplikasi TMRW akan selalu mengingatkanmu.

Fitur smart saver akan membantumu untuk bisa menabung dengan baik, serta memberikan tips dan trik biar tabunganmu makin bertambah.

Cara Daftar TMRW

Untuk mendaftar di bank digital TMRW, para calon nasabah hanya perlu melakukannya secara online, dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasi TMRW.
  2. Pilih “Open Account”untuk pembukaan rekening baru.
  3. Masukkan kode promo jika ada.
  4. Registrasi nomor hpmu.
  5. Selfie dan foto KTP.
  6. Isi data pribadi seperti yang diminta.

Setelah registrasi selesai, kamu harus segera menghubungi pihak TMRW melalui fitur video call yang telah disediakan. Setelah aktivasi selesai, kamu sudah bisa menikmati beragam fitur didalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan TMRW

Dengan menggunakan bank digital TMRW, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan diantaranya, Bebas biaya tarik tunai di semua ATM di Indonesia dengan saldo minimum Rp 1.000.000 sebelum penarikan.

Selain itu, kamu juga akan terbebas dari biaya transfer dan bayar tagihan via Aplikasi TMRW, tidak ada biaya bulanan atau biaya saldo minimum, kebebasan bertransaksi di jutaan merchant dengan Kartu Debit TMRW, serta  mendapat bunga 0,5% per tahun tanpa minimum atau jumlah tertentu.

Namun, TMRW juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya, pengguna wajib berusia minimal 21 tahun untuk mendaftar rekening TMRW, pilihan top up e-wallet dan bayar tagihan di aplikasi TMRW masih sangat terbatas, dan fitur yang tersedia relatif sedikit bila dibandingkan dengan Jenius.

Jadi, Pilih yang Mana?

Nah itu dia ulasan tentang dua bank digital yang sedang populer saat ini. Jika kamu menggunakan bank digital untuk keperluan transaksi mungkin kamu akan lebih menyukai Jenius. Namun, jika kamu ingin lebih berfokus untuk menabung, mungkin TMRW akan menjadi pilihan yang tepat. Kira-kira mana yang lebih cocok untukmu? 

Like us!

Komentar