Diperbaharui pada Senin, 26 Oktober 2020 | 08:39

Perbandingan 5 Provider Digital di Indonesia, Mana yang Terbaik?

Oleh Restu Aji Siswanto

perbandingan provider digitalFoto: Pixabay

Kebutuhan akan internet mobile di era milenial terus bertambah, terlebih lagi dengan bergesernya gaya hidup yang kini didominasi oleh Gen Z. Hadirnya 5 provider digital di Indonesia membuat persaingan semakin ketat. Kira-kira mana yang menjadi idaman generasi muda saat ini?

Menjawab kebutuhan internet Gen Z, 5 provider digital di Indonesia yaitu by.U, switch, Power Up, Live.On, dan yang paling baru, MPWR, menawarkan berbagai jenis paket kuota internet dengan harga yang kompetitif.

Perbandingan Paket Kuota Data Utama

perbandingan kuota data provider digitalFoto: Pixabay

Pricebook membandingkan kelima provider digital ini secara head to head mulai dari paket kuota data utama, hingga paket-paket add on. Perbandingan ini kami dasarkan pada besaran kuota yang diberikan, masa aktifnya, dan tentu saja, harga.

Dari kelimanya, by.U menawarkan lebih banyak paket kuota data internet. Provider digital dari Telkomsel ini punya 6 paket kuota data utama yang bisa dipilih yaitu Yang Bikin Kangen (1 GB), Yang Bikin Nyaman (2 GB), Yang Bikin Deket (10 GB), Yang Bikin Nempel (3 GB), Yang Bikin Nagih (10 GB), dan Yang Bikin YaQueen (23 GB).

Selanjutnya ada switch mobile yang menawarkan 4 paket kuota data utama yaitu Lite Bar (3 GB), Standard Bar (10 GB), Power Bar (16 GB), dan Super Bar (22 GB).

MPWR yang merupakan pemain baru, menawarkan 3 paket kuota data utama yang bisa dipilih oleh pengguna, mulai dari Friendly (12 GB), Buddy (23 GB), hingga Bestie (38 GB). Provider besutan Indosat Ooredoo ini menawarkan harga promo khusus untuk 10.000 pengguna pertama.

Bila ketiga provider digital di atas menawarkan beragam paket kuota data, dua provider digital lainnya yaitu Power Up dari smartfren, dan Live.On dari XL Axiata, hanya memberikan dua buah opsi paket kuota data saja.

Power Up memiliki paket kuota data 12 GB dan 24 GB, sementara Live.On menawarkan dua paket kuota data Power On (25 GB) dan Power Full (50 GB). Kekurangan Power Up dalam hal ini adalah kuota data yang terbagi dalam 4 minggu.

Sementara Live.On, walau hanya menawarkan dua jenis paket kuota data utama saja, namun provider digital satu ini menawarkan sistem roll over, yang menurut kami sangat menguntungkan pengguna. Jadi, bila sisa kuota data belum habis setelah masa berlaku habis, akan otomatis ditambahkan bila pengguna membeli paket kuota data baru.

Diluar paket kuota data utama yang ditawarkan oleh 5 provider digital diatas, dua dari mereka, yaitu by.U dan switch, juga menawarkan paket kuota data yang bisa diatur sendiri oleh pengguna, yaitu paket Yang Semuanya Semaunya dari by.U, dan paket switch & smart dari switch.

Dari paket-paket kuota data utama yang ditawarkan oleh kelimanya, menurut kami by.U memberikan penawaran terbaik, karena jenis-jenis paket yang ditawarkan lebih barvariasi, dan bisa memenuhi kebutuhan penggunanya dengan tepat.

Selain itu, sebagai provider digital yang diklaim mewakili gaya hidup anak muda, by.U juga menawarkan paket kuota kuota 1 Mbps dan 2 Mbps yang menjadi andalan mereka saat saat ini. Pengguna dapat menggunakan internet tanpa Batasan kuota, selama masih dalam masa aktif.

Perbandingan Fitur-Fitur

perbandingan fitur provider digitalFoto: Pexels

Kalau dari segi fitur, sejauh yang kami lihat dan bandingkan dari kelima provider digital yang ada, baru by.U yang memiliki fitur yang cukup banyak dibandingkan yang lainnya.

Fitur-fitur ini disesuaikan dengan target pasar mereka, yaitu para digital savy yang sebagian besar aktivitasnya dilakukan secara digital, mulai dari pekerjaan, hingga menikmat waktu santai.

Melalui aplikasinya, by.U memiliki fitur bernama Pojok Hiburan yang dibuat sebagai media hiburan bagi para pengguna yang merasa bosan di rumah.

Fitur Pojok Hiburan ini berisi podcast dari by.U podcast dan KULTUM (Kuliah Tidak Umum) yang berisi obrolan seputar musik, cinta dan segala hal tentang Korea Selatan mulai dari drama, hingga para idol yang populer di Indonesia.

Selain itu, bagi penggemar Fiersa Besari, by.U bekerja sama dengan Inspigo untuk menghadirkan podcast Kisah Kepingan Rindu langsung dari Fiersa Besari.

Fitur lain dari by.U yang tidak kami temukan pada provider digital lainnya adalah Today’s Mixtape, dimana pengguna bisa mendengarkan lagu pilihan melalui playlist yang berisi lagu-lagu favorit, dengan tema-tema tertentu. Ini mood booster banget, sih.

Selanjutnya, buat para digital savy yang tidak mau ketinggalan berita terkini, kamu juga bisa membaca berita-berita update yang telah dikurasi, langsung dari aplikasi by.U.

Terakhir, fitur yang paling kami suka dari by.U adalah fitur Rich GIGA, yang merupakan program referral untuk mengajak teman memakai by.U. Keuntungannya buat pengguna adalah kuota 2 GB gratis untuk pengguna, dan 2 GB untuk teman yang mengaktifkan SIM card by. U memakai link referral kita.

Program referral ini juga dimiliki oleh Live.On melalui kontes MOVEONKELIVEON, yang selain menawarkan bonus kuota data, juga memiliki hadiah fisik berupa perangkat gawai mulai dari Samsung Galaxy A51, Samsung Galaxy Tab A 8.0, hingga Earphone JBL.

Dari segi fitur, tampaknya hanya by.U dan Live.On yang secara signifikan menawarkan fitur pendukung gaya hidup digital. Walau jelas terlihat, fitur-fitur by.U membuat mereka jadi lebih unggul bila dibandingkan dengan provider digital lainnya. Jadi untuk yang satu ini, by.U pemenangnya.

Perbandingan Masa Aktif Paket Kuota Data

perbandingan masa aktif provider digitalFoto: Pixabay

Seluruh paket kuota data yang ditawarkan oleh kelima provider digital tersebut tentunya memiliki masa aktif yang berbeda-beda. by.U menawarkan masa aktif mulai dari 1 hari, 3 hari, 14 hari, hingga 30 hari, berbeda dengan switch yang memukul rata semua masa aktif paketnya selama 28 hari.

Power Up memberikan masa aktif selama 24 minggu dengan pembagian penggunaan kuota per 4 minggu. Sementara dua provider lainnya yaitu Live.On dan MPWR, memberikan masa aktif selama 30 hari.

Soal masa aktif ini, terlihat by.U lebih unggul karena masa aktif yang ditawarkan masa aktif yang lebih banyak karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu, pada paket kuota 1 Mbps, masa aktifnya bisa dipilih selama 1-24 jam. Ini yang tidak dimiliki oleh provider digital lainnya.

Perbandingan Harga Paket Kuota Data

perbandingan harga paket provider digitalFoto: Pixabay

Harga adalah salah satu hal utama yang berperan besar dalam pengambilan keputusan membeli, apalagi soal kuota data internet. Tidak dapat dipungkiri, selain besar kuota, harga menjadi daya tarik pengguna.

Dengan pilihan paket kuota data yang lebih beragam, tentunya harga yang ditawarkan oleh by.U juga lebih banyak. Paket termurah by.U adalah paket Yang Bikin Kangen, dengan masa aktif 1 hari, dan dijual dengan harga Rp 4000 saja. 

Paket kuota 1 Mbps pun ditawarkan dengan harga yang cukup murah. Pengguna hanya perlu membayar Rp 1000 untuk menikmati speed internet tanpa batasan kuota selama 1 jam.

Paket kuota data termahal by.U ditawarkan seharga Rp 100.000 (Yang Bikin YaQueen), dengan besar kuota 23 GB, dan masa aktif 30 hari. Sementara untuk kuota 1.5 Mbps, dijual seharga Rp 40.000 (7 hari), dan Rp 140.000 (30 hari).

MPWR menjadi provider digital kedua dengan penawaran harga yang cukup menarik. Selama masa promonya, MPWR menawarkan harga paket kuota data Rp 25.000 (Friendly), sementara dua paket lainnya, Buddy dan Bestie dijual dengan harga Rp 37.500 dan Rp 50.000.

Sebagai provider digital paling baru, harga yang ditawarkan cukup kompetitif dan menurut kami sangat menggiurkan, mengingat besar kuota data yang diberikan. Masih soal harga promo. Live.On juga menawarkan harga promo Rp 69.000 untuk paket Power On, dan Rp 114.000 untuk paket Power Full, dengan menggunakan kode khusus yang bisa ditemukan di situs resminya.

Power Up dari smartfren memberikan harga Rp 68.000 untuk paket kuota data 12 GB, dan Rp 118.000 untuk paket kuota data 24 GB. Bagi kami, harga paket ini terbilang mahal, apalagi kalau dibandingkan dengan paket Yang Semuanya Semaunya milik by.U.

Pengguna dapat membeli kuota data sebesar 23 GB, dengan masa berlaku 30 hari, seharga Rp 100.000 di aplikasi by.U. Bila dibandingkan dengan Batasan kuota yang dibagi per 4 minggu untuk Power Up, jelas pengguna by.U menang banyak.

Dari kelima provider digital, switch menawarkan harga paket kuota data yang paling mahal. Kuota data terkecilnya (3 GB) dijual seharga Rp 50.000, sementara kuota data terbesarnya (22 GB) dijual dengan harga Rp 200.000. Secara keseluruhan, by.U juga masih lebih unggul soal harga.

Perbandingan Paket Add On

perbandingan add on provider digitalFoto: Pixabay

Selain menawarkan paket kuota data internet, kelima provider digital ini juga menawarkan paket add on untuk berbagai kebutuhan. Paket add on yang dimiliki masing-masing provider juga beragam, mulai dari paket kuota data, media sosial, streaming, hingga paket menelepon. Namun kami hanya akan membandingkan paket untuk kebutuhan berinternet saja.

Power Up memiliki 3 paket add on yang bisa dipilih. Paket berupa kuota data tambahan ini dijual seharga Rp 28.000 (4 GB), Rp 48.000 (8 GB), dan Rp 78.000 (16 GB). Harga yang ditawarkan cukup mahal menurut kami.

Paket add on kuota data tambahan juga ditawarkan oleh switch yang memberikan dua pilihan dengan kuota data 1 GB seharga 10.000, dan kuota data 2 GB seharga Rp 20.000. Harga yang ditawarkan switch hampir mirip dengan penawaran Live.On.

Harga paket add on kuota data tambahan milik Live.On ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 10.000 (1 GB), dan dengan menambah Rp 6000 saja, pengguna akan mendapatkan kuota data tambahan 2 GB. Masih ada juga add on kuota data tambahan 5 GB yang dijual seharga Rp 30.000.

Selain kuota data tambahan, Live.On juga menawarkan paket add on untuk streaming dengan harga Rp 5000 (7 GB/1 hari), Rp 25.000 (20 GB/7 hari), dan Rp100.000 (50 GB/30 hari), serta paket add on media sosial seharga Rp 3000 (7 GB/1 hari), Rp 15.000 (20 GB/7 hari), dan Rp 50.000 (50 GB/30 hari).

by.U yang sejak awal memposisikan diri untuk mewakili gaya hidup anak muda, tentunya tidak mau ketinggalan untuk memberikan berbagai penawaran paket add on. by.U menyebut paket add on mereka sebagai topping, dan lebih fokus pada media sosial.

Pengguna by.U bisa membeli topping untuk menggunakan aplikasi Instagram, Youtube, Facebook, Twitter, TikTok, hingga streaming film di Viu dan Video, juga musik melalui aplikasi Joox dan Spotify. Bahkan untuka mendukung kegiatan belajar online, tersedia juga topping untuk mengakses aplikasi Zenius dan Ruangguru. 

Setiap topping ini memiliki beberapa opsi dengan besar kuota, masa aktif, dan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 2000, hingga Rp 12.000. Besar kuota yang ditawarkan mulai dari 512 MB - 100 GB. Masa aktifnya mulai dari 1 hari hingga 30 hari.

Dari kelima provider digital tersebut, hanya MPWR saja yang belum menawarkan paket add on untuk layanan kuota data internetnya. Secara keseluruhan, menurut kami by.U adalah provider digital yang memberikan lebih banyak keuntungan dalam hal pilihan add on.

Selain harga yang lebih murah dari provider digital lainnya, pilihan topping yang dibagi berdasarkan aplikasi-aplikasi pilihan menjadi nilai tambah by.U dibandingkan dengan yang lain. Bagaimana, sudah menentukan pilihanmu?

Like us!

Komentar