Diperbaharui pada Rabu, 21 Oktober 2020 | 14:10

Perbandingan Paket Kuota Bebas by.U dan switch, Mana yang Terbaik?

Oleh Restu Aji Siswanto

kuota bebas by.u vs switch
Provider internet mobile by.U baru-baru ini memperkenalkan paket kuota ‘Yang Semuanya Semaunya’ yang berbeda dari provider lainnya, karena menawarkan paket kuota data internet yang bebas diatur sendiri besar dan masa berlakunya.

Menjadi provider digital pertama yang menawarkan paket bebas mengatur kuota sendiri, by.U kini mendapatkan saingan dari sesama provider digital, switch, yang menawarkan paket serupa yang diberi nama ‘switch & smart’. Wah, kira-kira mana yang lebih baik?

Kuota Yang Semuanya Semaunya by.U

kuota yang semuanya semaunya by.u
by.U tampaknya selalu berusaha untuk memanjakan pengguna setianya dengan menawarkan paket-paket kuota data internet yang dapat memenuhi kebutuhan berbeda dari setiap pengguna. Setelah sukses melakukan uji coba paket kuota 1 Mbps, by.U kemudian mengeluarkan paket kuota 1.5 Mbps.

Selain kedua paket kuota data internet yang menjadi andalan by.U tersebut, provider digital ini juga menawarkan paket kuota ‘Yang Semuanya Semaunya’, dengan besaran kuota dan masa berlaku yang bisa diatur sendiri oleh penggunannya.

Terobosan ini menjadi yang pertama di Indonesia. Kehadiran paket kuota data ini tentunya memberikan keuntungan kepada penggunanya, contohnya ketika menghadapi situasi darurat dan membutuhkan tambahan kuota data.

Paket kuota Yang Semuanya Semaunya menawarkan kuota data mulai dari 1 GB hingga 35 GB. Harga kuota datanya dihitung berdasarkan masa berlaku yang dipilih oleh pengguna. Masa berlaku paket bisa diatur untuk 1 hari, atau maksimum 30 hari.

Harga yang ditawarkan untuk paket kuota Yang Semuanya Semaunya ini juga cukup terjangkau. Kuota data 1 GB untuk masa berlaku 1 hari misalnya, by.U memasang tarif Rp 4000 untuk membeli paket kuota data ini, dan bila akan dipakai untuk 30 hari, tarif yang dikenakan menjadi Rp 42.000.

Fitur switch & match dari switch

fitur switch & match switch
Belum lama sejak by.U meluncurkan paket kuota data Yang Semuanya Semaunya, provider digital switch juga memperkenalkan fitur baru pada aplikasinya yang diberi nama ‘switch & match’, yang menawarkan paket kuota data serupa.

Untuk mengaktifkan paket kuota ini, pengguna switch bisa melakukannya dengan mengakses halaman Service Plan pada aplikasi dan menentukan sendiri jumlah kuota internet yang diinginkan. Hal yang membedakan paket ini dengan by.U adalah, switch & match juga menawarkan paket telepon dan Extra Data.

Masa berlaku paket switch & match ini adalah 28 hari sejak melakukan transaksi pembelian, dengan penawaran kuota data maksimum 80 GB. Tarif minimum untuk layanan ini dimulai dari Rp 60.000.

Bila pengguna ingin menambahkan tambahan kuota data untuk mengakses aplikasi tertentu, switch memberikan kebebasan untuk memilih 3 aplikasi pilihan, dengan besar kuota 3 GB, yang bisa diaktifkan dengan tambahan tarif Rp 10.000.

Kuota Bebas by.U vs switch

by.u vs switch mobile
Kedua provider digital ini menawarkan paket kuota bebas yang sama-sama menggiurkan, terutama bagi pengguna yang internet savy. Tentunya kehadiran paket kuota data yang besaran datanya bisa diatur sendiri, menjadi daya Tarik tersendiri. Terlebih lagi, kuota data tersebut tidak dibagi-bagi.

Untuk kebutuhan data, by.U menawarkan opsi kuota data maksimum hingga 35 GB saja, berbeda dengan switch yang menawarkan hingga 80 GB. Untuk beberapa pengguna yang memiliki kebutuhan khusus, tentunya data yang besar lebih dibutuhkan.

Namun kalau melihat dari penggunaan kuota data internet minimum pengguna smartphone di Indonesia, kuota data 35 GB masih lebih baik. Kuota data yang besar berpotensi menjadi mubazir bila pada batas waktu penggunaannya, masih tersisa banyak.

Dengan menyorot hal tersebut, ini berkaitan dengan masa berlaku paket kuota data yang bisa diatur oleh pengguna. by.U menawarkan opsi yang lebih baik dengan membebaskan pengguna memilih masa berlaku yang sesuai dengan penggunanya.

Paket kuota data switch & match yang ditawarkan switch memiliki masa berlaku 28 hari untuk semua besaran kuota data yang dipilih, sementara by.U memberikan opsi masa berlaku 1 hari, 3 hari, 4 hari, dan 30 hari. Untuk yang satu ini, jelas by.U lebih unggul.

Harga dan Penawaran Lainnya

Harga, paket yang ditawarkan oleh switch pada fitur switch & match perlu diakui lebih mahal dari paket kuota data Yang Semuanya Semaunya milik by.U. Harga termurah yang ditawarkan oleh switch adalah Rp 60.000, berbeda dengan harga awal by.U yang hanya Rp 4000.

Sebagai perbandingan soal harga, kuota data sebesar 20 GB pada fitur switch & match ditawarkan seharga Rp 100.000, dengan masa berlaku 28 hari. Selain itu, pengguna masih harus menambah Rp 10.000 untuk mendapatkan tambahan kuota 3 GB untuk mengakses aplikasi pilihan. 

Bila ditotal, pengguna switch harus membayar Rp 110.000 untuk mendapatkan total kuota data 23 GB. Sedangkan untuk harga Rp 100.000, pengguna by.U bisa mendapatkan kuota data 23 GB, dengan masa berlaku 30 hari. Perbedaan ini menurut kamu cukup signifikan.

Kesimpulan

Bila dibandingkan secara head to head dari besaran kuota data dan tarifnya, serta masa berlaku paket data, by.U memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan switch. Satu-satunya yang membedakan adalah, pengguna switch bisa mengatur paket menelepon.

Secara keseluruhan, paket Yang Semuanya Semaunya milik by.U memiliki keunggulan di opsi masa berlaku, dengan harga yang lebih murah. Sepertinya dua hal ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan internetan para technology savy. Plus, by.U menggunakan jaringan Telkomsel yang jangkauannya lebih luas.

Like us!

Komentar