Diperbaharui pada Senin, 12 Oktober 2020 | 18:54

Bedanya Soundbar dan Speaker Home Theater, Mana yang Lebih Baik?

Oleh Syahya Rembulan

Soundbar vs speaker home theaterFoto: Bose

Bagi penikmat musik dan film, pastinya speaker adalah salah satu perangkat audio yang wajib dimiliki. Seperti yang kita ketahui, beberapa orang mungkin menggunakan speaker home theater untuk mendampingi televisi di rumahnya, agar mendapatkan kualitas audio yang jauh lebih baik.

Namun, saat ini muncul inovasi teknologi baru yang mungkin akan menggantikan speaker home theater. Perangkat ini dinamakan Soundbar. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Apa Itu Soundbar dan Speaker Home Theater 

Pertama-tama kita akan membahas tentang speaker home theater. Alat ini sudah menjadi andalan bagi para penikmat musik maupun film. Teknologinya yang canggih memberikan kualitas suara yang sangat jernih, sehingga saat menonton film, akan terasa seperti di dalam bioskop.

Speaker home theater ini juga biasanya didesain sangat elegan dengan sepasang speaker yang diletakan pada kanan dan kiri TV, yang secara tidak langsung juga membuat tampilan ruang keluarga semakin menarik.

Beralih ke soundbar, alat ini termasuk teknologi baru di jajaran perangkat audio. Sama halnya seperti speaker home theater, soundbar juga berfungsi sebagai pendamping televisi untuk mendapatkan kualitas audio yang lebih baik.

Jika home teater memiliki beberapa pasang speaker yang dipasang di kiri, kanan, depan, belakang, bahkan di atas langit-langit, dengan ukuran yang cukup besar, soundbar didesain lebih kecil dengan bentuk memanjang dan biasanya diletakan di bawah televisi layaknya perangkat DVD Player.

Soundbar vs Speaker Home Theater

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan speaker mana yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Bentuk Fisik

Soundbar vs speaker home theaterFoto: Bose

Seperti yang telah dijelaskan diatas, speaker home theater memiliki bentuk fisik yang lebih rumit. Biasanya speaker ini memiliki beberapa jenis speaker di dalam satu paketnya, sehingga pemasangan kabelnya pun akan jauh lebih rumit

Jika Anda menyukai tampilan yang simple, mungkin Anda lebih cocok menggunakan soundbar. Tampilannya yang simple dan kecil membuatnya lebih praktis. Selain itu, soundbar juga sudah didukung teknologi wireless sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak kabel untuk menghubungkannya ke televisi.

2. Kapasitas Tempat

Soundbar vs speaker home theaterFoto: Pinterest

Sesuai dengan bentuk fisiknya, penggunaan speaker home theater tentu akan memakan banyak tempat di ruang keluarga Anda. Berbeda halnya dengan Soundbar yang di desain minimalis dan tidak memakan banyak tempat.

Jika pada speaker home theater, Anda harus meletakannya di berbagai lokasi tertentu, soundbar memberikan kemudahan karena hanya cukup meletakan speaker dibawah maupun didepan televisi Anda.

3. Kualitas Suara

Hal terpenting dalam memilih speaker tentunya adalah kualitas suara. Pada perbandingan dua speaker ini sudah jelas bahwa speaker home theater lebih unggul dalam memberikan kualitas audio dibanding soundbar.

Hal ini karena speaker home theater terdiri dari beberapa unit dan fungsi tertentu. Sehingga, kualitas audio yang disajikan mampu membuat para penontonnya seperti sedang ada di dalam studio.

Sedangkan untuk soundbar, cocok untuk digunakan hanya sekedar menonton televisi dan mendengarkan musik. karena, suara yang dihasilkan tidak sebesar dan semegah speaker home theater.

4. Harga

Untuk harga sebenarnya tidak bisa bandingkan mana yang lebih terjangkau. Apakah lebih mahal speaker home theater atau soundbar. Ini karena beberapa produk menawarkan bentuk dan harga yang lebih tinggi.

Terkadang, soundbar bisa lebih mahal terutama yang mendukung fasilitas wireless dengan sideward and upward firing speaker. Namun pada umumnya speaker home theater memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan soundbar karena memiliki beberapa unit. 

Kesimpulan

Dari penjabaran dan perbandingan yang kami sebutkan di atas, tentunya penikmat audio akan tetap memilih home theater, karena kualitas suara yang dihasilkan belum bisa ditandingi oleh jenis perangkat audio lainnya.

Namun bila yang dicari adalah keringkasan, desain minimalis, dan tidak terlalu memerhatikan kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker, maka soundbar adalah pilihan tepat. Kira-kira mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Like us!

Komentar