Diperbaharui pada Kamis, 30 Juli 2020 | 13:56

Adu Performa Redmi 9 vs Oppo A52, Ini Hasilnya!

redmi 9 vs oppo a52
Setelah sebelumnya melakukan unboxing Redmi 9, kini kami mau tahu juga bagaimana performa sebenarnya dari hp ini. Makanya kita akan head to head Redmi 9 dengan Oppo A52 yang keduanya memiliki baterai jumbo di kisaran 5000an mAh.

Redmi 9 vs Oppo A52

redmi 9 vs oppo a52
Untuk mengetahui hp mana yang performanya lebih unggul, Pricebook melakukan serangkaian tes yang masing-masing memperlihatkan kinerja kedua seri tersebut ketika digunakan.

Tes yang kami lakukan menitikberatkan pada pengisian daya, booting, speed, kamera, benchmark, tingkat keamanan, dan tentunya, tes daya tahan baterai jumbonya.

Hp Redmi 9 yang kami gunakan pada tes ini adalah varian RAM 4GB/64GB, yang akan kami adu dengan Oppo A52 varian RAM 6GB/128GB. Baik lah, mari kita mulai!

Charging Test

charging test redmi 9 oppo a52
Tes pertama yang kami lakukan adalah kecepatan waktu pengisian daya. Kedua hp kami tes dalam ruangan ber-AC dengan kondisi kedua baterai dalam kondisi 0 persen. 

Dari hasil tes ini, dengan kapasitas baterai yang lebih kecil (5000 mAh), pengisian Oppo A52 lebih unggul karena baterainya terisi penuh dalam waktu 2 jam 48 menit. Sementara itu pengisian daya baterai 5020 mAh milik Redmi 9 baru terisi penuh setelah pengsian selama 3 jam 1 menit.

Kami rasa hal ini wajar, karena Oppo A52 memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil, sehingga waktu pengisian yang dibutuhkan bisa lebih cepat bila dibandingkan dengan Redmi 9.

Hal lainnya adalah, Oppo menyertakan kabel USB Type-C dengan teknologi fast charging 18 watt, 9 volt, 2 ampere pada paket penjualannya.

Sementara Redmi 9, pada paket penjualannya menyertakan kabel Type-C dengan adapter 10 watt, 5 volt, 2 ampere. 

Meski demikian, Redmi 9 juga sudah mendukung teknologi pengisian daya Quick Charge 3.0 dan fast charging 18 watt. Dari hasil tes pengisian daya baterai ini, Oppo A52 memiliki keunggulan dibandingkan dengan Redmi 9.

Booting Test

booting test redmi 9 oppo a52
Tes kedua yang kami lakukan adalah Booting Test. Melalui tes ini, kami mencari tahu mana diantara kedua hp ini yang memiliki waktu booting paling cepat. Dan setelah dilakukan, Redmi 9 terbukti lebih unggul dari Oppo A52.

Speed Test

speed test redmi 9 oppo a52
Selanjutnya, kita melakukan Speed Test, untuk melihat siapa yang menjadi jawaranya. Pada tes ini, kami menilai performa kedua hp untuk membuka aplikasi game berkapasitas berat.

Tes ketiga ini diungguli oleh Redmi 9 yang bisa membuka 4 aplikasi game berat, jauh lebih cepat dari Oppo A52 yang hanya mampu membuka 1 aplikasi game berat saja.

Camera Test

camera test redmi 9 oppo a52
Beralih ke performa kameranya, dari hasil tes yang kami lakukan, terlihat sekali perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Perbedaan ini bisa terlihat dari tonality warna yang dihasilkan.

Kamera Redmi 9 memilik hasil foto dan video yang lebih dekat dengan warna asli objek yang difoto atau direkam, sementara pada Oppo A52, tonality warna yang dihasilkan sedikit menguning, baik pada kondisi cahaya yang cukup, maupun yang kurang.

Benchmark Test

benchmark test redmi 9 oppo a52

Pada uji benchmark, kami melakukan lima macam pengujian untuk melihat perbandingan skor diantara dua hp ini. Pada pengujian AnTuTu Benchmark, Redmi 9 lebih unggul dibandingkan Oppo A52 dengan perolehan skor 197.322 poin.

Hasil yang sama juga kami dapatkan dengan PC Mark dan GPU Mark, di mana Redmi 9 lebih unggul dari Oppo A52 dengan perolehan skor 8.742 dan 547.200 poin secara berurutan.

Sedangkan di sisi lain, Oppo A52 berhasil mengungguli Redmi 9 dalam pengujian AI Benchmark dengan skor 16.1 poin. Namun, ketika beralih pada pengujian 3D Mark Benchmark, Redmi 9 kembali menyalip dengan skor 1.337 poin. Dari hasil tes ini, sudah terlihat mana yang jadi jawara, kan?

Security Test

security test redmi 9 oppo a52
Untuk melihat hp mana yang memiliki tingkat keamanan yang lebih baik, kami melakukan Security Test dengan membandingkan seberapa cepat fitur pengenalan wajah yang dimiliki kedua hp ini.

Redmi 9 memiliki teknologi Face Unlock, sementara Oppo A52 dibekali dengan teknologi Face Recognition, yang pada dasarnya adalah teknologi yang sama.

Hasil tes menunjukkan bahwa Redmi 9 terbukti punya teknologi pengenalan wajah yang lebih baik. Waktu yang dibutuhkan untuk membuka layar hp terkunci, terbukti lebih cepat bila dibandingkan dengan Oppo A52.

Battery Test

battery test redmi 9 oppo a52
Akhirnya, tes terakhir yang kami lakukan untuk menguji performa Redmi 9 vs Oppo A52 adalah Battery Test. Seperti yang dari awal sudah kami sebutkan, kedua hp ini memiliki baterai jumbo.

Namun satu hal yang perlu kami tekankan, baterai Redmi 9 memiliki kapasitas yang sedikit lebih besar (5020 mAh) ketimbang Oppo A52 (5000 mAh). Jadi langsung saja kita bandingkan secara head to head!

Tes daya tahan baterai ini kami lakukan dengan memainkan game berat Ashphalt 9 selama 1 jam. Kemudian, pengujian juga kami lakukan dengan menonton video streaming di YouTube selama 1 jam. Pengujian baterai kami lakukan di tempat yang ber-AC, menggunakan koneksi wi-fi, dan dengan tingkat kecerahan rata kanan.

Sebelum bermain game, kami memastikan baterai kedua hp ini pada kondisi 100 persen, dengan kondisi suhu awal yang sama-sama 33 derajat celcius. Setelah digunakan untuk bermain game selama 1 jam, sisa daya dan suhu baterai keduanya pun mengalami perubahan.

Sisa daya baterai pada Redmi 9 menjadi 88 persen, dengan suhu 37 derajat celcius. Sementara baterai Oppo tersisa 83 persen dengan kondisi suhu 39 derajat celcius. Tanpa menunggu lagi, kami langsung melakukan tes untuk streaming video YouTube selama 1 jam dengan resolusi 1080p.

Pada tes streaming video Youtube, daya baterai Redmi 9 tersisa sebanyak 85 persen dengan suhu awal 34 derajat celcius, sementara Oppo A52 tersisa 80 persen dengan suhu awal 36 derajat celcius.

Setelah menonton selama 1 jam, kondisi suhu baterai pada Redmi 9 turun menjadi 33 derajat celcius, dengan daya baterai tersisa 76 persen. Suhu baterai pada Oppo A52 juga menurun ke 34 derajat celcius, dengan sisa daya baterai 71 persen.

Untuk tes terakhir ini, kami juga sempat mencoba seberapa kuat grafis dan frame rate kedua hp dengan memakai keduanya untuk bermain game PUBG Mobile. Hasilnya, Redmi 9 mendukung Graphic Smooth dengan frame rate ultra, sedangkan Oppo A52, hanya sampai high.

Selain itu, Redmi 9 juga mendukung Graphic Balanced dengan ultra frame rate, di mana Oppo A52 hanya mendukung hingga frame rate medium. Satu hal menarik dari tes ini, Redmi 9 mendukung Graphic HD dengan high frame rate, sedangkan Oppo A52 belum mendukung Graphic HD.

Kesimpulan

Berdasarkan serangkaian tes yang kami lakukan terhadap kedua hp, terbukti Redmi 9 tampil sebagai jawara dengan menang telak di banyak sektor seperti booting, speed, benchmark, security dan battery test.

Dengan harga perkenalan mulai dari Rp 1.949.000 (varian 4GB + 64GB) dan Rp 1.749.000 (varian 3GB + 32GB), menurut kami Redmi 9 lebih worth it dari Oppo A52 yang dibanderol seharga Rp 2.999.000.

Untuk lihat lebih lengkap hasil tes yang kami lakukan, kamu bisa menonton video berikut ini.


Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1491 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.