Diperbaharui pada Jumat, 16 Oktober 2020 | 11:49

VPN vs DNS, Ini yang Paling Aman Buat Browsing!

Oleh Imam Ali

vpn vs dnsFoto: Pexels

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia modern yang menopang segala aktivitas. Semua orang butuh jaringan internet yang cepat dan stabil untuk urusan komunikasi, selancar di media sosial atau mendukung bisnis kekinian. Syangnya, tidak semua situs bisa diakses karena diblokir.

Kalau internet yang kamu miliki memblokir situs tertentu, pasti jengkel dan bingung untuk mengatasi hal tersebut. Untuk membukanya, kita biasanya menggunakan layanan VPN atau dengan cara DNS. Bagaimana tingkat keamanan kedua metode ini?

Mengenal VPN dan Cara Kerjanya

cara kerja vpnFoto: Pexels

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yang memiliki pengertian sebuah koneksi antar jaringan pribadi yang menggunakan jaringan publik. Demi menjaga kerahasian pengguna pribadi yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang saja, maka jaringan publik akan melakukan enkripsi data. 

Saat membuka aplikasi atau konten yang tidak tersedia di wilayah kamu, menggunakan VPN menjadi salah satu solusi yang paling mudah. Cara kerja VPN cukup sederhana.

1. Enkripsi Pertukaran Data 

Kamu mungkin ingin mengakses konten atau streaming menggunakan jaringan publik yang banyak tersedia seperti di kafe, warung kopi dan lain-lain, maka koneksi VPN akan melakukan enkripsi pertukaran data. Dengan koneksi VPN, kamu bisa mengakses internet melalui jalur khusus yang tidak menggunakan jaringan utama. 

2. Server VPN Melanjutkan Koneksi ke Konten 

Cara kerja VPN adalah melakukan koneksi ke konten atau situs yang ingin kamu kunjungi. Koneksi yang kamu gunakan adalah koneksi jaringan server VPN. Untuk mendapatkan aplikasi VPN, kamu bisa mengunduh aplikasi VPN melalui smartphone atau komputer desktop.

Cukup masuk ke Google Play atau AppStore dan cari aplikasi VPN dengan rating yang baik. Baca juga ulasan dari para pengguna aplikasi tersebut sevagai rekomendasi. Instal aplikasi dan ikuti panduan tanpa harus melakukan pendaftaran dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Kelebihan

1. Kerahasiaan Data Lebih Aman

Untuk kamu yang suka berselancar internet tanpa takut data pribadi bakal diketahui, maka pilih VPN. Aplikasi ini bisa menyembunyikan lokasi realtime kamu saat melakukan akses sehingga aman atau tidak diketahui oleh orang lain.

Data kamu juga lebih aman saat menggunakan jaringan publik seperti menggunakan fasilitas wIfI kantor, kafe, warung, mall dan lain-lain.

2. Bisa Mengakses Website yang Diblokir

Untuk mengakses situs atau website yang diblokir, VPN juga menjadi solusi yang populer. Pasalnya, VPN bisa membantu kamu melewati pembatasan geografis pada situs tertentu. Misalnya ada situs pendidikan yang bagus dan bermanfaat, tapi entah karena alasan apa diblokir, maka kamu bisa mengaksesnya.

3. Identitas IP Address Asli Tidak Diketahui

Kelebihan VPN adalah bisa menyembunyikan identitas IP asli sehingga kamu bisa akses tanpa diketahui orang lain. Enkripsi data dan informasi perangkat adalah salah satu keunggulan utama dari VPN.

4. Bisa Mengakses Jaringan dari Lokasi yang Berbeda

Selama kamu terhubung ke jaringan internet, maka tetap bisa mengakses jaringan wifi publik dari lokasi yang berbeda. Dengan remote access, kamu bisa mengakses jaringan internet publik.

Kekurangan VPN 

1. Koneksi Lebih Lambat dan Tidak Stabil

Kekurangan VPN terletak pada koneksi yang lebih lambat dan tidak stabil. Sangat tidak cocok untuk kamu yang suka jaringan internet lancar jaya tanpa kendala. 

2. Konfigurasi Manual Cukup Rumit

Buat sebagian orang, pengaturan VPN bisa sangat membingungkan, apalagi untuk kalian yang baru pertama kali memakai layanan ini.

3. Ada Batasan Penggunaan

VPN memiliki batasan hukum dan kebijakan sesuai dengan aturan undang-undang tempat server dan perusahaan penyedia VPN. Jadi penyedia layanan VPN harus tetap mematuhi hukum negara asal mereka.

4. Banyak Iklan

Untuk layanan VPN gratis, biasanya kita bisa menggunakan semua fiturnya secara penuh, namun harus terekspos dengan iklan yang ada pada aplikasi tersebut. Iklan ini bisa berbahaya karena kadang mengandung malware. Untuk menikmati layanan bebas iklan, tersedia juga beberapa VPN berbayar.

Mengenal DNS dan Cara Kerjanya

cara memakai dnsFoto: Quora

Sebagai perbandingan, kamu juga perlu tahu perbedaan VPN dan DNS berikut ini. DNS merupakan singkatan dari Domain Name Server atau server yang digunakan untuk mengetahui IP Adress yang dimiliki oleh website.

Saat kamu melakukan akses streaming, maka kamu bisa mengubah DNS Default dengan DNS yang diinginkan. Sebagian besar orang menganggap SmartDNS sebagai pilihan terbaik yang bisa meningkatkan kecepatan jaringan internet kamu.

Tak perlu aplikasi tambahan, pengguna bisa langsung menggunakan DNS publik lewat hp Android yang dimiliki. Kamu bisa mencoba manfaat aplikasi dengan mengunduh aplikasi DNS di Google Play.

Setelah diinstal, langsung buka menu Settings > Network & Internet > Advanced > Private DNS. Ubah pilihan off pada jendela Private DNS menjadi private DNS provider hostname, dan masukkan hostname yang ingin kamu gunakan. 

Agar bisa menjalankan sistem DNS, pengguna butuh program tambahan yang bernama resolver. Web Browser dan Mail Client merupakan program resolver tambahan yang diperlukan agar komputer atau perangkat pengguna bisa terhubung dengan server DNS.

Kelebihan dan Kekurangan DNS

Kelebihan DNS

1. Membuat Akses Lebih Mudah

Dibandingkan pengguna harus mengingat angka IP Address, DNS bisa mengingat nama website dengan lebih mudah. Ini membuat pengenalan situs yang kita kunjungi menjadi lebih mudah.

2. Menjamin Keamanan Data

Aktivitas transfer data online melalui server DNS menjadi kelebihan karena menjamin kerahasiaan data kamu. Website dan browser juga lebih aman dari risiko peretasan yang dilakukan oleh pihak yang kurang bertanggung jawab. 

3. Konfigurasi Lebih Mudah

Bila terjadi kendala pada IP Address kamu, maka bisa langsung mengganti dengan IP berbeda. Cara ini lebih mudah dan bisa dilakukan oleh admin. Jadi, kamu tidak perlu melakukan konfigurasi manual seperti penggunaan VPN, ya!

4. Alamat Hostname Tidak Berubah Walau IP Address Berubah

Meski terjadi perubahan IP Address, kamu tidak perlu mengganti nama DNS karena penggunaan yang konsisten. 

Kekurangan DNS

1. Pengguna memiliki batasan penggunaan nama untuk halaman situs.
2. DNS lebih sulit diimplementasikan.
3. Nama domain sangat terbatas.

Kesimpulan

Mengenal perbandingan DNS dan VPN bisa membantu kamu dalam berselancar di internet menggunakan jaringan yang aman. Setiap sistem atau aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekuranga tersendiri. Mana yang ingin kamu gunakan, sebaiknya kenali sesuai dengan kebutuhan saja. 

Untuk kamu yang ingin menyembunyikan aktivitas internet dari orang-orang yang kepo alias berusaha mengetahui secara diam-diam, maka VPN bisa menjadi pilihan.

Namun, untuk kamu yang butuh koneksi jaringan lebih cepat dengan keamanan data yang terjamin dari risiko peretasan oknum tidak bertanggung jawab, maka DNS bisa menjadi pilihan terbaik. Nah, mana yang bakal kamu pilih antara VPN atau DNS?

Like us!

Komentar