Diperbaharui pada Selasa, 19 Mei 2020 | 10:05

Daftar Paket Roaming di 2020, Lengkap Harga dan Cara Beli

Daftar Paket Roaming Operator IndonesiaFoto: Pexels

Apakah Anda termasuk seseorang yang kerap kali melakukan perjalanan luar negeri? Jika iya pastinya Anda harus mengaktifkan data roaming dari kartu SIM yang digunakan. Dimana setiap provider memiliki layanan dan daftar harga paket roaming yang berbeda.

Paket roaming Telkomsel misalnya, tentu berbeda bila dibandingkan dengan paket roaming XL atau Indosat, dan begitu pula sebaliknya. Selain harga, kualitas serta banyaknya negara yang dijangkau juga berbeda-beda di setiap operator. Hal ini akan berpengaruh pada kelancaran komunikasi selama Anda berada di negeri orang. 

Tapi tidak perlu khawatir, karena kami akan coba memberi gambaran mengenai paket roaming setiap provider. Termasuk dari cara beli paket roaming hingga harga paket roaming yang ditawarkan. Simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Paket Roaming Operator di Indonesia

1. Paket Roaming Telkomsel

Paket Roaming Telkomsel
Salah satu provider yang menawarkan paket roaming internasional adalah Telkomsel. Disebutkan bahwa paket roaming Telkomsel bisa digunakan di berbagai negara seperti halnya Thailand, Cina, Malaysia, Jepang, Hongkong, Australia, Korea Selatan, Macau hingga Timor Leste. 

- Cara beli paket roaming Telkomsel

Paket roaming untuk Telkomsel bisa dilakukan dengan mengunjungi website Telkomsel kemudian Anda bisa mengisikan negara tujuan. Tadi sini Anda akan diberikan penawaran harga yang beragam sesuai dengan kebutuhan. Selain itu Anda juga bisa mengaktifkannya melalui dial *266#.

- Harga Paket roaming Telkomsel

Sebagai gambaran umum, harga yang ditawarkan oleh paket roaming Telkomsel memiliki kisaran antara 150.000 hingga 600.000 yang dikategorikan menjadi paket roaming prabayar, paket roaming pascabayar dan juga paket three in one yang mencangkup paket data telepon dan sms. 

- Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan yang di tawarkan paket roaming Telkomsel ini adalah jaringan yang sangat kuat sehingga komunikasi bisa berjalan lancar. Untuk kekurangannya terletak pada harganya sangat mahal dibandingkan paket roaming dari provider lain. 

2. Paket Roaming XL

Paket Roaming XLSelanjutnya adalah paket roaming XL yang juga bisa digunakan di berbagai negara seperti halnya Taiwan, Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Afrika, Jepang, United Kingdom dan beberapa negara lainnya termasuk Arab Saudi. 

- Cara beli paket roaming XL

Paket roaming XL bisa diaktifkan dengan mudah melalui aktivasi *123*747# atau juga bisa melalui website myxl.co.id.  Dengan cara ini Anda bisa menikmati paket internet XL selama melakukan perjalanan di luar negeri. Tersedia beberapa layanan paket roaming XL seperti XL Pass, XL Roaming Combo, Paket Umroh dan Haji serta Internet Roaming Harian.

- Harga paket roaming XL

Mengenai harga yang ditawarkan dari paket roaming XL sangatlah beragam mulai dari Rp 85.000 untuk paket harian, Rp 150.000 – Rp 950.000 (XL Pass), Rp 160.000 – Rp 825.000 (XL Roaming Combo) dan Rp 149.000 – Rp 549.000 (XL Umrah dan Haji). 

- Kelebihan dan kekurangan

Sedangkan keunggulan dari paket roaming tersebut adalah harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan provider sejenis sekaligus juga layanan Youtube yang gratis. Namun demikian, kekurangan dari penggunaan kata roaming ini terletak pada keharusan untuk melakukan setting pada APN yang sedikit agak ribet

3. Paket Roaming Indosat Oredoo

Paket Roaming Indosat Oredoo
Selain menggunakan Telkomsel dan XL, Anda yang melakukan perjalanan ke luar negeri juga bisa memanfaatkan paket roaming Indosat Oredoo. Paket internet ini nantinya bisa digunakan di berbagai negara seperti halnya korea selatan Singapura, Australia, Arab Saudi, Jepang, Thailand, Cina, Inggris, Amerika Serikat dan juga Belanda.

- Cara beli paket roaming Indosat

Untuk mengaktifkan paket roaming tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui *122#. Dengan cara ini Anda bisa memilih paket roaming sesuai dengan kebutuhan. 

- Harga paket roaming Indosat

Untuk harga yang ditawarkan didasarkan pada zona negara sekaligus juga paket roaming Indosat yang dipilih. Sebagai gambaran umum, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1,25 juta untuk paket roaming unlimited dalam waktu 7 hari. Anda juga bisa lihat tarif lengkap paket roaming di website Indosat.

- Kelebihan dan kekurangan

Keuntungan menggunakan paket roaming ini diantaranya adalah Anda tidak perlu melakukan setting pada ponsel secara manual sekaligus juga pakaian internet nantinya tidak melebihi jumlah paket yang dipesan sebelumnya. Sedangkan kekurangan paket roaming ini terletak pada tidak fungsinya pakai tersebut pada Operator maritim dan satelit.

4. Paket Roaming By.U

Paket Roaming By.U
Untuk Anda pengguna Telkomsel, disebutkan bahwa provider ini meluncurkan produk baru yang dikenal dengan By.U. Paket ini nantinya bisa diaktifkan di beberapa negara seperti Singapura, Filipina dan Thailand.

- Cara beli paket roaming By.U

Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan layanan By.U, cara beli paket roaming bisa dilakukan dengan mengunjungi website resmi byu dan memilih paket data sesuai dengan kebutuhan.

- Harga paket roaming By.U

Sedangkan untuk harga yang ditawarkan sangatlah bervariasi mulai dari harga Rp 95.000 – Rp 190.000 yang disesuaikan dengan negara tujuan, masa berlaku dan besaran kuota paket yang ditawarkan.

- Kelebihan dan kekurangan

Untuk keuntungan penggunaan paket roaming By.U ini adalah harga paket data yang sama dengan harga paket data di negara tujuan. Sedangkan kekurangannya terletak pada keterbatasan negara yang bisa dijangkau dengan paket roaming yang satu ini.

5. Paket Roaming 3

Paket Roaming 3
Untuk paket roaming selanjutnya ditawarkan oleh provider 3. Berbeda dengan paket roaming Indosat, paket roaming tri bisa digunakan di berbagai negara seperti Austria, Yunani, Irlandia, Swedia, Spanyol, Portugal, Swiss dan beberapa negara Eropa yang lain. Selain itu, paket roaming ini juga berlaku di negara Singapura, Malaysia, Thailand dan Arab Saudi.

- Cara beli paket roaming 3

Untuk bisa memanfaatkan paket roaming tersebut, Anda bisa mengunjungi aplikasi Bimatri atau melalui USSD*899#.

- Harga paket roaming 3

Mengenai harga yang ditawarkan dari paket roaming tri ditentukan oleh masa aktif dan negara yang dikunjungi. Sebagai gambaran umum, untuk paket roaming dibanderol rentang harga Rp 125.000 – Rp 875.000 yang didasarkan pada negara dan durasi hari. 

- Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan dari paket roaming 3 itu sendiri terletak pada harga yang sangat terjangkau dengan jaringan yang cukup kuat.sayangnya, untuk bisa menikmati paket roaming 3, seseorang harus melakukan pengaturan apn setelah mendapatkan konfirmasi sms yang sedikit ada rumit.

6. Paket Roaming Smartfren

Paket Roaming SmartfrenSelain paket roaming Telkomsel, ada juga paket roaming Smartfren yang yang bisa diaktifkan di 15 negara seperti halnya Singapura, Hong Kong, Malaysia, Makau, Australia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan Selandia Baru, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, China, India serta Bangladesh. Pilihan paket Roaming ada 1 hari, 3 hari hingga 14 hari. 

- Cara beli paket roaming Smartfren

Cara beli paket roaming provider Smartfren bisa dilakukan dengan mengunjungi website smartfren atau *123#. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan paket tersebut dengan mendownload aplikasi smartfren pada mode international roaming.

- Harga paket roaming Smartfren

Harga paket roaming Smartfren tersebut sebesar Rp 50.000 hingga Rp 285.000, tergantung pada lamanya hari dan negara tujuan.  Namun harga tersebut tidak berlaku di Jepang karena provider Smartfren di sana bekerja sama dengan NTT Docomo.

- Kelebihan dan Kekurangan 

Sedangkan keuntungan yang didapatkan dari paket roaming Smartfren tersebut adalah harga yang cenderung lebih terjangkau dan didukung oleh jaringan 4G. Sedangkan untuk kekurangan dari paket roaming Smartfren yaitu perangkat harus didukung oleh jaringan internasional.

Dengan memilih salah satu paket roaming tersebut di atas, nantinya Anda bisa berkomunikasi sepuasnya. Pastikan untuk mengetahui cara beli paket roaming tersebut dan Pilihlah paket sesuai dengan kebutuhan.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.