Diperbaharui pada Rabu, 13 Mei 2020 | 10:35

OPPO A92 vs Samsung Galaxy A31, Hp 4 Jutaan Berkamera 48MP

Oppo A92 vs Samsung Galaxy A31
Pasar hp tanah air kembali kedatangan banyak perangkat baru yang bisa dimiliki konsumen. Perangkat hp dengan harga sejutaan hingga hp dengan harga sepuluh jutaan kini sudah tersedia untuk dibeli untuk menemani aktivitas pengguna di masa pandemi covid-19.

Diantara beberapa hp terbaru 2020 yang beredar ada dua perangkat yang sangat menarik untuk dibahas. Adalah OPPO A92 dan Samsung Galaxy A31 dimana kedua perangkat ini memiliki harga jual yang sama serta dukungan fitur dan spesifikasi yang hampir mirip. 

Baik OPPO A92 maupun Samsung Galaxy A31 sudah memulai debutnya di pasaran dalam waktu yang tidak jauh berbeda. Yang menarik kedua hp ini memiliki segmen pasar yang serupa dengan mengandalkan fitur fotografi dan daya tahan baterai sebagai nilai jual utamanya. Kedua perangkat ini sama-sama dibekali dengan konfigurasi empat kamera belakang dan baterai berkapasitas besar yakni 5000 mAh. 

Di pasaran, baik OPPO A92 maupun Samsung Galaxy A31 sudah bisa dibeli secara online di gerai hp ternama mulai dari Erafone, Tokopedia, Lazada, Shopee dan yang lainnya. Selain itu, beragam penawaran menarik juga disediakan oleh para pedagang untuk menarik minat konsumen.

Namun, dari kedua hp terbaru yang sudah beredar di pasaran ini manakah yang lebih menarik untuk dimiliki berdasarkan fitur dan spesifikasi yang ditanamkan. 

Adu Spesifikasi OPPO A92 vs Samsung Galaxy A31

1. Desain dan Layar

Oppo A92 vs Samsung Galaxy A31
Kita mulai dari sisi desain, kedua perangkat ini memiliki perbedaan mencolok dari sisi dimensi maupun bobot yang dimilikinya. OPPO A92 dibalut dengan body berukuran besar dengan panjang body 162mm dan memiliki ketebalan mencapai 8,9mm. Tak hanya itu, perangkat ini memiliki bobot 192 gram.

Sementara itu, Galaxy A31 memiliki panjang body yang lebih pendek dengan dimensi 159,3mm dan body yang lebih slim dengan ketebalan 8,6mm. Selain lebih slim Galaxy A31 juga memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan OPPO A92 dengan bobot hanya 185 gram. Hal ini cukup menarik dimana kedua perangkat ini memiliki kapasitas baterai yang sama. 

Soal material body yang ditanamkan, OPPO A92 sudah dibekali dengan material kaca di bagian depan bodynya dan material plastik polykarbonat di bagian belakangnya. Tertanam pula bingkai yang terbuat dari metal yang menyelimuti sisi OPPO A92.

Sementara itu, Samsung Galaxy A31 baik bagian depan maupun bagian belakangnya juga dibalut dengan material kaca dan plastik polykarbonat di bagian belakangnya. Sedangkan bingkai yang menyelimuti body Galaxy A31 dibalut dengan material terbuat dari plastik. Hal ini sedikit mengecewakan dimana lawan tandingnya sudah dibekali dengan material frame yang jauh lebih baik. 

Beralih ke layar, OPPO A92 memiliki ukuran layar yang lebih besar dibandingkan dengan Galaxy A31, dimana OPPO A92 sudah dibalut dengan layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi FHD+ dan teknologi layar IPS. Tak hanya itu, layar yang tertanam pada OPPO A92 sudah dibekali dengan NeoDisplay yang diklaim memiliki kualitas layar yang baik saat digunakan beragam aktivitas.

Sementara itu, Galaxy  A31 hadir dengan teknologi layar Super AMOLED dengan dimensi 6,4 inci plus resolusi layar FHD+. Baik OPPO A92 maupun Galaxy A31 sama-sama dibekali dengan rasio layar 20:9. 

Selain memiliki rasio layar yang serupa, kedua hp ini memiliki dukungan sistem operasi yang sama yakni Android 10 namun dengan tampilan antarmuka yang berbeda. OPPO membenamkan ColorOS 7.1 sementara itu Galaxy A31 dibalut dengan antarmuka One UI 2.0. 

2. Kamera 48MP

Oppo A92 vs Samsung Galaxy A31
Dari sisi desain, kita menuju ke sektor fotografi. Kedua hp ini sama-sama dibekali dengan konfigurasi empat kamera belakang dengan kamera utama yang sama-sama dibekali dengan kamera utama 48MP. Namun memiliki bukaan lensa yang berbeda, OPPO A92 memiliki aperture f/1.7 yang memiliki kemampuan menyerap cahaya yang sangat baik saat dilakukan pengambilan gambar baik kondisi cahaya minim ataupun berlimpah cahaya.

Sedangkan Galaxy A31 memiliki bukaan lensa f/2.0 yang memiliki kualitas fotografi yang sangat baik saat melakukan pengambilan gambar pada kondisi cahaya berlimpah. Sementara untuk kamera tambahannya, konfigurasi yang tertanam pada Galaxy A31 sedikit lebih baik dibandingkan konfigurasi kamera pada OPPO A92. Kamera tambahan yang tertanam pada Galaxy A31 terdiri dari 8MP (ultrawide) + 5MP (macro) + 5MP (bokeh).

Sementara itu, kamera tambahan yang tertanam pada OPPO A92 terdiri dari 8MP (ultrawide) + 2MP (bokeh) + 2MP (BW). Sementara itu, untuk kamera selfie besaran resolusi pada Galaxy A31 memiliki lensa yang lebih besar yakni 20MP, f/2.2. Sedangkan OPPO A92 hanya dibekali dengan kamera selfie dengan lensa 16MP plus aperture f/2.0. Soal kemampuan merekam video, keduanya memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi 1080p pada kecepatan 30 frame perdetik. 

3. Kinerja

oppo a92 vs galaxy a31Soal kinerja, kedua hp ini memiliki dukungan chipset dari vendor yang berbeda. OPPO A92 lebih mempercayakan kinerjanya pada chipset besutan Qualcomm dengan seri Snapdragon 665. Sementara itu, Galaxy A31 mempercayakan kinerjanya pada chipset Mediatek dengan seri Helio P65. Kedua chipset ini memiliki kinerja yang tak jauh berbeda, namun besaran RAM yang ditanamkan pada perangkat ini cukup mempengaruhi kinerja yang dihasilkan untuk mengakomodasi aktivitas pengguna.

OPPO A92 sudah dibekali dengan RAM 8GB dan memory internal 128GB. Sedangkan Galaxy A31 hanya dibekali dengan RAM 6GB dan memory internal 128GB. Namun keduanya sudah dibekali dengan slot kartu microSD yang terpisah dari kartu SIM yang bisa menambah daya simpan data perangkat untuk penyimpanan beragam file seperti video, foto ataupun file penting lainnya. 

Untuk daya tahan baterainya, kedua hp ini sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh namun memiliki fitur pengisian baterai yang berbeda. OPPO A92 mampu mengisi daya perangkat lebih cepat dengan kecepatan 18W sementara Galaxy A31 hanya memiliki kecepatan pengisian daya 15W. 

Harga OPPO A92 vs Samsung Galaxy A31

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kedua perangkat ini sama-sama memiliki harga jual yang serupa yakni Rp 4.199.000 dan menariknya, kedua perangkat ini sudah bisa dibeli di berbagai toko online ternama.

Jadi, pilih yang mana?

Nama Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan USB
OPPO A92 RAM 8GB ROM 128GB 5.6 inch Snapdragon 665 Android 10.0 8 GB 128 GB Adreno 610 48 MP 8, 2, 2 MP 16 MP Type-C
Samsung Galaxy A31 RAM 6GB ROM 128GB 6.4 inch Helio P65 10 6 GB 128 GB - 48 MP 8,5,5 MP 20 MP Type-C, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.