10 Paket Internet Rumah Unlimited, Murah dan Tercepat

Oleh Restu Aji Siswanto updated Kamis, 16 Apr 2020 | 17:35

Paket Internet Rumah TerbaikImage via Pexels

Di era digital saat ini, setiap aktivitas manusia selalu terkait dengan internet. Jadi wajar bila internet menjadi salah satu jenis kebutuhan yang cukup penting bagi masyarakat. Dengan internet kita bisa berkomunikasi menggunakan hp melalui chat atau telepon, browsing informasi dan berita, bermain game, dan masih banyak lagi. 

Untuk mendapatkan koneksi internet, kita bisa menggunakan jaringan dari operator melalui kartu SIM yang dipakai. Pilihan paket internetnya cukup bervariasi, tergantung dari operator masing-masing. Tidak hanya itu, penggunaan internet untuk rumahan pun kini semakin marak. Semakin banyak provider internet yang menawarkan beragam layanan data. 

Harga paket internet rumah yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang ada. Untuk paket internet rumah termurah ada dikisaran Rp100 ribuan dengan kecepatan antara 5-20Mbps. Nah, jika Anda berniat untuk memasang internet untuk di rumah, berikut kami bandingkan harga paket internet dari 10 provider yang ada di Indonesia. 

Daftar Paket Internet Tercepat di Indonesia

Paket Indihome

Indihome
Indihome merupakan layanan internet dari PT. Telkomsel Indonesia. Provider yang satu ini bisa dikatakan yang paling dikenal di telinga masyarakat. Menariknya, kualitas yang ditawarkan memang terjamin, mulai dengan internet yang cepat dan berkualitas hingga jangkauan luas hingga ke pelosok tanah air.

Jumlah layanan, fitur, dan harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Namun, jika dibandingkan dengan paket-paket dari provider lain, Indihome memang masih lebih mahal. Sedangkan untuk biaya pemasangan paket Indihome 2020 cukup terjangkau, sekitar Rp75 ribu hingga Rp100 ribu. 

Paket MNC Play

MNC Play
Nama MNC Play cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia karena iklannya yang cukup sering muncul di TV khususnya pada jaringan TV MNC group. Provider internet yang satu ini terkenal pula dengan jaringan internetnya yang cepat dan berkualitas.

Sebagai informasi, paketan MNC Play sudah menggunakan teknologi yang lebih maju yaitu dengan teknologi FTTH dan kabel fiber optik. Sayangnya, layanan MNC Play masih terbatas hanya di kota-kota besar di Indonesia misalnya Jakarta dan Surabaya.

Paket Groovy

Groovy
Groovy adalah salah satu provider internet unggulan di tanah air dengan warna orange sebagai simbolnya. Jika layanan-layanan lainnya cenderung membatasi kecepatan internet mereka, Groovy datang dengan format yang berbeda. Ya, terdapat paket unlimited speed atau tidak ada batasan kecepatan untuk internet yang digunakan.

Harga yang ditawarkan juga bisa dibilang sangat murah yaitu mulai dari Rp249 ribu. Namun, untuk harga yang murah ini, memang bukan unlimited speed yang dapat dinikmati, melainkan internet dengan kecepatan 100 Mbps. Kelebihan lainnya adalah layanan TV Kabel. Namun, Groovy belum dapat dinikmati di semua tempat di Indonesia.

Paket Biznet Home

Biznet Home
Biznet Home adalah salah satu provider internet yang saat ini jangkauannya sudah cukup luas, meliputi 100 kota di Indonesia. Jumlahnya pun semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Paket yang ditawarkan Biznet Home cukup murah, mulai dari Rp300 ribu per buah.

Internet yang dihasilkan juga cukup cepat dan stabil bahkan pada saat cuaca buruk. Sayangnya, yang mahal dari paketan Biznet ini adalah biaya pemasangan serta perangkatnya. Masing-masing adalah Rp750.00 dan Rp900.000.

Paket First Media

First Media
Provider internet berkualitas berikutnya adalah First Media. First Media menyediakan layanan internet handal berikut TV Kabel yang cukup diperhitungkan di pasaran. Paket termurah yang ditawarkan seharga Rp299 ribu per-bulan.

Menariknya, jangkauannya cukup luas di seluruh Indonesia. Kekurangan dari paket First Media adalah beberapa kali error serta internet yang lambat pada situasi tertentu, misalnya saat mendung atau hujan.

Paket XL Home

XL Home
XL Home menawarkan cara yang sedikit unik dan berbeda untuk Anda dapat menikmati layanan internetnya, yaitu dengan cara bundling prabayar. Salah satu keuntungan yang didapatkan dari sistem ini adalah Anda dapat menikmati internet tanpa batas.

Perangkat router pada paket XL Home Fiber sendiri gratis namun Anda harus membeli paket Unlimited Prepaid 1 bulan dengan harga Rp999.999. harganya memang cukup mahal namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Keunggulan lain adalah layanan ini lumayan praktis digunakan dengan menggunakan kode voucher yang dikirimkan oleh provider.

Paket Gig Indosat

Gig Indosat
Gig merupakan produk internet dari Indosat yang memiliki layanan internet cepat hingga 1 Gbps. Menariknya, provider yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah Anda tidak memerlukan TV Kabel saat menggunakan Gig.

Cukup hubungkan saja perangkat Anda dengan Google Chromecast atau perangkat-perangkat lain sejenis. Bahkan untuk TV apa saja, Anda dapat mengubahnya menjadi Smart TV. Untuk kualitas yang dihasilkan, harga paket yang ditawarkan Gig masih cukup mahal. Selain itu, agen Gig belum ditemukan secara luas di tanah air.

Paket CBN

CBN
CBN adalah layanan selanjutnya yang menyediakan internet berkualitas serta TV kabel. Harga termurahnya cukup terjangkau, yaitu hanya Rp299 ribu saja. Kecepatan yang dihasilkan cukup memuaskan yaitu hingga 15 Mbps dengan kecepatan yang sama untuk download dan upload.

Keunggulan lainnya adalah tidak adanya aturan FUP, sehingga tidak akan ditemui masalah seperti kecepatan penurunan internet di kemudian hari. Masalahnya, tidak semua wilayah di Indonesia sudah terdapat agen dan jaringan CBN wifi. Untuk saat ini, hanya terbatas di kota-kota besar saja.

Paket My Republic

My Republic
Nama My Republic mungkin belum sepopuler Indihome atau MNC Play. Akan tetapi kehadirannya layak diperhitungkan untuk kemampuan provider ini menghadirkan internet cepat di rumah dengan harga yang kompetitif. Kelebihan lainnya adalah paket khusus gamer dimana kualitas internet yang diberikan lebih cepat dari paket konvensional lainnya.

Untuk harga paket, My Republic menawarkan paket dari Rp289 ribu hingga satu juta. Meskipun paket My Republic cukup direkomendasikan, sayangnya, jangkauan provider ini belum terlalu luas.

Paket ICON+ PLN

ICON+
ICON+ merupakan anak perusahaan dari PLN Persero yang memberikan layanan internet broadband kepada masyarakat. Paket yang ditawarkan memang merupakan bundling dengan layanan listrik yang ditawarkan PLN. Misalnya saja, jika Anda ingin menambah daya listrik, maka Anda akan mendapatkan juga layanan internet unlimited murah dengan syarat-syarat tertentu.

Program ini memang masih baru. Jadi, jika Anda berminat, Anda dapat membeli paket internet ini secepatnya karena banyak diskon dan promo menarik, misalnya langganan paket internet dan TV dari icon hanya dengan harga Rp89 ribu saja.

Kesimpulan

Ketatnya persaingan usaha antara provider internet yang satu dengan lainnya memang menawarkan keuntungan bagi pelanggan. Salah satunya adalah harga murah yang ditawarkan. Hal ini sangat menarik, namun Anda harus tetap memastikan kualitas layanan internet yang akan didapatkan.

Selain itu, sangat penting untuk mempelajari terlebih dahulu kebutuhan internet keluarga. Memang menyenangkan memiliki jaringan internet super cepat di rumah. Namun, jika harus membayar mahal sedangkan Anda malah sibuk di luar rumah, tentunya hal ini akan menjadi sia-sia.

Artikel Terkait

Komentar