Diperbaharui pada Senin, 21 Oktober 2019 | 18:20

realme 5 Pro vs Redmi Note 8 Pro, Duel Hp 4 Kamera

realme 5 Pro vs Redmi Note 8 Pro
Tren hp dengan quad camera menjadi magnet baru bagi para vendor untuk ditanamkan pada hp terbaru mereka. Setidaknya sudah cukup banyak hp yang dibekali empat kamera di bagian belakang. Dua diantaranya adalah realme 5 Pro dan Redmi Note 8 Pro. Selain berbekal empat kamera, dua hp ini juga menggunakan resolusi kamera yang besar.

Sebut saja realme 5 Pro dengan kamera 48MP dan Redmi Note 8 Pro yang dibekali kamera 64MP. Di kelas hp kamera 48MP sendiri realme 5 Pro bisa dibilang menjadi salah satu pilihan yang terbaik. Dibekali fitur empat kamera belakang, realme 5 Pro membawa beragam spesifikasi unggulan khas realme. Dan yang pasti harga realme 5 Pro terbilang cukup murah untuk hp dikelasnya.

Spesifikasi realme 5 Pro membawa beragam fitur yang dapat meningkatkan performa smartphone, seperti Snapdragon 712 AIE, teknologi quad camera di bagian belakang, dan warna holografik dengan tekstur diamond cutting terbaru.

Begitu pula Redmi Note 8 Pro yang mengusung empat kamera dengan resolusi besar. Redmi Note 8 Pro merupakan hp Xiaomi terbaru yang baru saja dirilis ke pasar Indonesia. Hp andalan Xiaomi ini juga membawa spesifikasi yang tidak kalah menarik.

realme 5 Pro vs Redmi Note 8 Pro
Meski berbeda dalam kapasitas resolusi kamera utama, namun secara spesifikasi keduanya cukup berimbang. Daripada penasaran, mari simak sedikit perbandingan antara realme 5 Pro dengan Redmi Note 8 Pro.

Mari mulai dengan aspek yang paling penting dulu, yakni Chipset. realme 5 Pro membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE baru yang ditingkatkan dengan arsitektur delapan inti Kryo. Inti CPU ditingkatkan ke angka 2,3 GHz, di mana kinerja keseluruhan 10% lebih tinggi dari prosesor Qualcomm Snapdragon 710. Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE sudah diproses menggunakan teknologi FinFET 10nm  untuk secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa baterai yang efisien.

Sementara itu, Redmi Note 8 Pro menggunakan prosesor MediaTek terbaru chip Mediatek Helio G90T. Chipset tersebut diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 12nm yang masih belum diketahui konsumsi dayanya.

Chip Qualcomm khususnya seri Snapdragon 712 memang memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya karena didasarkan pada proses fabrikasi 10nm. Jika dibandingkan, kompetitor setingkatnya yaitu MediaTek Helio G90T yang dipakai oleh Redmi Note 8 Pro didasarkan pada proses fabrikasi 12nm. Apalagi Snapdragon 712 telah dilengkapi dengan Qualcomm Spectra ISP generasi ke-2, pengguna dapat menangkap foto dan video yang penuh warna serta berkualitas tinggi.

realme 5 Pro vs Redmi Note 8 Pro
Dari segi layar, realme 5 Pro dan Redmi Note 8 Pro sama-sama menggunakan layar IPS LCD. Bicara soal ukuran, realme 5 Pro mengusung layar  6,3inci sedangkan redmi Note 8 Pro membawa layar 6,53inci.

Beralih ke aspek desain, realme 5 Pro mengadopsi desain potongan berlian yang akan berkilau jika terkena pantulan cahaya. Generasi terbaru ini menggunakan tekstur skala nano baru. Kemudian bodinya dibalut oleh warna holografik nanometer. Dimensi realme 5 Pro juga nyaman digenggam karena menggunakan desain bodi 3D dan dilengkapi dengan 2 pilihan warna yang elegan, Crystal Green & Sparkling Blue.

Di sisi lain, Redmi Note 8 Pro juga mengusung konsep bodi 3D empat sisi yang memudahkan pengguna. Redmi Note 8 Pro tersedia dalam 3 warna, Mineral Grey, Pearl White, Firest Green yang dapat dipilih.

Bicara soal kamera keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Realme 5 Pro menggunakan kamera depan 16 MP dengan sensor Sony IMX471. Sedangkan di bagian belakang terdapat quad camera.

realme 5 Pro vs Redmi Note 8 Pro
realme 5 Pro menghadirkan kombinasi kamera utama 48MP + 8MP + 2MP + 2MP. Untuk kamera 48MP menggunakan sensor Sony IMX586, lalu kamera 8MP merupakan lensa ultra wide 119 °. Sedangkan kamera 2MP pertama berjenis ultra macro dan satu 2MP adalah lensa portrait.

Sedangkan Redmi Note 8 Pro memiliki konfigurasi 64MP + 8MP + 2MP +2MP. Dimana kamera utama dengan resolusi 64MP memakai sensor Samsung ISOCELL Bright GW1. Lalu kamera 8MP merupakan lensa ultra wide dengan 2MP untuk macro dan 2MP merupakan untuk menghasilkan foto bokeh. Sementara untuk kamera selfienya sudah dibekali sensor 20MP.

Melihat spesifikasi singkat di atas, kedua hp dengan empat kamera ini memiliki keunggulan masing-masing yang dapat disesuaikan kebutuhan pengguna. Jika menggunakan kamera hanya untuk share di social media, rasanya perbedaan resolusi pada kamera bukanlah hal yang signifikan.

Namun yang pasti, kenyamanan saat dipenggunaan merupakan yang utama. Dan realme termasuk salah satu vendor yang sedang gencar untuk memberikan berbagai nilai tambah bagi para pengguna dengan harga yang tetap bersahabat. Jadi mau pilih yang mana?

Nama Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan USB
Realme 5 Pro RAM 8GB ROM 128GB 6.3 inch Snapdragon 712 9 8 GB 128 GB Adreno 616 48 MP 8, 2, 2 MP 16 MP Type-C
Xiaomi Redmi Note 8 Pro RAM 6GB ROM 128GB 6.53 inch Helio G90T 9 6 GB 128 GB Mali-G76MC4 64 MP 8, 2, 2 MP 20 MP Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.