Perbedaan Spek dan Fitur Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina, Pilih Mana?

Oleh Adam Rizal updated Rabu, 20 Mar 2019 | 15:38

Xpander vs All New Livina

Akhirnya, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan multi-purpose vehicle (MPV) All New Nissan Livina yang berbasis Mitsubishi Xpander. Kebijakan saling berbagi basis platform adalah hal yang umum di dunia otomotif, mengingat Nissan dan Mitsubishi berada di bawah satu naungan induk perusahaan yaitu Renault Nissan Mitsubishi. Namun bagaimana performa Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina?

Meskipun All New Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander saling berbagi basis platform, ada perbedaan signifikan dari sisi wajah, fitur dan spesifikasi lainnya. Menariknya lagi, harga All New Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sangat mepet. Livina sendiri memiliki tempat spesial di hati masyarakat Indonesia karena sudah eksis sejak 2007.

Yuk! Kita bandingan kedua MPV terbaik tahun ini yaitu Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina:

Eksterior Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina

all new grand livina

Desain tampilan All New Nissan Livina berbeda dengan Mitsubishi Xpander. Dari tampilan depan, All New Nissan Livina mengusung bahasa desain V-Motion seperti mobil-mobil modern Nissan pada umumnya. Sedangkan, Mitsubishi Xpander tetap konsisten dengan bahasa desainnya Dynamic Shield.

All New Nissan Livina dan Mitsubishi memiliki peletakan lampu depan yang sama dan berada di dua tempat berbeda. Lampu day time running light (DRL) berada di atas dan lampu utama ada di bawah. Tentunya, desain lampu kedua MPV itu berbeda. All New Nissan Livina memiliki lampu bagian atas yang lebih menyipit kecil dan bentuk lampu bawahnya dibuat lebih oval mirip lampu bawah Hyundai Santa-Fe. Mitsubishi Xpander memiliki lampu bagian atas dan bawah yang lebih besar.

Untuk pelek roda, All New Nissan Livina mengusung desain dengan palang sembilan dan Mitsubishi Xpander memiliki palang yang berjumlah 10 dan bercorak two tone. Desain fender All New Nissan Livina yang berada di fascia depan terlihat lebih sederhana menyesuaikan bentuk lekukan ban depan. Sedangkan, desain fender Mitsubishi Xpander terlihat agresif dengan sentuhan garis tegas dan sedikit mengkotak.

Di bagian belakang, All New Nissan Livina memiliki desain lampu belakang yang mirip Nissan X-Trail dan diffuser terpisah, terlihat lampunya memiliki LED yang lebih tebal dengan bentuk seperti garis

Sedangkan, Mitsubishi Xpander memiliki corak yang menyerupai huruf X sekaligus mewakili bahasa desainnya Dynamic Shield, bentuk lampunya LED seperti huruf dan desain diffusernya menyatu.

Interior Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina

interior xpander

Secara sepintas desain interior All New Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sangat mirip.  Kedua mobil ini sama-sama mampu menampung tujuh penumpang serta dilengkapi dengan beragam fitur. Terdapat pula power outlet berkapasitas 12V di masing-masing baris bangku.

Namun, ada beberapa faktor yang menjadi pembeda. All New Nissan Livina varian tertinggi Livina yakni VE dan VL mengusung layar sentuh tujuh inci yang sudah tersambung ke Apple Carplay dan Android Auto. Sedangkan, Mitsubishi Xpander varian Ultimate yang baru memiliki head unit 7 inci. Mitsubishi Xpander baru tersedia tombol pemutar untuk naik turun volume. Sedangkan, tombol-tombol All New Nissan Livina semuanya sudah sentuh/tekan.

Tombol start dan stop masing-masing hanya tersedia pada varian tertinggi keduanya. Kedua MPV itu sudah memiliki AC double blower, layar MID, fitur Welcome Light and Coming Home Light yang memudahkan pengendara mencari mobil. Kursi jok All New Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander sama-sama bisa dilipat sesuai dengan kebutuhan penumpang. Jok All New Nissan Livina varian termahal sudah berlapis kulit dan menjadi yang pertama di kelasnya.

Mitsubishi Xpander varian Ultimate masih menggunakan material fabric untuk joknya. Selain itu, warna interior All New Nissan Livina lebih dominan warna gelap dan sedikit dikombinasi warna terang untuk area plafon-nya. Sedangkan, Mitsubishi Xpander tipe tertinggi lebih dominan dengan warna terang atau beige. Sistem peredam All New Nissan Livina lebih baik berkat penambahan peredam juga tingkat ketebalan kaca yang lebih. 

Mesin dan Transmisi Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina

Dapur pacu kedua MPV itu pun mengusung mesin DOHC 1.499 cc yang menyemburkan tenaga 104 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Transmisi All New Livina versi otomatis juga tidak lagi memakai Xtronic CVT, melainkan 4 percepatan layaknya Xpander.

Fitur Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina

Mitsubishi Xpander memiliki fitur keselamatan ABS, HSA, ESS, Pedestrian Protection, ASC, serta Dual SRS Airbag. All New Nissan Livina juga memiliki HSA, Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, rear view camera, dan Auto Hazard Light on Emergency Braking. 

Dari sisi lain, Livina memberikan sensor parkir untuk tipe VE dan VL, di mana Xpander tidak ada di semua tipenya. Kamera parkir tersedia untuk tipe tertinggi seperti pada Xpander. Lalu Auto Hazard on Emergency Braking sudah tersedia di semua tipe Livina, sementara Xpander hanya di tipe Ultimate saja. Sayangnya, Livina belum dilengkapi dengan Cruise Control seperti pada Xpander tipe Ultimate yang terbaru. Selebihnya dari sisi dimensi dan mesin masih sama seperti Xpander, dengan mesin 1.5 liter.

Varian dan Warna Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina

xpander

All New Nissan Livina memiliki tipe varian yaitu E, EL, VE, dan VL. Sedangkan, Mitsubishi Xpander memiliki tipe varian GLX, GLS, Exceed, Sport, Ultimate. Untuk warna, All New Nissan Livina tersedia dalam pilihan warna Ruby Red, Sunset Orange, Black Knight, Timless Grey, Silver Tech dan With Pearl. Mitsubishi Xpander menawarkan beberapa varian warna yait Quartz White Pearl, Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic, dan Red Metallic.

Harga Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina

Harga All New Nissan Livina dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander. All New Nissan Livina varian termahal dibanderolnya Rp.261,9 jutaan Rupiah, lebih mahal Rp1 juta dibanding Mitsubishi Xpander. Sebaliknya, harga All New Nissan Livina jauh lebih murah untuk varian termurahnya dibanding Mitsubishi Xpander.

All New Nissan Livina varial E Manual dibanderol Rp 198,8 juta, lebih murah 7,3 juta dibanding Mitsubishi Xpander GLX Manual yang dibanderol Rp206,1 jutaan.

Jadi All New Nissan Livina 2019 dipasarkan sedikit lebih mahal dari Mitsubishi Xpander. Kondisi ini membuat Nissan Livina 2019 tetap menjadi LMPV dengan harga termahal, mengalahkan saudara kembarnya, duet LMPV Astra, Honda Mobilio, dan juga Suzuki Ertiga. Apalagi Wuling Confero yang jauh lebih murah.

Daftar harga All New Nissan Livina :

Nissan Livina E M/T Rp198,8 juta

Nissan Livina EL M/T Rp223 juta

Nissan Livina EL A/T Rp233 juta

Nissan Livina VE A/T Rp249,9 juta

Nissan Livina VL A/T Rp261,9 juta 

Daftar harga Mitsubishi Xpander :

Mitsubishi Xpander Ultimate AT Rp260,9 juta

Mitsubishi Xpander Sport AT Rp252,2 juta

Mitsubishi Xpander Sport MT Rp242,2 juta

Mitsubishi Xpander Exceed AT Rp240 juta

Mitsubishi Xpander Exceed MT Rp229,6 juta

Mitsubishi Xpander GLS AT Rp233,6 juta

Mitsubishi Xpander GLS MT Rp222,6 juta

Mitsubishi Xpander GLX MT Rp206,1 juta

Kesimpulan Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina

Dari perbandingan di atas Mitsubishi Xpander vs All New Nissan Livina dari mulai eksterior, interior, mesin, fitur, warna hingga harga pasaran terdapat beberapa perbedaan yang bisa kamu lihat. Perbedaan tersebut bisa menjadi gambaran kamu ketika ingin membeli mobil Mitsubishi Xpander atau All New Nissan Livina. Yang pasti kedua mobil tersebut merupakan mobil MPV terbaik tahun ini.

Komentar