Diperbaharui pada Rabu, 20 Maret 2019 | 12:30

Wuling Almaz vs Honda CR-V Turbo, Mana yang lebih Baik?

ilustrasi speedometer

Bagaimana spesifikasi Wuling Almaz vs Honda CR-V Turbo?

Wuling Motors Indonesia menggebrak pasar otomotif Indonesia dengan meluncurkan sport utility vehicle (SUV) Wuling Almaz beberapa pekan lalu. Sebelumnya, Wuling Motors Indonesia sukses menjual multi purpose vehicle (MPV) Wuling Confero dan Wuling Cortez.

Kali ini, Wuling Almaz sukses memberikan kejutan dengan beberapa fitur-fitur kelas premium dengan harga value for money. Wuling Almaz mengusung mesin turbo 1.500 cc, panaromic roof, dan fitur-fitur lainnya. Secara fitur, Wuling Almaz menantang SUV Honda CR-V Turbo Prestige yang sama-sama mengusung mesin turbo 1.500 cc dan panaromic dengan harga Rp500 jutaan.

Wuling Motors Indonesia sendiri belum mengungkapkan harga resmi Wuling Almaz tetapi rumor yang beredar harganya sekitar Rp300 jutaan. Cukup terjangkau untuk fitur yang berlimpah. SUV yang berasal dari negeri Sakura itu sudah lebih dulu mengaspal di Indonesia sejak 2016, hingga saat Honda CR-V sudah memproduksi generasi kelima. 

Pricebook pun mencoba membandingkan spesifikasi Wuling Almaz vs Honda CR-V Turbo

Eksterior Wuling Almaz vs Honda CR-V Turbo Prestige

Masalah desain, memang masalah selera karena setiap orang punya penilaian sendiri untuk menentukan sebuah mobil itu bagus atau jelek. Namun, Wuling Almaz dan Honda CR-V Turbo Prestige menawarkan desain yang elegan, menarik dan sporty.

ekterior wuling almaz

Namun, desain Wuling Almaz jauh lebih modern karena menawarkan lampu day time running light (DRL) yang terpisah dari lampu utamanya yang berada di bawah. Penempatan lampu DRL Wuling Almaz sangat mirip dengan MPV Mitsubishi Xpander dan New Toyota Avanza Veloz. Selain itu, bodi samping Wuling Almaz terlihat garis tajam nan tegas yang memanjang dari depan ke belakang. Desain pilar D-nya menggunakan konsep floating roof yang membuat kaca pilar C tampak menyatu dengan pilar D. Sayangnya, lampu kabut Wuling Almaz masih halogen belum LED dan berwarna kuning. 
eksterior honda cr-v turbo

Lain halnya, Honda CR-V Turbo Prestige yang masih mengusung desain konvensional yaitu menyatukan posisi lampu utama, DRL dan sein sehingga terkesan kompak. Untungnya, lampu kabut Honda CR-V Turbo Prestige sudah LED dan dapat menghasilkan cahaya lebih terang dan jelas. Baik Wuling Almaz mau Honda CR-V Turbo Prestige sudah memiliki atap panaromic roof dan sunroof yang menjadi ciri khas mobil mewah.

Soal dimensi, tongkrongan Wuling Almaz tidak terlalu signifikan perbedaanya dengan Honda CR-V. Dimana dimensi panjang Almaz mencapai 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm. Sedangkan Honda CR-V memiliki panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.679 mm dan sumbu roda 2.660.

Interior Wuling Almaz vs Honda CR-V Turbo Prestige

 interior wuling almaz

Dari sisi interior, SUV Wuling Almaz jauh lebih unggul dan Honda CR-V Turbo Prestige walaupun kedua SUV itu menawaran desain interior yang canggih dan modern. Namun, daya angkut penumpangnya berbeda, Honda CR-V Turbo Prestige bisa mengangkut 7 penumpang. Sedangkan, Wuling Almaz bisa mengangkut 5 penumpang.

Uniknya, Wuling Almaz mengusung layar head unit jumbo yang berukuran 10,4 inci di bagian tengahnya, mirip sebuah tablet. Sepintas, head unit berukuran tablet itu mirip dengan head unit SUV Renault Koleos yang sudah terlebih dahulu hadir di Indonesia. Sedangkan, Honda CR-V Turbo Prestige memiliki head unit berukuran 9 inci. Anda pun bisa mengatur suhu AC di dalam kabin Wuling Almaz langsung dari layar. Berbeda dengan Honda CR-V Turbo Prestige yang menyediakan tombol khusus untuk AC.

interior honda cr-v turbo

Jok Honda CR-V Turbo Prestige jauh lebih superior karena baik pengemudi maupun penumpang baris depan menggunakan pengaturan elektrik. Pengguna cukup menekan tombol yang berada di samping bawah untuk mengontrol posisi dudukan. Sebaliknya, jok Wuling Almaz hanya mengaplikasi fitur pengaturan elektrik di bangku sopir. Sisanya masih manual. Untungnya, semua jok Honda CR-V Turbo Prestige dan Wuling Almaz sudah berbalut kulit. 

Mesin Wuling Almaz vs Honda CR-V Turbo Prestige
mesin wuling almaz

Wuling Almaz dan Honda CR-V Turbo Prestige sama-sama mengusung mesin berkubikasi 1,5 liter dengan turbocharger. Meskipun kapasitas mesinnya sama tetapi tenaganya berbeda. Mesin Wuling Almaz hanya mampu menyemburkan 141 PS di putaran 3.500 rpm. Sedangkan, mesin Honda CR-V Turbo Prestige mampu menyemburkan 190 PS pada 5.600 rpm. Kedua SUV itu mengusung transmisi sistem continuously variable transmission (CVT). Namun jumlah percepatannya beda tipis, jika Wuling Almaz mengusung transmisi 8-speed. Sedangkan, Honda CR-V Turbo Prestige mengusung 7-speed. 

Fitur Wuling Almaz vs Honda CR-V Turbo Prestige

SUV Wuling Almaz dan Honda CR-V Turbo Prestige sama-sama menawarkan fitur-fitur yang canggih. Dari sisi keselamatan, Wuling Almaz sudah mengusung dual SRS airbag + side airbag, rem ABS+EBS+BA, Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC) dan Emergency Stop Signal (ESS), Hill Hold Control(HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake dan kamera yang memperlihatkan seluruh sudut atau 360 derajat. Sedangkan, Honda CR-V Turbo Prestige mengusung sistem keamanan enam airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Brake Override System (BOS), Emergency Stop Signal (ESS), Brake Hold dan rem ABS+EBS+BA.

interior depan honda cr-v turbo

Kedua SUV itu sudah tidak lagi menggunakan kunci konvensional tetapi mengusung tombol start stop engine dan sudah mendukung smart entry. Pengemudi tinggal mendekatkan smart key, secara otomatis pintu terbuka. Kedua SUV itu juga sudah mengusung fitur cruise control yang memungkinkan mobil bisa berjalan konstan tanpa perlu menginjak pedal gas. Namun, Honda CR-V Turbo Prestige sudah mengusung paddle shift yang menunjang keseruan berkendara. Berbeda dengan Wuling Almaz yang mempercayakan mode manual di tuas transmisi. Konstruksi suspensi kedua SUV itu juga sama yaitu MacPherson Strut untuk kaki depan dan Multi-link di belakang. 

Kesimpulan

Hasil perbandingan performa Wuling Almaz vs Honda CR-V Turbo. Pada Wuling Almaz memiliki banyak berbagai fitur yang mampu menyaingi Honda CR-V Turbo Prestige dengan harga berkisar Rp300 jutaan. Sedangkan, Honda membanderol Honda CR-V Turbo Prestige senilai Rp 478,5 - Rp 518,5 juta. Selain itu, Honda memiliki layanan purna jual yang banyak di Indonesia dengan jumlah diler mencapai 149 di seluruh Indonesia. Sedangkan, Wuling Motors Indonesia memiliki diler sebanyak 99 buah di seluruh Indonesia walaupun usianya baru 2 tahun ini.

Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts