Realme 3 vs Samsung Galaxy M20, Murah Belum Tentu Kalah

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 19 Mar 2019 | 08:17

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Realme 3 dan Samsung Galaxy M20 merupakan hp terbaru 2019 yang kini sedang banyak dibicarakan pengguna smartphone Tanah Air. Spesifikasi Realme 3 dan Galaxy M20 juga tidak terlalu beda secara signifikan, dan keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Namun yang menarik, harga Realme 3 lebih murah di banding harga Samsung Galaxy M20. Bahkan dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Seperti diketahui, saat rilis harga Realme 3 versi RAM 4GB dan ROM 64GB adalah Rp2.399.000, sedangkan harga Samsung Galaxy M20 saat pertama kali dirilis dibanderol Rp2.799.000. Apakah harga mempengaruhi performa keduanya? Langsung saja simak hasil perbandingan Realme 3 dan Samsung Galaxy M20.

Dewdrop Notch

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Secara desain keduanya tidak jauh berbeda, sama-sama mengusung konsep layar dewdrop yang menyisakan sedikit notch untuk menempatkan kamera depan (Samsung menyebutnya sebagai Infinity-V display). Realme 3 dan Samsung Galaxy M20 sama-sama mengusung desain unibody tanpa adanya bingkai yang memisahkan antara cover belakang dan bagian depan.

Ukuran keduanya juga tidak berbeda secara signifikan, hanya saja bodi Realme 3 lebih tipis dari Galaxy M20, yaitu 8,3mm (Realme 3) berbanding 8,8mm (Galaxy M20). Yang terlihat berbeda adalah peletakan tombol dan port. Untuk Realme 3 tombol power di kanan serta volume di kiri lengkap bersama port SIM Card. Realme 3 sudah menyediakan 3 port yang terdiri dari 2 SIM card dan 1 memori eksternal (MIcroSD). Untuk port lain ada port charging (micro USB), jack audio 3,5mm serta speaker yang ditempatkan di bagian bawah.

Sedangkan Samsung Galaxy M20 menempatkan tombol volume berderet dengan tombol power di kanan. Sementara port SIM di sisi kiri dengan komposisi yang sama yaitu 2 port SIM dan 1 port microSD. Di bagian bawah juga tersedia port charging, jack audio 3,5mm serta speaker yang ditempatkan di bagian bawah. Bedanya Samsung Galaxy M20 sudah menggunakan USB Type C.

Di bagian belakang keduanya terdapat dual kamera lengkap bersama flash plus sensor fingerprint dengan logo masing-masing. Bedanya logo Realme ditempatkan secara vertical agak ke bawah, sedangkan logo Samsung ada di tengah dalam posisi horizontal.

Cover Gradasi vs Konvensional

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Oiya, ada satu hal yang terlihat cukup mencolok. Dimana Cover belakang Realme 3 sudah menggunakan warna gradasi yang cukup apik. Komposisi warna gradasi ini akan terlihat ketika terkena pantulan sinar cahaya. Sangat cocok untuk Anda yang sangat stylish dan berjiwa muda. Sedangkan cover belakang Samsung Galaxy M20 tidak menggunakan konsep warna gradasi.

Jika Anda orang simpel mungkin bisa memilih Samsung Galaxy M20, namun bagi yang lebih mengutamakan style dan kekinian Realme 3 adalah pilihan yang pas. Meski demikian, kedua cover belakang ini sama-sama menyisakan jejak sidik jari. 

Layar IPS vs PLS

Layar Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Layar Realme 3 dan Samsung Galaxy M20 memang menggunakan konsep dewdrop yang sama. Hanya saja ukuran layar Realme sedikit lebih kecil dari M20, yaitu 6,22 inci di Realme 3 berbanding dengan 6,3 inci di hp Samsung. Perbedaan ukuran layar ini agak mempengaruhi ukuran bezel bawah layar, dimana bezel Realme 3 sedikit lebih tebal.

Begitu pula dari kapasitas resolusi, Samsung Galaxy M20 sudah FullHD sedangkan Realme 3 HD+. Samsung sendiri memakai panel berjenis PLS di Galaxy M20, beda dengan Realme yang menggunakan layar IPS. Lebih bagus mana? Layar PLS di klaim memiliki kontras lebih tinggi 10% dibanding IPS. Tapi ketika dibandingkan, layar IPS di Realme 3 jauh lebih kaya warna.

Hal ini dikarenakan warna hitam pada layar IPS di Realme 3 agak lebih pekat dibanding layar PLS di M20. Sehingga warna yang dikeluarkan lebih dalam. Namun yang pasti, keduanya memiliki kelebihan masing-masing, dimana layar Samsung memiliki kontras lebih tinggi (lebih terang) sedangkan layar Realme 3 warnanya lebih keluar. 

OS Android Pie vs Oreo

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Realme 3 berjalan dengan UI ColorOS 6.0 berbasis OS Android 9 Pie yang menghadirkan antarmuka lebih simpel. Beberapa fitur yang ditawarkan ColorOS 6.0 terbaru adalah Stock Android Experience seperti App Drawer untuk drag aplikasi yang biasa digunakan ke home screen dan aplikasi yang jarang digunakan ke app drawer. Lalu Gerakan navigasi Android P seperti geser ke atas dari tombol Home untuk membuka multi-tasking, atau geser ke kiri/kanan untuk beralih antar aplikasi dengan cepat.

Ada juga fitur Game Space yang sangat berguna ketika bermain game, termasuk menawarkan teknologi Hyper Boost yang dapat meningkatkan lebih banyak performanya untuk memainkan game yang berat.

Sementara Samsung Galaxy M20 hadir dengan Samsung Experience versi 9.5 UX berbasis Android 8 Oreo. UI ini menawarkan pengalaman yang cepat dan lancar tanpa hambatan. Beberapa kelebihan dari UI versi terbaru ini adalah respon yang lebih cepat serta di dukung Emoji 11. Tidak ketinggalan fitur game launcher yang kini bisa memainkan game dalam layar penuh.

Secara umum, pengalaman menggunakan antarmuka di kedua hp ini cukup responsif. Hanya diperlukan sedikit eksplorasi untuk lebih terbiasa menggunakannya.

Hasil Kamera

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Masuk ke sektor kamera, Realme 3 dibekali dual kamera belakang dengan konfigurasi 13MP + 2MP. Kameranya juga memiliki aperture atau bukaan sebesar f/1.8. Sedangkan dual kamera Samsung Galaxy M20 mengombinasikan sensor 13MP + 5MP dengan aperture f/1.9. Kemampuan dual kamera di kedua kompetitor ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Samsung Galaxy M20 misalnya, memiliki sensor ultrawide pada kamera kedua. Sehingga bisa mengambil foto dalam sudut yang lebih luas. Kamera ini juga menawarkan berbagai modus pemotretan seperti Beauty, Live Focus (foto bokeh), hingga Pro. Sayangnya Samsung belum menyematkan fitur Night Mode di Galaxy M20.

Beda halnya dengan kamera Realme 3 yang sudah memasang 2 fitur baru yaitu Nightscape dan Chroma Boost. Sesuai namanya, fitur Nightscape merupakan fasilitas kamera yang memungkinkan kita mengambil foto malam hari dengan lebih terang dan detail. Sedangkan Chroma Boost merupakan fitur yang meningkatkan dynamic range pada foto. Fitur ini akan sangat membantu untuk menghasilkan foto yang jauh lebih berwarna. Dua fitur ini yang menjadi pembeda antara kamera Realme 3 dan Samsung Galaxy M20.

Berikut perbandingan hasil foto Realme 3 dan Galaxy M20 :

1. Auto Mode

Auto Mode Samsung M20
Auto Mode Realme 3
2. Chroma Boost Realme 3

Hasil foto samsung m20Hasil foto Samsung Galaxy M20

chroma boost realme 3Hasil foto Realme 3 dengan Chroma Boost


Dengan fitur Chroma Boost

3. Foto Low Light

Samsung Galaxy M20
nightscape realme 3Nightscape Realme 3

3. Foto Bokeh

foto bokeh samsung m20Foto bokeh Samsung Galaxy M20

Foto bokeh Realme 3Foto bokeh Realme 3

Bagaimana dengan foto selfienya? Di Realme 3 mengandalkan pada kamera depan yang memiliki resolusi mencapai 13MP plus dukungan aperture f/2.0. Selain menawarkan foto selfie yang baik, kamera depan ini juga bisa menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh.

Sedangkan kamera depan Samsung Galaxy M20 hanya berbekal sensor 8 MP dengan aperture f/2.0. Kamera depan di Galaxy M20 juga bisa menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh.

Mediatek Helio P60 vs Exynos 7904

Antutu Realme 3 vs galaxy m20
Perbedaan yang paling menyolok mungkin ada di spesifikasi hardware yang ditanamkan, terutama dari penggunaan prosesor. Dimana Samsung Galaxy M20 menggunakan prosesor Exynos 7904, sedangkan Realme 3 memakai prosesor Mediatek Helio P60 (versi global).

Exynos 7904 memiliki 8 inti yang terdiri dari 2 inti Cortex A73 berkecepatan 2,2GHz dan 6 inti Cortex A53) 1,6Ghz. Lalu Mediatek P60 terdiri dari 4 inti Cortex A73 berkecepatan 2Ghz dan 4 inti Cortex A53 maksimal 2,0Ghz. Dari penggunaan grafis, Mediatek Helio P60 memiliki GPU lebih baik yaitu Mali G72 MP3 dan Exynos 7904 hanya memakai Mali  G71 MP2.

Yang menarik, Helio P60 sudah diproses menggunakan fabrikasi 12nm sementara Exynos 7904 masih 14nm. Kelebihan dari fabrikasi 12nm adalah lebih efisien dan lebih baik dari fabrikasi 14 nm. Untuk hasil skor benchmark menggunakan Antutu kedua hp terbaru 2019 ini adalah Realme 3 : 132042 dan Galaxy M20 : 107846. Sementara untuk penggunaan gaming dengan memainkan PUBG keduanya berada pada setingan Medium (grafis HD dan frame rate High).

Catatan : Realme 3 yang kami gunakan merupakan versi RAM 4GB dan ROM 64GB, sedangkan Samsung Galaxy M20 versi RAM 3GB dan ROM 32GB. Meski beda RAM dan ROM, namun secara harga Realme 3 lebih murah dibanding Galaxy M20.  

Baterai 4230mAh vs 5000mAh

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Baik Realme 3 maupun Samsung Galaxy M20 sama-sama menjadi hp dengan kapasitas baterai besar. Bedanya baterai Galaxy M20 sudah berkapasitas 5000mAh, sedangkan baterai Realme 3 besarnya 4230mAh. Meski berbeda kapasitas, namun selama pengujian yang dilakukan tidak berbeda secara signifikan.

Misalnya, saat memutar video HD dengan durasi 1 jam plus kecerahan optimal (100 persen) menggunakan wifi, baterai Realme 3 berkurang sebesar 9 persen. Sedangkan baterai Samsung Galaxy M20 berkurang 11 persen.

Hal ini karena pengaruh penggunaan layar FullHD di Galaxy M20, sehingga membutuhkan daya yang lebih besar dari layar HD+ di Realme 3. Lalu bermain PUBG satu jam baterai Realme 3 berkurang 17 persen sementara Galaxy M20 berkurang 15 persen.

Untuk mengisi ulang baterai di Realme 3 dari kosong hingga penuh (0-100 persen) butuh waktu selama 2 jam 45 menit. Sedangkan pengisian ulang baterai Samsung Galaxy M20 lebih cepat yaitu berkisar 2 jam 15 menit. Hal ini karena Samsung Galaxy M20 sudah menggunakan USB Type C yang memang menawarkan pengisian dan transfer data lebih cepat.

Meski demikian, dalam kurun waktu 15 menit hingga 1 jam kedua baterai hp tersebut mampu mengisi dengan kecepatan yang sama. Misalnya, dalam 1 jam pertama baterai Realme 3 terisi 51 persen, sedangkan Galaxy M20 terisi 52 persen. Namun setelah itu, kecepatan pengisian baterai Samsung Galaxy M20 terbilang stabil hingga terisi penuh lebih cepat. 

Berikut data seputar Realme vs Samsung Galaxy M20 :

Fitur Realme 3 Samsung Galaxy M20
Harga Rp2.399.000 RAM 4GB ROM 64GB
Rp2.099.000 RAM 3GB ROM 64GB
Rp1.799.000 RAM 3GB ROM 32GB (harga normal Rp1.999.000
Rp2.799.000 RAM 3GB ROM 32GB 
Desain Cover Belakang Gradasi Cover Belakang non Gradasi
Layar HD+, warna lebih keluar FullHD, kontras lebih tinggi
OS Android 9 Pie Android 8 Oreo
Kamera Utama 13+2MP, aperture f/1.8
Punya fitur Nighscape dan Chroma Boost
13MP + 5MP, aperture f/1.9
Kamera ultrawide
Kamera Depan 13MP, aperture f/2.0 8MP, aperture f/2.0
Performa Mediatek Helio P60
-  Antutu : 132042
- Geekbench : 1422 (single core), 5072 (multi core)
Exynos 7904
- Antutu : 107846
- Geekbench : 1320 (single core), 4111 (multi core)
Baterai Kapasitas 4230mAh 
- Isi ulang 0-100 persen (2 jam 45 menit)
- Isi ulang baterai 1 jam (51 persen)
- Video HD 1 jam (baterai berkurang 9 persen)
- PUBG 1 jam (baterai kurang 16 persen)
Kapasitas 5000mAh 
- Isi ulang 0-100 persen (2 jam 15 menit)
- Isi ulang baterai 1 jam (52 persen)
- Video HD 1 jam (baterai berkurang 11 persen)
- PUBG 1 jam (baterai kurang 15 persen)

Kesimpulan

Mengapa membandingkan Realme 3 dengan RAM 4GB dan ROM 64GB dengan Samsung Galaxy M20 yang hanya dibekali RAM 3GB dan ROM32GB? Salah satu pertimbangannya ada pada harga. Karena dengan spesifikasi tersebut harga keduanya tidak berbeda terlampau jauh.

Bahkan harga Realme 3 dengan RAM 4GB lebih murah dibanding Samsung Galaxy M20 yang berbekal RAM 3GB. Saat rilis harga Realme 3 versi RAM 4GB dan ROM 64GB adalah Rp2.399.000, sedangkan harga Samsung Galaxy M20 saat pertama kali dirilis dibanderol Rp2.799.000.

Tidak hanya itu, Realme 3 juga tersedia dalam opsi RAM 3GB dan ROM 32GB yang banderol Rp1.799.000 (penjualan perdana) serta RAM 3GB dan ROM 64GB dengan harga Rp2.099.000. Meski demikian, penilaian dan keputusan terakhir tetap di tangan Anda.

Nama Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Resolusi Kamera Belakang 2 Resolusi Kamera Depan 1 USB Kapasitas Baterai
Realme 3 RAM 3GB ROM 32GB 6.22 inch Mediatek MT6771 Helio P60 9.0 3 GB 32 GB Mali-G72 MP3 13 MP 2 MP 13 MP microUSB, USB OTG 4230 mAh
Realme 3 RAM 3GB ROM 64GB 6.22 inch Mediatek MT6771 Helio P60 9.0 3 GB 64 GB Mali-G72 MP3 13 MP 2 MP 13 MP microUSB, USB OTG 4230 mAh
Realme 3 RAM 4GB ROM 64GB 6.22 inch Mediatek MT6771 Helio P60 9.0 4 GB 64 GB Mali-G72 MP3 13 MP 2 MP 13 MP microUSB, USB OTG 4230 mAh
Samsung Galaxy M20 RAM 3GB ROM 32GB 6.3 inch Exynos 7904 Octa 8.1 3 GB 32 GB Mali-G71 MP2 13 MP 5 MP 8 MP microUSB, Type-C 5000 mAh
Samsung Galaxy M20 RAM 4GB ROM 64GB 6.3 inch Exynos 7904 Octa 8.1 4 GB 64 GB Mali-G71 MP2 13 MP 5 MP 8 MP microUSB, Type-C 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Artikel Terkait

Komentar