Perbedaan Xiaomi Black Shark Helo dan Black Shark Pertama, Apa Saja yang Berubah?

Oleh Rizki Abadi updated Kamis, 25 Okt 2018 | 18:22

xiaomi black shark helo

Xiaomi tampaknya sangat serius untuk bersaing di pasar smartphone gaming yang ramai di tahun ini. Sebab, baru-baru ini perusahaan asal China tersebut resmi meluncurkan smartphone gaming terbarunya yaitu Xiaomi Black Shark Helo.

Smartphone ini merupakan penerus dari Xiaomi Black Shark generasi pertama yang berhasil membuat heboh pasar smartphone karena berhasil menghadirkan smartphone gaming berspesifikasi terbaik dengan harga yang masih tak terlalu mahal.

Peluncurkan Xiaomi Black Shark Helo sendiri dilakukan hanya beberapa bulan setelah Xiaomi meluncurkan Black Shark pertama. Untuk informasi, Xiaomi Black Shark pertama diluncurkan pada bulan April atau 6 bulan lalu.

Walau selisih waktunya tidak terlalu lama, namun Xiaomi Black Shark Helo sudah mendapat sejumlah perubahan untuk membuat para penggemar game mobile semakin betah bermain. Seperti apa perbandingan spesifikasi dari Xiaomi Black Shark Helo dan Xiaomi Black Shark pertama? Ini ulasannya:

Desain

xiaomi black shark helo

Dari sisi desain, Xiaomi melakukan sejumlah perubahan yang membuat Xiaomi Black Shark Helo Sedikit berbeda dengan Xiaomi Black Shark pertama. Dari segi ukuran, dimensi Xiaomi Black Shark Helo sedikit turun menjadi 160 x 75.2 x 8.7 mm dari 161.6 x 75.4 x 9.3 mm.

Perubahan juga dilakukan pada penempatan sensor sidik jari dari bagian depan, tepatnya di bagian bawah layar ke bagian belakang di bawah kamera. Selain melakukan perubahan, Xiaomi masih mempertahankan penggunakan layar bezel less tanpa notch.

Layar

xiaomi black shark helo

Dari sisi layar, Xiaomi tidak melakukan perubahan yang cukup signifikan di bagian ukuran layar. Di mana layar Xiaomi Black Shark Helo hanya naik sedikit menjadi 6.01 inch dari 5.99 inch di Black Shark pertama. resolusinya pun sama yaitu 1080 x 2160 pixel rasio 18:9.

Namun, bila bicara teknologi, Xiaomi Black Shark Helo sudah dilengkapi panel berteknologi AMOLED yang dikenal akan kecerahan warnanya yang sangat baik. Di Black Shark generasi pertama, panel yang dipakai adalah IPS LCD.

Software

xiaomi black shark helo

Di bagian software, Xiaomi masih belum mau memberikan perubahan generasi OS pada Xiaomi Black Shark Helo. Sebab, OS yang dipakai masih Android Oreo sama seperti Xiaomi Black Shark pertama tapi dengan MIUI 10. Belum diketahui kapan Xiaomi akan melakukan update OS pada smartphone barunya ini.

Performa

xiaomi black shark helo

Untuk urusan dapur pacu, Xiaomi juga masih mempertahankan penggunaan chipset Qualcomm Snadragon 845 pada Xiaomi Black Shark Helo. Chipset ini terbukti memberikan performa mengesankan pada Black Shark pertama, di aplikasi benchmark AnTuTu, Black Shark pertama berada di posisi kedua sebagai hp dengan performa terbaik sampai sekarang.

Walau tidak melakukan perubahan chipset, Xiaomi memberikan perubahan besar dengan memberi varian RAM 10GB pada Black Shark Helo. Ukuran RAM ini merupakan yang terbesar saat ini dan Xiaomi adalah yang pertama memberikan RAM 10GB pada smartphone-nya.

Untuk varian-varian RAM dan ROM, Black Shark Helo juga hadir dalam versi 6GB 128GB dan 8GB 128GB tanpa slot microSD. Nilai ini juga mengalami perubahan karena Black Shark pertama hanya menyediakan varian 6GB 64GB dan 8GB 128GB tanpa slot microSD.

Kamera

xiaomi black shark helo

Untuk bagian kamera, Xiaomi tidak melakukan perubahan besar dari sisi kemampuan kamera. Di mana hp ini masih mempertahankan konfigurasi dual kamera utama dengan aperture yang meningkat beresolusi 12MP f/1.75 dual pixel PDAF + 20 MP f/1.75. Sedangkan untuk kamera depannya masih menggunakan resolusi 20 MP f/2.2.

Walau begitu, Xiaomi melakukan penyegaran desain kamera belakang dari yang tadinya ditempatkan secara horizontal di bagian pinggir atas menjadi diletakkan secara vertikal di bawah LED flash. Hal ini membuat hp ini punya tampilan lebih segar dari pendahulunya.

Konektivitas

xiaomi black shark helo

Dari sisi konektivitas, Xiaomi menghilangkan fitur jack audio 3.5mm pada Black Shark Helo dan menggantunya dengan type C yang banyak dipakai hp hp masa kini, hal ini dinilai banyak orang cukup aneh karena smartphone ini merupakan smartphone gaming dan banyak gamer yang masih membutuhkan fitur tersebut.

Belum diketahui apakah Xiaomi akan menyertakan fitur adapter dari Type C ke jack 3.5mm. Selain itu untuk Black Shark Helo versi RAM 10GB sudah memiliki dua buah lubang konektivitas dibagian atas dan bawah untuk dihubungkan dengan gamepad.

Sistem Pendingin

xiaomi black shark helo

Sejak generasi pertama, Xiaomi sudah menyematkan sistem pendingin pada Xiaomi Black Shark. Di mana pada generasi pertama, sistem pendingin yang dipakai adalah Liquid Cooling System. Sementara di Black Shark Helo, Xiaomi sudah menyematkan fitur pendingin yang lebih modern berbasis Vapor Chamber.

Baterai

xiaomi black shack helo

Untuk baterai, Xiaomi masih mempertahankan penggunaan baterai berkapasitas 4000 mAh yang cukup standar untuk ukuran smartphone gaming pada Black Shark Helo. Untuk pengisiannya, hp ini mendukung Quick Charge 3.0.

Kesimpulan

Itulah perbedaan spesifikasi yang dimiliki Xiaomi Black Shark Helo dan Xiaomi Black Shark generasi pertama. Namun, gambaran perbedaan spesifikasi di atas hanya sebatas di atas kertas saja, untuk perbedaan mengenai performa asli perlu dilakukan tes lebih lanjut.

Walau begitu, perubahan yang dilakukan Xiaomi pada Black Shark Helo membuat hp ini menjadi lebih modern dan mewah dari versi sebelumnya. Untuk urusan harga, banderol dari Xiaomi Black Shark Helo tidak jauh berbeda dengan Black Shark pertama ketika baru diluncurkan. Jadi, kita tunggu saja kehadirannya.

Artikel Terkait

Komentar