Razer Phone 2 vs Asus ROG Phone, Duel Hp Gaming Terbaik 2018

Oleh Rizki Abadi updated Selasa, 16 Okt 2018 | 05:42

razer phone 2 vs asus rog phone

Sejak tahun ini, bermunculan cukup banyak hp gaming dengan spesifikasi kelas wahid ke pasaran. Hadirnya hp-hp gaming ini sendiri dilakukan oleh para produsen untuk mengakomodir para gamer mobile dan semakin banyaknya game-game Android berkualitas belakangan ini.

Untuk tahun ini, salah satu produsen yang terjun ke pasar hp gaming adalah Asus dengan meluncurkan produk Asus ROG Phone. Hp ini hadir dengan desain yang tak biasa dan punya berbagai spesifikasi terbaik yang dimiliki hp terbaru tahun ini.

Hanya berselang beberapa bulan, Razer kembali ikut di pasar hp gaming dengan meluncurkan Razer Phone 2. Hp ini merupakan penerus Razer Phone generasi pertama yang sudah meluncur sejak tahun lalu.

Sebagai hp gaming generasi terbaru, baik Razer Phone 2 dan Asus ROG Phone bisa dibilang punya spesifikasi yang sangat bersaing. Seperti apa perbandingan dari kedua hp tersebut? Berikut ini adalah head to head dari Razer Phone 2 dan Asus ROG Phone.

Desain

razer phone 2 vs asus rog phone

Untuk urusan desain, kedua pabrikan tidak mau ikut-ikutan membuat trend smartphone dengan tambahan notch di atas layar. Selain itu, dari segi desain, sebagai hp gaming, baik Asus dan Razer membuat tampilan dari kedua hp ini terlihat tidak biasa.

Di mana Razer Phone 2 membuat ujung-ujung hp sangat lancip, dan masih mengandalkan rasio layar 16:9. Sedangkan Asus membuat cukup banyak lekukan di hp nya ini dan sudah menggunakan rasio layar 18:9.

Layar

razer phone 2 vs asus rog phone

Untuk urusan layar, baik Asus dan Razer tidak setengah-setengah dalam memberikan tampilan terbaik di hp buatannya. Untuk Asus ROG Phone, sudah mempunyai layar AMOLED ukuran 6 inch resolusi 1080 x 2160 pixel dan punya kemampuan 108.6% DCI-P3 color gamut.

Sedangkan Razer Phone 2, memiliki layar IGZO IPS LCD ukuran 5.7 inch. Walau punya ukuran lebih kecil, tapi resolusi yang ditawarkan lebih besar mencapai 1440 x 2560 pixel dan punya refresh rate 120Hz. Layar dari kedua hp ini juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

OS

razer phone 2 vs asus rog phone

Dari segi OS, Razer Phone 2 dan Asus ROG Phone sama-sama masih menggunakan Android 8.1 Oreo. Namun, untuk Razer Phone 2 dikabarkan akan mendapatkan update OS Android 9 Pie dalam waktu dekat. Sementara Asus ROG Phone belum diketahui kapan akan mendapat update OS terbaru.

Performa

razer phone 2 vs asus rog phone

Untuk urusan performa, Razer Phone 2 dan Asus ROG Phone sama-sama mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 845 dan RAM 8GB. Yang membedakan keduanya adalah dari sisi memori internal.

Di mana Razer Phone 2 hanya menggunakan memori internal 64GB yang bisa diperluas sampai 512GB dengan MicroSD. Sementara Asus ROG Phone sudah menggunakan varian ROM ukuran 128GB dan 512GB, namun Asus tidak memberikan slot MicroSD di hp ini.

Kamera

razer phone 2 vs asus rog phone

Pada bagian kamera, kemampuan kedua hp bisa dibilang tidak terpaut jauh. Di mana Razer Phone menggunakan dual kamera belakang beresolusi 12MP f/1.8 PDAF OIS + 12MP f/2.6 2x optical ZOOM. Di bagian depan terdapat kamera beresolusi 8MP F/2.0.

Sedangkan Asus ROG Phone sudah menggunakan dual kamera utama ukuran resolusi 12 MP f/1.8 4-axis OIS dual pixel PDAF + 8 MP tampa aperture. Di bagian depan, kemampuan kamera Asus ROG Phone seimbang dengan Razer Phone 2 dengan menggunakan kamera beresolusi 8MP F/2.0.

Audio

razer phone 2 vs asus rog phone

Untuk urusan Audio, kepuasan kita dalam bermain game di kedua hp ini sudah sangat terjamin. Di mana kedua hp sudah menggunakan kualitas sound terbaik di hp-nya. Seperti Razer Phone 2 yang sudah menggunakan Dolby Atmos stereo speakers dengan sertifikasi amplifier dari THX.

Sedangkan Asus ROG Phone, walau tidak diketahui jenis audio yang dipakainya apa, tapi dipastikan kalau hp ini menggunakan speaker stereo. Di samping itu, ROG Phone juga masih mempertahankan jack audio 3.5mm yang mulai ditinggalkan oleh hp-hp level flagship, dan Razer Phone 2 tidak menggunakannya.

Baterai

razer phone 2 vs asus rog phone

Untuk baterai, Razer Phone 2 dan Asus ROG Phone sama-sama sudah disematkan baterai berkapasitas 4000mAh. Cukup besar namun sesuai dengan kebutuhan hp gaming yang seharusnya menggunakan baterai ukuran besar untuk kepuasan bermain game.

Kesimpulan

Perbedaan spesifikasi yang kami jabarkan di atas hanya di atas kertas saja, sebab untuk mengetahui kemampuan asli dari kedua smartphone diperlukan tes secara langsung. Walau begitu, dari paparan spesifikasi yang kami ungkap, rasanya sangat pantas menyebut kedua hp sebagai hp gaming terbaik di 2018.

Dari segi penjualan, Asus sudah melengkapi ROG Phone dengan berbagai tambahan perangkat gaming seperti controller dan lainnya yang akan membuat pengalaman bermain game di sana menjadi lebih baik. Sementara Razer Phone 2, walau tidak dilengkapi dengan tambahan perangkat game, tapi dijamin akan tetap memuaskan aktivitas gaming dengan sederet keunggulan spesifikasinya.

Jadi, hp gaming terbaik mana yang kamu pilih?

Artikel Lainnya

Komentar