Diperbaharui pada Senin, 1 Oktober 2018 | 18:45

Perbandingan Hasil Foto ASUS Zenfone 5 vs iPhone X

perbandingan hasil foto asus zenfone 5 vs iphone x
ASUS Zenfone 5 memang memiliki beberapa keunggulan, salah satunya di sektor kamera. Dimana kamera ASUS Zenfone 5 sudah mengusung dual kamera belakang 12MP + 8MP dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menghasilkan gambar yang lebih baik. Bahkan penilaian dari situs DxOMark mencatat skor tinggi yaitu 90.

Di bagian belakang, dual kamera ASUS Zenfone 5 terdiri dari kamera beresolusi 12MP dengan aperture f/1.8, PDAF, gyro EIS dan sudah menggunakan sensor Sony IMX363. Sementara kamera utama kedua beresolusi 8MP dengan aperture f/2.0, gyro EIS dengan sensor wide hingga sudut 120 derajat.

Untuk kamera depannya, ASUS membenamkan sensor kamera beresolusi 8MP dengan aperture f/2.0, dan gyro EIS. Konfigurasi ini tentu bisa menghasilkan kualitas foto yang baik, detail, tajam, dan mampu menampilkan warna yang bagus.

Sementara itu, kualitas kamera yang dimiliki iPhone X juga sudah diakui kualitasnya. Di bagian belakang terpasang dual kamera 12MP + 12MP dengan teknoogi quad LED, Phase Detection autofocus dan prosesor gambar terbaru. Untuk kamera depan terpasang kamera 7 MP yang mumpuni untuk selfie. Bahkan iPhone X mendapat predikat sebagai smartphone kamera terbaik versi Consumer Reports.

Hp Kamera Belakang Kamera Depan
ASUS Zenfone 5 ZE620KL 12MP (f/1.8, PDAF, 4-axis OIS) + 8MP (f/2.0) 8MP (f/2.0, 24mm wide)
iPhone X 12MP (f/1.8, OIS, PDAF) + 12MP (f/2.4, OIS, PDAF, 2x optical zoom) 7MP (f/2.2, 32mm standard)

Itu artinya, baik kamera ASUS Zenfone 5 maupun iPhone X sama-sama mendapat penilaian yang baik. Dimana Zenfone 5 mendapatkan skor tinggi di DXOMark, sedangkan iPhone X mendapat predikat kamera terbaik dari Consumer Reports.

Nah, jika hasil foto kedua hp kamera terbaik tersebut disandingkan, siapakah yang terbaik. Anda bisa bisa melihat sendiri perbandingan hasil foto ASUS Zenfone 5 dan iPhoe X di bawah ini :

Perbandingan hasil foto ASUS Zenfone 5 vs iPhone X
Dari sisi warna, hasil foto ASUS Zenfone 5 sedikit lebih vibrant dari iPhone X. Dilihat dari warna langit, pantulan cahaya matahari ke wajah dan juga warna baju. Namun dari segi tekstur, hasil foto iPhone X terlihat lebih dominan melalui bercak hitam di tebing belakang yang menangkap shadow lebih baik.

Perbandingan hasil foto ASUS Zenfone 5 vs iPhone X
Menggunakan mode auto non HDR, terlihat perbedaan dari sisi brightness. Dimana hasil foto ASUS Zenfone 5 terlihat lebih ‘berwarna’ dari iPhone X. Tampak dari warna langit, warna hijau pada pohon dan warna tebing.

Perbandingan hasil foto ASUS Zenfone 5 vs iPhone X
Saat di zoom ke arah bunga dan daun, hasil foto ASUS Zenfone 5 sedikit blur namun bentuk bunga dan daun tidak pecah. Fotonya juga memberikan warna lebih riil. Sedangkan foto dari iPhone X bunga dan daun terlihat pecah dengan tingkat zoom yang sama. Namun shadow yang dihasilkan sangat baik di bagian tebing. Hanya saja jika difokuskan ke arah rumput, cahayanya terlihat terlalu over.

Perbandingan hasil foto ASUS Zenfone 5 vs iPhone X
Untuk foto dengan banyak warna, hasil kamera ASUS Zenfone 5 saturasinya lebih cold agak kebiru-biruan. Sedangkan hasil foto iPhone X lebih ke warmth. Dan bila di zoom ke buah jeruk, foto iPhone X lebih detail.

Perbandingan hasil foto ASUS Zenfone 5 vs iPhone X
Untuk foto low light, bisa dilihat dari hasil foto di atas. Perbedaannya di foto iPhone X lampu neon nya terlihat redup namun cukup sejuk dilihat. Sedangkan hasil foto low light ASUS Zenfone 5 warnanya sedikit agak pecah. Namun secara umum noise keduanya terbilang cukup rendah.

perbandingan hasil foto asus zenfone 5 vs iphone x
Hasil foto ASUS Zenfone 5 bisa menangkap cahay bohlam dengan baik dan tidak pecah dibanding iPhone X. Lalu warna mobil juga terlihat lebih padat hitamnya dari kamera Zenfone 5 di banding iPhone X. Namun bila di zoom foto Zenfone 5 banyak noise ketimbang foto dari iPhone X.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa lihat video perbandingan hasil foto ASUS Zenfone 5 vs iPhone X di channel Youtube Pricebook di bawah ini :

Itulah perbandingan hasil foto dari kamera ASUS Zenfone 5 vs iPhone X. Jika Anda memiliki penilaian yang berbeda, bisa langsung kasih komentar.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.