Diperbaharui pada Jumat, 7 September 2018 | 11:20

Kenapa Pocophone F1 Murah Banget? Ini Perbandingannya dengan Xiaomi Mi 8

Kenapa Pocophone F1 Murah Banget

Xiaomi berulah lagi, kali ini mereka kembali mencoba "merusak pasar" dengan meluncurkan smartphone flagship melalui sub brand-nya dengan harga yang bisa dibilang tak masuk akal. Adalah Pocophone F1 yang masuk ke Indonesia dengan harga yang sangat murah tapi punya spesifikasi premium.

Bagaimana tidak premium, Pocophone F1 sekarang adalah smartphone dengan chipset Qualcomm Snapdragon 845 termurah saat ini. Bila smartphone dengan chipset Snapdragon biasanya dijual 7 juta ke atas, Pocophone F1 sudah bisa dibeli dengan harga mulai Rp4,499 juta saja.

Pertanyaannya, kok bisa semurah itu? Alasannya jelas, karena smartphone ini tidak memakai sejumlah fitur premium yang biasa dipakai pada smartphone flagship demi bisa menekan harga jualnya. Karena Pocophone F1 dibuat untuk membuat lebih banyak orang bisa merasakan smartphone berkemampuan tinggi dengan harga terjangkau.

Untuk mengetahui lebih jelas kenapa Pocophone bisa dijual sangat murah, kami akan berikan perbandingannya dengan Xiaomi Mi 8, yaitu smartphone flagship Xiaomi lain yang dibuat lebih premium. Seperti apa perbedaannya? Ini ulasannya.

1. Layar

Kenapa Pocophone F1 Murah Banget

Layar adalah alasan pertama kenapa Pocophone F1 bisa dijual murah. Di smartphone ini, Xiaomi melakukan downgrade dengan menyematkan layar sedikit lebih kecil ukuran 6.18 inch. Tidak hanya itu, panel yang dipakai juga hanya IPS saja.

Bandingkan dengan Xiaomi Mi 8 yang punya layar ukuran 6.21 inch dan sudah menggunakan panel Super AMOLED yang tingkat kecerahannya jelas lebih baik. Selain urusan teknologi, perlindungan yang diberikan Mi 8 juga lebih update dengan menggunakan Gorilla Glass 5.

Sementara menggunakan versi Gorilla Glass yang lebih lawas dan tidak diungkapkan generasinya, tapi dari beberapa bocoran diketahui kalau Gorilla Glass yang digunakan Pocophone F1 adalah Gorilla Glass 3.

2. Bodi

Kenapa Pocophone F1 Murah Banget

Bagian lain yang membuat Pocophone F1 menjadi murah adalah material yang dipakai pada bodinya. Di mana Pocophone F1 masih menggunakan bodi berbahan plastik. Sementara Xiaomi Mi 8 menggunakan bodi berbahan kaca.

Hasilnya, jelas terlihat kalau Xiaomi Mi 8 penampilannya lebih premium dibandingkan Pocophone F yang terlihat berpenampilan seperti smartphone murah.

3. Kamera

Kenapa Pocophone F1 Murah Banget

Fitur lain yang mengalami downgrade adalah bagian kamera. Di mana Pocophone hanya menggunakan dual kamera utama beresolusi 12 MP f/1.9 dual pixel PDAF + 5 MP f/2.0. Sementara Xiaomi Mi 8 menggunakan kamera utama beresolusi lebih baik 12 MP f/1.8 yang dilengkapi 4-axis OIS + 12 MP f/2.4 AF 2x optical zoom.

Untuk tenologi kamera depan cukup, kedua hp memiliki teknologi yang mirip. Untuk urusan kemampuan, kamera milik Xiaomi Mi 8 sudah diakui kemampuannya dengan mendapat skor DxOMark tinggi yaitu 99.

4. Fitur NFC dan Fast Charging

Kenapa Pocophone F1 Murah Banget

Ini adalah sisi lain yang didowngrade oleh Xiaomi pada Pocophone F1. Di mana hp ini tidak dilengkapi dengan fitur NFC yang belakangan makin dibutuhkan pengguna dan masih menggunakan fitur fast charging 3.0

Sementara Xiaomi Mi 8 sudah dilengkapi fitur NFC dan sudah menggunakan fitur Quick Charge 4.0+.

Pocophone Tidak Selalu Kalah

Walau mendapat downgrade di beberapa bagian, nyatanya smartphone ini masih memiliki sejumlah keunggulan dari saudaranya itu, bahkan oleh lawan-lawan smartphone flagship lain. Pertama dari sisi baterai, di mana Pocophone F1 sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 4000mAh.

Selain itu, smartphone ini sudah dibekali teknologi LiquidCool Technology, yang akan mengurangi panas berlebih ketika menjalankan aktivitas berat seperti gaming. Jadi, ditambah dengan harga yang sangat murah ini, Pocophone menjadi smartphone yang sangat layak beli saat ini.

Walau begitu, tetap saja itu semua harus didasarkan dengan kebutuhan kita. Sebab ada banyak smartphone lain yang dijual lebih mahal tapi punya fitur lebih baik dari Pocophone. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan ya!

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6.18 inch
OS Version 8.1
Detail Prosesor Snapdragon 845
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.8 GHz
GPU Adreno 630
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 20 MP
Kapasitas Baterai 4000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts