Diperbaharui pada Selasa, 2 Juni 2020 | 21:31

PUBG Mobile vs Fortnite Mobile, Mana Lebih Baik?

Image via DailySocial

Bagi kamu yang hobi main game battle royale, pasti sudah tahu nama game battle royale PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile dan Fortnite Mobile yang sebelumnya lebih dahulu terkenal di game PC.

PUBG Mobile yang lebih dulu hadir di Android, dan berhasil menggaet begitu banyak pemain dalam waktu singkat. Hal ini coba diikuti oleh Fortnite yang akan segera merilis versi stabil dari Fortnite mobile di Android dalam waktu dekat. Fortnite sendiri merilis game mobile-nya pertama kali di platform iOS.

Bagi kamu yang ingin memainkan kedua game ini, namun masih bingung lebih memilih yang mana, kami akan memberikan perbedaan karakteristik dari PUBG Mobile dan Fortnite Android.

Khusus untuk Fortnite, karena belum dirilis di Android, kami akan melakukan penilaian dari pengalaman bermain game ini di PC, karena kemungkinan besar apa yang ada di Game PC tidak akan jauh berbeda dengan versi Androidnya nanti. Ini pembahasannya:

GamePlay

pubg vs fortniteGameplay PUBG mobile

Dari sisi gameplay, ada anggapan kalau pengembang Fortnite, Epic Games melakukan plagiat terhadap PUBG yang dikembangkan oleh Tencent dan PUBG Corporation, walau anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Di mana keduanya sama-sama menawarkan sesuatu yang mirip, yaitu menjadi orang yang paling terakhir bertahan setelah bertarung melawan 100 orang lawan. Lalu, sama-sama memiliki zona pertarungan yang makin menyempit dan zona mati yang harus dihindari agar kita tidak mati.

Namun, kalau bicara perbedaan, yang pertama bisa dilihat adalah penyempitan zona pertarungan di Fortnite berlangsung lebih cepat sehingga game akan berjalan lebih singkat dibanding PUBG Mobile.

Sistem Item

pubg vs fortniteItem pada Fortnite Mobile

Dari sisi ini, secara keseluruhan PUBG menawarkan sistem item dan perlindungan yang lebih realistis dari pesaingnya yaitu Fortnite. Dari sisi senjata, PUBG lebih realistis karena senjata-senjata yang diberikan merupakan senjata yang ada di dunia nyata, sementara Fortnite menawarkan banyak senjata yang sepenuhnya didesain oleh si pengembang.

Jumlah senjata yang ada di PUBG juga lebih banyak dibanding yang ada di Fortnite. Tidak hanya itu, setiap senjata memiliki ciri khas dan tipe penggunaan yang berbeda karena semuanya didasarkan dengan yang ada pada dunia nyata.

Itu baru senjatanya, belum lagi dalam urusan memilih scope yang setiap itemnya punya fungsi berbeda, lalu pemilihan macam helm serta baju anti peluru yang level perlindungannya dibuat berbeda-beda, dan berbagai kekompleksan lain yang membuatnya menantang.

Jadi, kami sarankan, jika kamu ingin memainkan PUBG Mobile, pelajari jenis-jenis senjata yang ada di sana lebih dulu agar kamu tidak salah memilih item. Untuk membantu, kamu bisa membaca artikel yang membahas tipe senjata PUBG yang sudah kami buat di tautan ini.

Sementara itu, pendekatan berbeda dilakukan Epic Games pada Fortnite karena mereka tidak akan membuat para pemain terlalu banyak mikir dalam memilih senjata ketika main game ini. Di sisi senjata, Fortnite mengandalkan unsur kelangkaan yang ditentukan oleh warna, seperti abu-abu untuk yang paling biasa, lalu hijau, biru, ungu, hingga jingga untuk menunjukkan itu adalah senjata paling kuat dan langka.

Untuk mendapatkan senjata langka, di Fortnite kita cukup mencari peti yang keliatan bersinar. Peti-peti itu posisinya tidak diacak. Jadi bagi kamu yang sudah hafal letak peti-peti tersebut, kesempatan untuk menang menjadi lebih besar.

Bandingkan dengan PUBG Mobile, di mana kita harus bertaruh nyawa dulu untuk memburu supply yang dijatuhkan dari pesawat di tempat yang tidak ditentukan. Untuk item perlindungan, PUBG juga lebih realistis karena menggunakan helm dan baju anti peluru.

Hal ini tidak ditawarkan oleh Fortnite. Sebagai gantinya, Epic Games meminta para pemain untuk mengumpulkan perbekalan seperti kayu dan batu yang didapat dari menebang pohon atau menghancurkan bangunan untuk dibuat menjadi benteng atau jebakan.

Walau terkesan tak praktis, tapi ini yang membuat Fortnite dianggap menarik dan menantang. Terakhit, di Fortnite kita tidak akan menemukan tambahan fitur berupa kendaraan seperti mobil atau motor yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling map secara lebih cepat atau ketika buru-buru menyelamatkan diri saat terperangkap dalam zona kematian.

Grafis

Dari sisi ini, perbedaan PUBG Mobile dan Fortnite juga sangat terlihat. Di mana PUBG Mobile mengandalkan unsur realistis yang selama ini diandalkan. Sedangkan Fortnite menawarkan tampilan yang lebih komikal, berwarna, menyenangkan.

Unsur realistis ini yang sering menjebak para pemain karena kita bisa bersembunyi di berbagai tempat tanpa harus dengan mudah ditemukan, contohnya di rumput atau pepohonan. Walau begitu, banyak yang beranggapan unsur realistis ini pula yang membuat tampilan PUBG agak berantakan.

Sementara hal berbeda diberikan Fortnite karena di game ini kita akan lebih mudah menemukan posisi musuh karena unsur komikalnya yang sangat kuat. Walau begitu, hal ini yang kadang membuat permainan menjadi kurang menantang.

Sementara PUBG Mobile, di balik berantakan dan realistisnya grafis di sana ternyata berhasil membuat atmosfer permainan menjadi lebih menegangkan untuk dijalani.

Maps

Perbedaan mencolok lainnya antara PUBG Mobile dan Fortnite terlihat dari sisi maps atau peta. Salah satu yang paling mencolok adalah ukuran map di PUBG lebih besar dari yang dimiliki Fortnite.

Karena maps yang luas, membuat kita harus pintar-pintar menentukan tempat mendarat dan waktu bertahan di satu tempat ketika mengumpulkan senjata. Karena kita butuh waktu lebih banyak untuk mencapai tempat lain yang letaknya cukup jauh.

Sering kita menemukan pemain yang mati akibat terperangkap di zona kematian dan tidak bisa keluar tepat waktu akibat jarak yang jauh. Tantangan lain didapat karena terkadang kita sering menemukan musuh yang sulit terdeteksi ketika sedang berusaha mencapai tempat lain.

Sementara Fortnite menawarkan maps yang lebih kecil. Efek yang paling terasa adalah kita akan menjadi lebih udah bertemu musuh dan permainan terasa lebih intens karena pertemuan antar pemain yang cukup sering ini.

PUBG juga menawarkan fitur lebih baik karena mereka memiliki dua buah maps, yaitu Erangel yang karakteristiknya dipenuhi rerumputan, hutan, serta bangunan yang membuat kita lebih mudah dalam bersembunyi.

Maps kedua adalah Miramar yang karakteristiknya berupa padang pasir yang membuat posisi kita lebih rentan untuk ditemukan oleh pemain lain. Jadi, kita harus benar-benar melakukan perhitungan matang sebelum berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Aksesbilitas

Unsur aksesibilitas juga akan menjadi salah satu penentu persaingan kedua game ini. Di mana PUBG Mobile sekarang sudah tersedia di Google Play Store secara gratis. Untuk pilihan item berbayar, lebih difokuskan pada pakaian karakter pemain yang tidak mempengaruhi kemampuan karakter.

Sementara Fortnite Android, dari informasi yang ada hanya bisa didapatkan dengan mengunduh langsung dari situs Epic Games, namun kita tidak akan dipungut biaya apapun. Sementara di iOS, Fortnite sudah tersedia di Apple Store sehingga lebih mudah didownload.

Dari segi perangkat, PUBG Mobile dianggap lebih ramah user karena bisa dipakai di banyak smartphone Android, bahkan untuk yang punya spesifikasi rendah sekalipun meski grafis yang ditawarkan juga rendah.

Sedangkan Fortnite Mobile cenderung hanya bisa dipakai oleh hp yang punya spesifikasi tinggi. Bagi kamu yang ingin memainkan game ini, berikut adalah daftar perangkat yang bisa memainkan game Fortnite Mobile. Kamu bisa baca di tautan ini.

Kesimpulan

Baik PUBG Mobile dan Fortnite Mobile menawarkan unsur permainan yang berbeda. PUBG Mobile lebih cocok untuk kamu yang menyukai game dengan unsur realitas yang tinggi dengan konflik yang tidak terlalu intens tapi unsur menegangkan yang dimilikinya sangat terasa.

Sementara Fortnite lebih ccok bagi kamu yang menyukai game dengan konflik antar pemain yang lebih intens, tidak terlalu banyak mikir, lebih cepat, dan tentunya punya tampilan yang enak dipandang mata.

Jadi, mana yang kamu pilih?

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.