Diperbaharui pada Selasa, 7 Agustus 2018 | 15:22

Honor 10 vs ASUS Zenfone 5Z, Harga dan Spek Beda Tipis

Belum lama ini Honor membawa Honor 10 untuk pengguna di Indonesia dengan harga Rp6.999.000. Jika Anda menganggap terlalu mahal, mungkin bisa mencari beberapa alternatif lain, salah satunya bisa melirik ASUS Zenfone 5Z. Meski Zenfone 5Z belum resmi rilis di Indonesia, namun secara spesifikasi tidak kalah  apalagi harganya sedikit lebih murah dari Honor 10.

Honor sendiri merupakan sub-brand dari Huawei yang telah berjalan selama tiga tahun. Dan di Indonesia belum banyak hp Honor yang dibawa, selain Honor 9 Lite, Honor 7A, Honor 7X, dan terakhir Honor 10.

Sedangkan ASUS memang belum memasarkan Zenfone 5Z ke Indonesia, padahal hp ini sudah diperkenalkan pada peluncura Zenfone 5 dan Zenfone Live L1. Meski demikian, hp ini cukup menarik perhatian konsumen di Indonesia karena spesifikasi dan harga yang ditawarkan cukup menarik.

Untuk itu, kami akan mencoba sedikit membandingkan spesifikasi Honor 10 dan ASUS Zenfone 5Z. Karena secara harga dan spesifikasi keduanya tidak berbeda terlalu jauh. Berikut ulasannya :

Layar

layar zenfone 5z

Dari segi layar keduanya sudah mengusung desain yang kekinian, yaitu memiliki notch atau poni. Bedanya notch di Honor 10 lebih kecil dibanding ASUS Zenfone 5Z, namun kami tidak bisa memastikan berapa perbedaan ukurannya.

Yang pasti Honor 10 menggunakan layar berukuran 5.84 inch dengan rasio screen-to-body mencapai 79.9%. Layar ini memiliki resolusi FUllHD+ 1080 x 2280 pixel, aspek rasio 19:9 dan kedalaman 432 ppi.

Sedangkan layar ASUS Zenfone 5Z lebih besar lagi, yaitu berukuran 6.2 inch yang mendominasi 90% dari tampak muka. Resolusi yang disematkan tidak jauh berbeda yaitu 1080 x 2246 pixel, aspek rasio 18.7:9 dengan kedalaman 402 ppi.

Kamera

kamera honor 10

Sektor fotografi bisa menjadi pertarungan yang sengit diantara Honor 10 vs ASUS Zenfone 5Z, karena keduanya sudah memasang kamera yang mumpuni dengan teknologi AI (Artificial Intelligence). Sama-sama dibekali dual kamera belakang dan kamera depan tunggal.

Dual kamera Honor 10 memiliki konfigurasi resolusi 24MP + 16MP lengkap dengan teknologi AI 2.0. Honor mengklaim jika kamera ini dapat mengenali lebih dari 500 skenario dalam 22 kategori secara real-time. Kamera ini dapat mengenali garis bentuk berbagai objek sekitar, seperti langit, tanaman, orang atau bahkan air terjun, serta mengidentifikasi lokasi mereka secara instan.

Untuk kamera depannya berkapasitas resolusi 24MP yang juga di dukung teknologi AI. Fitur ini juga mendukung pengenalan wajah (face recognition) 3D, yang mampu mengoptimalkan detail wajah dan mendeteksi lebih dari seratus titik wajah untuk akurasi piksel.

Oiya satu teknologi yang juga penting di kamera Honor 10 adalah Automatic Image Stabilization (AIS) yang meminimalisir keburaman pada saat foto maupun video dibidik atau direkam dengan keadaan ponsel yang tergoncang

Sementara ASUS Zenfone 5 juga tak kalah menawan. Meski memiliki resolusi sensor yang lebih kecil dari Honor 10, yaitu 12MP + 8MP, namun secara umum memiliki kualitas yang baik. beberapa fitur yang juga penting pada kamera seperti 4-axis OIS (untuk kestabilan saat memotret) dan PDAF.

Kamera di hp ini juga menghadirkan teknologi AI yang akan meningkatkan kualitas fotografi menjadi lebih baik lagi. Teknologi AI yang ada di Zenfone 5Z seperti Photo Learning dan Real Time Beautification.

Fitur yang pertama, AI Photo Learning, akan mempelajari karakteristik dan keunikan hasil fotografi yang di buat, untuk kemudian menyesuaikan tone warna foto sesuai dengan karakteristik pengguna ke depannya. Sementara Real Time Beautification mampu secara pintar membawa keunikan wajah Anda, seperti misal warna kulit dan sebagainya.

Untuk kemudian melakukan enhancement pada foto selfie yang diproduksi menjadi lebih baik lagi dengan meningkatkan tone warna kulit menjadi lebih bersih dan menarik. Sedangkan untuk kamera depannya masih sebatas 8 MP dengan aperture f/2.0.

Performa

prosesor zenfone 5z

Bicara ke bagian performa, keduanya juga ditenagai prosesor bertenaga yang ada saat ini. Dimana Honor 10 menanam Hisilicon Kirin 970, sebuah prosesor Octa-core dengan kecepatan maksimum 2.4GHz (4 core) dan 1.8 GHz (4 core) yang dipadankan dengan grafis Mali-G72 MP12. Honor mengklaim ini merupakan prosesor NPU yang dibuat secara independen dan dipadukan dengan RAM 4GB dengan ROM 128GB. 

Sedangkan ASUS Zenfone 5Z juga ditenagai prosesor tangguh dari Snapdragon 845 terbaru dengan AIE, yang menampilkan platform AI Generasi ke-3 yang mencakup Hexagon 685 Vector DSP, Adreno 630 Graphics, dan CPU Kryo 385. Prosesor ini akan disokong memori RAM 4GB atau 6GB. Namun untuk ROM 128GB (sama dengan Honor 10), Zenfone 5Z menggunakan RAM 6GB yang siap memanjakan pengguna.

Teknologi Boost

Performa Honor 10 makin bertenaga berkat keberadaan teknologi GPU Turbo, yaitu teknologi akselerasi pemrosesan grafis dengan perangkat keras dan lunak yang terintegrasi. Teknologi ini dapat meningkatkan meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis sebesar 60%, dan pada saat yang bersamaan mengurangi pemakaian energi sistem dalam chip (System on Chip/SoC) sebesar 30%.

Sebagai tambahan, dengan kemampuan rendering yang lebih besar, perangkat Honor dapat mencapai kualitas grafis yang luar biasa dengan GPU Turbo, bahkan ketika aplikasi mobile game tidak didukung oleh pencitraan HDR (High Dynamic Range).

Tak mau kalah, ASUS Zenfone 5Z juga memiliki teknologi yang berbeda melalui AI Boost. Fitur tersebut berfungsi untuk mengoptimasi performa CPU menjadi lebih baik. Melalui sebuah test  yang dilakukan secara internal, score benchmark Antutu 5 pada ZenFone 5Z mencapai 267.587 dalam kondisi standar dan mencapai 271.360 saat menggunakan AI Boost.

Baterai

Untuk sumber dayanya, Honor 10 menggunakan baterai berkapasitas 3.400mAh yang siap menemani aktivitas penggunanya. Baterai ini juga dilengkapi dengan Honor Super Charge 5V/4.5A yang dapat terisi sebanyak 50% dalam waktu 25 menit saja.

Sementara ASUS Zenfone 5Z  memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil yaitu 3.300mAh. Meski demikian, baterainya juga dibekali teknologi pengisian ulang cepat dengan mengombinasikan teknologi quick charge dan AI Charging untuk membuat masa pakai baterainya (lifespan) bertahan lebih panjang.

Harga

Honor 10 sendiri sudah rilis resmi di Indonesia melalui sistem pre order di Lazada dengan harga Rp6.999.000. Sementara ASUS Zenfone 5Z sampai saat ini belum masuk pasar Indonesia, namun –pada saat peluncuran Zenfone 5, ASUS membanderol Zenfone 5Z dengan harga Rp6.499.000 untuk versi RAM 6GB dan ROM 128GB.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Honor 10 RAM 4GB ROM 128GB Rp 5.300.000 5.84 inch Kirin 970 8.1 4 GB 128 GB Mali-G72 MP12 16 MP 3400 mAh
ASUS Zenfone 5z ZS620KL 64GB belum ada harga 6.2 inch Snapdragon 845 8 4 GB 64 GB Adreno 630 12 MP 3300 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Secara spesifikasi, baik Honor 10 maupun ASUS Zenfone 5Z memang memiliki kemampuan yang sangat memukau. Keduanya memiliki rangkaian komponen mumpuni yang akan memberikan kenyamanan saat digunakan.

Meski demikian, tentunya ada beberapa perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Bagi yang memilih Honor 10 sudah bisa memesan perangkatnya dengan cara pre order, sedangkan yang kepincut Zenfone 5Z mungkin harus menunggu sampai ASUS menghadirkannya resmi ke Indonesia.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2443 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.