Xiaomi Mi A2 Pakai Android One, Ini Keunggulannya Dibandingkan MIUI?

Oleh Rizki Abadi updated Sabtu, 4 Agu 2018 | 18:12

Xiaomi baru-baru ini meluncurkan Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite. Keistimewaan dari kedua hp tidak hanya dilihat dari urusan hardware-nya saja, tapi kedua hp ini menawarkan stock Android murni atau Android One sebagai sistem operasinya.

Selama ini, Xiaomi sendiri sangat identik dengan kustomisasi OS melalui MIUI buatan sendiri. Tapi banyak yang beranggapan justru MIUI membuat performa smartphone Xiaomi menjadi tidak maksimal, padahal sudah mengusung spesifikasi yang bagus.

Android One juga dikenal sebagai salah satu proyek yang dibuat oleh sang penciptanya yaitu Google. Awalnya tujuan dari pembuatannya adalah untuk membantu menyediakan smartphone Android murah. Tapi semakin kemari, Android One juga ikut dipakai oleh beberapa brand besar dan dipakai untuk smartphone kelas menengah, bahkan flagship.

Karena dari awal kita sudah membahas Xiaomi, cukup menarik untuk membahas perbandingan dari Android One dan MIUI. Bagaimana perbandingan Android One dan MIUI? Berikut kami berikan perbandingannya dari sudut pandang konsumen dan produsen.

Perbandingan Android One dan MIUI Bagi Konsumen

1. Performa Lebih Enteng

MIUI sebenarnya dirancang untuk membantu meningkatkan performa dari smartphone buatan Xiaomi. Namun, pembuatan MIUI juga menimbulkan efek negatif yaitu memakan cukup banyak memori. Hal ini tidak terjadi jika smartphone menggunakan Android One karena hp akan mendapat sedikit perbaikan performa pada saat pemrosesan.

Mengingat dia tidak memakan banyak memori, Android One menjadi OS yang ringan, simpel dan efektif. Tidak ada aplikasi bawaan yang terkadang mengganggu atau tidak berguna. Sehingga membuat memori menjadi lebih luas dan tentunya membuat performa smartphone menjadi lebih ringan.

2. Tampilan Simpel

Sebenarnya di satu sini ini bisa menjadi kelebihan dan di satu sisi ini menjadi kekurangan dari Android One. Di mana dengan menggunakan Android One, tampilan user interface atau UI dari smartphone akan menjadi sangat simpel.

Sayangnya, tampilan yang simpel ini bisa menjadi kekurangan karena membuat tampilan smartphone menjadi tidak menarik, dan ini menjadi titik keunggulan dari MIUI. Namun, lag-lagi, dengan tampilan yang sederhana ini justru akan membuat smartphone bisa melakukan pemrosesan secara lebih lancar dan smooth.

3. Tidak Ada Aplikasi Tidak Berguna

Bila kamu menggunakan smartphone Xiaomi yang memakai MIUI, kamu pasti akan mendapatkan banyak aplikasi bawaan pabrik di dalamnya. Sayangnya, berhubung setiap orang punya aktivitas yang berbeda, tidak semua dari aplikasi tersebut berguna dan bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga ujung-ujungnya hanya memakan memori saja.

Sementara bila smartphone kamu memakai Android One, yang ada di dalamnya hanya aplikasi bawaan dari Google saja. Kalaupun ada aplikasi bawaan pabrik, tidak akan banyak. Hasilnya, memori internal tidak akan termakan banyak akibat harus menampung aplikasi yang tidak berguna.

4. Kinerja Smartphone Menjadi Lebih Terasa

Sebagai pengguna Xiaomi yang smartphone-nya terkenal murah dan punya spesifikasi bagus, terkadang diantara kita sering ada yang terganggu dengan sejumlah masalah yang ada di MIUI. Efeknya, kita tidak bisa merasakan spesifikasi bagus yang diusung smartphone Xiaomi secara maksimal.

Bandingkan dengan smartphone yang menggunakan Android One, karena pada dasarnya sudah enteng. Tentu akan membuat smartphone menjadi lebih lancar dan kita bisa merasakan kemampuan hp secara lebih maksimal.

5. Update OS Akan Berjalan Lebih Cepat

Mari kita ingat kembali ke era Xiaomi meluncurkan Mi A1. Karena menggunakan Android murni, update di hp ini bisa berjalan lebih cepat karena pihak Xiaomi tidak harus melakukan penyesuaian lebih dulu dengan MIUI seperti yang dilakukan mereka pada smartphone lain.

Hal yang sama juga terjadi di Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite karena smartphone ini nantinya bisa langsung mendapat update Android P karena OS yang dibawanya murni tidak ada perubahan dari pabrik. Selain itu, update OS bisa didapat paling tidak hingga 2 tahun ke depan. Menarik bukan?

Perbandingan Android One dan MIUI Bagi Produsen

Bagi produsen, keuntungan yang bisa didapat oleh mereka bila menggunakan OS Android One adalah biaya pengembangan dan penelitian menjadi lebih murah. Karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan penelitian optimisasi software dibandingkan bila menggunakan kustomisasi tampilan. Tidak hanya dari segi biaya, proses pembuatan smartphone juga bisa lebih cepat.

Android One Tetap Punya Kekurangan

Di balik semua keunggulan tersebut, Android One tetap memiliki sejumlah kekurangan dibandingkan MIUI. Pertama adalah kita tidak bisa melakukan perubahan tema. Google juga tidak memberikan kita kebebasan untuk memilih jenis ikon atau ukurannya, ataupun opsi untuk menampilkan jumlah aplikasi per baris atau kolom seperti yang bisa dilakukan jika smartphone Xiaomi kamu memakai MIUI.

Kedua, Android One tidak menyediakan fitur untuk melihat persentase baterai hp dengan mudah. Terakhir adalah kita tidak bisa mendapat sejumlah fitur yang disediakan MIUI yang kadang bisa sangat berguna.

Alasan lainnya, Xiaomi terus memperbaik kinerja dari MIUI. Bahkan, di MIUI 10 yang akan segera diberikan pada banyak smartphone-nya, Xiaomi sudah melakukan cukup banyak perbaikan agar performa smartphone-nya menjadi lebih baik.

Semua Kembali Kepada Kebutuhan Kita

Apa yang kami sampaikan di atas hanya perbandingan di atas kertas saja, selebihnya tentu kembali ke selera dan kebutuhan masing-masing pengguna. Jika kamu merasa tidak memerlukan fitur yang ada di MIUI, maka smartphone dengan Android One bisa menjadi pilihan. Namun, jika kamu ingin smartphone Xiaomi dengan fitur yang lebih lengkap, tentu hp Xiaomi dengan MIUI yang harus dipilih. Ingat, setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pertimbangkan baik-baik sebelum memilih.

Artikel Lainnya

Komentar